PENINGKATAN KOMPETENSI GURU-GURU SMK BIDANG SAINS MELALUI PELATIHAN SOFWARE ENGINEERING DI KABUPATEN WONOSOBO

  • Hermawan Hermawan Program Studi Arsitektur
  • Sunaryo Suanryo Program Studi Mesin Produksi
Keywords:
Pelatihan, Kompetensi Guru, Sketchup, ArchiCAD, Solidworks

Abstract

Tujuan program pengabdian masyarakat ini untuk memberikan wawasan pengetahuan dan ketrampilan tentang perkembangan teknologi dalam desain software engineering dalam bidang desain gambar teknik. Melalui kegiatan ini diharapkan guru-guru SMK bidang teknik dapat meningkatkan kompetensi, memahami perkembangan teknologi dan dapat mengaplikasikannya dalam pembelajaran di SMK.
Sasaran pengabdian adalah guru-guru produktif SMK Program Keahlian Teknik Mesin dan Teknik Bangunan se-Kabupaten Wonosobo. Permasalahan yang terjadi diselesaikan dalam empat tahapan kegiatan yaitu sosialisasi program, pelaksanaan pelatihan dan evaluasi, serta proses pedampingan. Sosialisasi dilakukan dengan melakukan survey pendahuluan untuk melihat kondisi di lapangan mengenai kurikulum dan kompetensi guru SMK. Pelaksanaan dilakukan dengan pelatihan, menggunakan metode ceramah yaitu dengan teknik presentasi, dilanjutkan dengan demontrasi dan praktek langsung di komputer dan pada akhir pelatihan dilakukan evaluasi untuk mengetahui tingkat penyerapan materi. Untuk menjaga kesinambungan kegiatan dilakukan pedampingan secara berkelanjutan denagn penambangan materi pelatihan.
Hasil kegiatan pelatihan menunjukkan tingkat keberhasilan dengan indikasi adanya peningkatan kompetensi guru-guru SMK dalam penggunaan software engineering, yaitu softwar solidworks untuk guru teknik mesin dan softwar sketcup dan archicad untuk guru teknik bangunan. Adanya respon yang positif dari peserta, dan sebagian besar telah mampu menggunakan software tersebut dalam pembelajaran di SMK. Dalam kegiatan pelatihan software engineering ini diikuti oleh 2 SMK Negeri dan 8 SMK Swasta se-Kabupaten Wonosobo.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anonim, (2001). Solidwork 2001 Getting Started, Concord Massachusetts (USA). Robbi Arsada, (2012). Solidwork Profesional, Bandung: Informatika. Rossi Pasarella, dkk (2010), Pelatihan Pembuatan Jaringan Komputer Lokal Sebagai Media Sharing File Bagi Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (Smkn) Di Kabupaten Musi Banyuasin, Jurnal Pengabdian Sriwijaya, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Sriwijaya.

Sunaryo, (2015) Diktat Pengenalan Solidwork, Wonosobo: LP3M-PB UNSIQ
Published
2016-01-30
How to Cite
HermawanH. and SuanryoS. (2016) “PENINGKATAN KOMPETENSI GURU-GURU SMK BIDANG SAINS MELALUI PELATIHAN SOFWARE ENGINEERING DI KABUPATEN WONOSOBO”, Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 3(1), pp. 63-68. doi: https://doi.org/10.32699/ppkm.v3i1.338.
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 5 times
PDF downloaded = 3 times