HUBUNGAN ANTARA LOKASI, PROMOSI DAN FAMILIERITAS KONSUMEN JASA DAN PARIWISATA (STUDI KASUS PADA TRMS SELOMANIK BANJARNEGARA)

  • Ahmad Guspul Program Studi Manajemen Universitas Sains Al Qur’an (UNSIQ) Wonosobo
Keywords: lokasi, promosi, familieritas, pariwisata

Abstract

Perkembangan dunia pariwisata tidak terlepas dari bagaimana cara pengelolaan di dalam menentukan lokasi dan menetapkan promosinya, itu artinya bahwa penentuan lokasi dan penetapan promosi mempunyai suatu keterkaitan dengan perkembangan obyek wisata yang ditunjukan dengan familieritasnya seseorang dalam mengunjungi obyek wisata. Dalam penlitian ini akan dikaji seberapa besar hubungan atau korelasi antara lokasi, promosi dan familieritas seseorang terhadap obyek wisata. Untuk hubungan antara lokasi dan familieritas obyek wisata diperoleh hasil perhitungan Che-Square sebesar 37,26 yang artinya Che-Square hitung lebih besar dari Che-Square table, itu berarti ada hubungan antara lokasi dan familieritas obyek wisata. Sedangkan hasil uji koefisien kontingensi (C) sebesar 0,520 dan koefisien kontingensi maksimum (Cmax) sebesar 0,816, yang artinya hubungan antara lokasi dan familieritas obyek wisata mempunyai hubungan cukup kuat karena selisih C dengan Cmax sebesar 0,296. Untuk hubungan antara promosi dan familieritas obyek wisata diperoleh hasil perhitungan Che-Square sebesar 14,86 yang artinya Che-Square hitung lebih besar Che-Square table,itu berarti ada ubungan antara promosi dan familieritas obyek wisata. Sedangkan hasil uji koefisien kontingensi (C) sebesar 0,359 dan koefisien kontingensi maksimum (Cmax) sebesar 0,816 yang artinya hubungan antara promosi dan familieritas obyek wisata mempunyai hubungan cukup kuat karena selisih C dengan Cmax sebesar 0,457

References

Anton Dajan, 1986, Pengantar Metode Statistik, LP3ES, Jakarta.
Basu Swsta, DH, IRAWAN, 1986, Azaz-azaz Marketing, Liberty, Yogyakarta.
Basu Swasta DH, T. Hani Handoko, 1987. Manajemen Pemasaran Analisa Perilaku Konsumen, Liberty, Yogyakarta.
Bimo Walgito, 1986, Pengantar Psikologi Umum, Yasbitpsi, UGM Yogyakarta.
Freddy Rangkutin, 1999, Riset Pemasaran, Gramedia utama, Jakarta.
Oka, A Yoety, 1999, Pemasaran Pariwisata, Angkasa, Bandung.
Radio Sunu, 1997, Manajemen Pemasaran Suatu Pendekatan Analisis, BPDE, Yogyakarta.
Salah Wahab, 1998, Manajemen Kepariwisataan, Paradyan Pramita, Jakarta.
Published
2014-05-01
How to Cite
Guspul, A. (2014) “HUBUNGAN ANTARA LOKASI, PROMOSI DAN FAMILIERITAS KONSUMEN JASA DAN PARIWISATA (STUDI KASUS PADA TRMS SELOMANIK BANJARNEGARA)”, Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 1(2), pp. 61-68. doi: https://doi.org/10.32699/ppkm.v1i2.234.
Section
Articles