KARAKTERISTIK RUMAH TINGGAL TRADISIONAL DI DAERAH PEGUNUNGAN JAWA TENGAH

  • Hermawan Hermawan Dosen Arsitektur UNSIQ Wonosobo dan Mahasiswa Program Doktor Arsitektur UNDIP Semarang
Keywords: Residential, Traditional, Mountains

Abstract

Pegunungan merupakan daerah yang mempunyai perbedaan ketinggian sehingga kondisi termal di daerah pegunungan lebih dingin dibanding dengan daerah rendah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang melihat bagaimana kondisi termal rumah tinggal tradisional di beberapa daerah pegunungan di Jawa Tengah yaitu Gunung Lawu, Gunung Andong, Gunung Menoreh, Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo, Pegunungan Tidar. Pengukuran dilakukan pada variabel suhu udara. Hasil pengukuran diulas sesuai dengan kondisi rumah tinggal tradisional yang ada. Hasil yang didapat adalah karakteristik untuk rumah tinggal tradisional daerah pegunungan yaitu berdinding batu kali dan berdinding kayu.

References

Lakitan, B. 1994. Dasar-dasar Klimatologi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Samodra, FX T.B. dan Santosa, M. 2006. Pola Penghunian dalam Transformasi Altitude dan Kontribusinya dalam Sistem Ventilasi Rumah Tinggal Pedesaan, Seminar Nasional: Transformasi Teknologi untuk Peningkatan Kualitas Hidup Manusia- Universitas Teknologi Yogyakarta.
Sudarwanto & Murtomo. 2013. Studi Struktur dan Konstruksi Bangunan Tradisional Rumah ‘Pencu’ di Kudus. Jurnal Lingkungan Binaan Indonesia Vol.2 No.1 Januari 2013.
Published
2014-09-01
How to Cite
Hermawan, H. (2014) “KARAKTERISTIK RUMAH TINGGAL TRADISIONAL DI DAERAH PEGUNUNGAN JAWA TENGAH”, Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 1(3), pp. 212-219. doi: https://doi.org/10.32699/ppkm.v1i3.267.
Section
Articles