PENGARUH SETTING PROPERTY RUANG PUBLIK KOTA TERHADAP KENYAMANAN FISIOLOGIS PENGGUNA STUDI KASUS : ALUN-ALUN KABUPATEN WONOSOBO
Alun-alun kota, Pejalan kaki, ruang publik, kenyamanan Fisiologis
Abstract
Alun-alun telah dimaksimalkan sebagai ruang publik di wilayah Wonosobo, dewasa ini telah berkembang menjadi pusat-pusat masyarakat dan kegiatan rekreasi keluarga juga sebagai daerah perdagangan khusus pada hari Minggu dan libur nasional, dengan sarana dan prasarana yang akan dibuat dan kebijakan utama oleh pemerintah daerah . Efek pertumbuhan adalah peningkatan pengunjung yang terkait pula dengan penyediaan sarana dan prasarana bagi pejalan kaki dan kebutuhan rekreasi. Hal-hal yang berkaitan dengan pejalan kaki di Kabupaten Wonosobo adalah fenomena menarik untuk dikaji karena ruang publik di sini berbeda dengan alun-alun kota atau kabupaten lainnya.Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan hubungan antara pengaturan properti ruang publik perkotaan untuk kenyamanan melalui tingkat pengukuran persepsi fisiologis. Hasil penelitian terakhir akan ditafsirkan dan dimanfaatkan hasilnya pada grandconcept / grandtheory yang menekankan pada pejalan kaki elemen pendukung khusus untuk ruang publik perkotaan sebagai pengaturan properti berdasarkan pendekatan rasionalistik pasca positivistik. Adapun tujuan, sehingga penelitian ini diterapkan penelitian yang bertujuan untuk masalah menjawab masyarakat telah dihadapi dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga hasilnya mudah-mudahan segera dapat digunakan untuk memecahkan masalah praktis di lapangan atau desain arsitektur dan desain perkotaan.Data dalam hasil ini dikumpulkan dengan menggunakan metode kuesioner, dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada responden, maka jawaban itu yang menggunakan skala sikap pengukuran diolah dan menghasilkan menggunakan statistik dan hasil terakhir untuk ditafsirkan.
Downloads
References
Carr, Stephen, 1992, Public Space, Cabridge Univercity Press, New York.
Darmawan, Edy, 2005, Analisa Ruang Publik Arsitektur Kota, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.
Feldt, Allan G, 1992, Perencanaan Kota (terjemahan), Editor Anthony J. Catanese dan James C Snyder, Erlangga, Jakarta.
Fruin John J, 2003, Planning and Design for Pedestrians (Time-Saver Standards for Urban Design), Editor Donald Watson and Friends, Mc Graw-Hill, New York.
Grigg, Neil S, 1988, Infrastructure Engineering and Management, John Wiley & Sons Inc., New York.
Haryadi, B. Setiawan, 1995, Pesikologi Lingkungan dan Perilaku, Dirjen Dikti Depdikbud, Jakarta.
Hermawan, 2007, Pengaruh Tata Ruang terhadap Motivasi Bekerja, LP3M UNSIQ Jawa Tengah di Wonosobo, Wonosobo.
Jacobs, Allan B, 2003, Making Greet Streets (Time-Saver Standards for Urban Design), Editor Donald Watson and Friends, Mc Graw-Hill, New York.
Macdonald, Elizabeth, 2003, The Multiway Boulevard (Time-Saver Standards for Urban Design), Editor Donald Watson and Friends, Mc Graw-Hill, New York.
Muhadjir, Noeng, 2000, Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi VI, Rake Sarasin, Yogyakarta.
Prasetyo, Bambang, 2005, Metode Penelitian Kuantitatif, Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Rapoport, Amos, 1977, Human Aspects of Urban Form, Pergamon Press, New York.
Rapoport, Amos, 1990, History and Precedent in Environmental Design, Plenum Press, New York.
Rubenstein, Harvey M, 1992, Pedestrian Malls, Streetscapes, and Urban Space, John Wiley & Sons, Inc, New York.
Shirvani, Hamid, 1985, The Urban Design Process, Van Nostrand Reinhold Company, New York.
Spreiregen, Paul. D, 1965, Urban Design : The Architecture of Town and Cities, Mc Graw Hill Book Company, New York.
Untermann, Richard K, 1984 , Accommodating the Pedestrian, Adapting Towns and Neighborhoods for Walking and Bicycling, Van Nostrand Reinhold Company Inc., New York.