PERBANDINGAN RUMAH TINGGAL SETEMPAT DI GUNUNG SLAMET DAN PANTAI GLAGAH

  • Hermawan Hermawan Program Studi Arsitektur Universitas Sains Al Qur’an (UNSIQ) Wonosobo
  • Welly Sanjaya Program Studi Arsitektur Universitas Sains Al Qur’an (UNSIQ) Wonosobo
Keywords: Rumah Tinggal, Tradisional, Pegunungan dan Rumah Tinggal Pantai

Abstract

Gunung Slamet terletak disekitar perbatasan antara Kabupaten Pemalang, Brebes, banyumas, Purbalingga dan Tegal Jawa Tengah, Posisi geografi Gunung Slamet terletak antara 7° 14' 30" Lintang Selatan dan 109° 12' 30"bujur timur. Pantai yang terdekat dengan Gunung Slamet adalah Pantai Glagah yg terletak di Kabupaten Kulon Progo Jogjakarta. Perbedaan ketinggian antara daerah gunung dan pantai menyebabkan kondisi termal di daerah gunung lebih dingin dibanding dengan daerah pantai. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang melihat bagaimana karakteristik rumah tinggal setempat di lereng gunung Slamet dan pantai terdekat dengan Gunung Slamet yaitu Pantai Glagah. Hasil yang didapat adalah karakteristik untuk rumah tinggal setempat daerah Gunung Slamet yaitu sebagian besar berdinding batu kali dan berdinding kayu sedangkan pada daerah pantai sebagian besar berdinding batu bata tanpa plester dan berdinding kayu.

References

Hermawan, 2014, Karakteristik Rumah Tinggal Tradisional di Daerah Pegunungan, Jurnal PPKM.
Samodra, FX T.B. dan Santosa, M. 2006. Pola Penghunian dalam Transformasi Altitude dan Kontribusinya dalam Sistem Ventilasi Rumah Tinggal Pedesaan, Seminar Nasional: Transformasi Teknologi untuk Peningkatan Kualitas Hidup Manusia- Universitas Teknologi Yogyakarta.
www.lensaindonesia.com
www.harianjogja.com
Published
2015-01-02
How to Cite
Hermawan, H. and Sanjaya, W. (2015) “PERBANDINGAN RUMAH TINGGAL SETEMPAT DI GUNUNG SLAMET DAN PANTAI GLAGAH”, Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 2(1), pp. 34-46. doi: https://doi.org/10.32699/ppkm.v2i1.315.
Section
Articles