ANALISIS PENGARUH PUTARAN MESIN PADA EFISIENSI BAHAN BAKAR MESIN DIESEL 2DG-FTV

  • Eko Julianto Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik,Universitas Muhammadiyah Pontianak
  • Sunaryo Sunaryo Program Studi Teknik Mesin, Universitas Sains Al-Qur'an
Keywords:
Temperatur akhir (Tc), Efisiensi Thermal, RPM, Bahan bakar spesifik (SFC), Konsumsi bahan bakar (MF)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsumsi bahan bakar dengan variasi putaran yang berbeda-beda. Pengujian dilakukan pada unit mobil Toyota Innova Diesel tahun 2016 dengan tipe engine 2DG-FTV. Penelitian ini menggunakan metode variasi putaran pada mesin dengan putaran 750 rpm, 1200 rpm, 1600 rpm, 2000 rpm, 2400 rpm, 2800 rpm, 3400 rpm, 4000 rpm dalam kondisi diam. Tekanan akhir kompresi adalah tekanan campuran udara-bahan bakar pada akhir langkah kompresi dan n1 adalah eksponen polytropik yaitu eksponen yang menunjukan sifat dan bentuk dari proses adiabatic. Temperatur Akhir Kompresi (Tc) adalah temperatur campuran bahan bakar sebelum pembakaran (pada akhir langkah kompresi), Efisiensi thermal adalah perbandingan antara energi yang berguna dengan energi yang masuk. Nilai H, C dan O dinyatakan dalam persentasi berat dalam setiap unsur yang terkandung dalam satu kilogram bahan bakar. Hasil pengujian didapat bahwa putaran 4000 rpm dihasilkan Vf 0,692 ml/menit, mf dihasilkan 0,0338 kg/jam, Sfc dihasilkan 0,0000381 kg/hp.h, Ne dihasilkan 889,132 Hp dan Torsi (T) dihasilkan 159,199 N.m. Waktu pengujian masing-masing variasi putaran 60 detik. Dari hasil percobaan laju konsumsi bahan bakar (mf) berbanding lurus dengan putaran mesin (rpm) dan konsumsi bahan bakar Spesifik (Sfc) berbanding terbalik dengan putaran mesin, maksudnya konsumsi bahan bakar semakin efisien pada saat putaran mesin semakin tinggi khususnya di rpm rendah dan sedang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bidarvatan, M. et al. (2014) ‘Cycle-to-cycle modeling and sliding mode control of blended-fuel HCCI engine’, Control Engineering Practice. Elsevier, 24(1), pp. 79–91. doi: 10.1016/j.conengprac.2013.11.008.
Dik, A. et al. (2017) ‘Conceptual Design of a 3-Shaft Turbofan Engine with Reduced Fuel Consumption for 2025’, Energy Procedia. Elsevier B.V., 142, pp. 1728–1735. doi: 10.1016/j.egypro.2017.12.556.
Dobre, A. (2019) ‘Theoretical Study Regarding the Fuel Consumption Performance for a Vehicle Equipped with a Mechanical Transmission’, Procedia Manufacturing. Elsevier B.V., 32, pp. 537–544. doi: 10.1016/j.promfg.2019.02.250.
Gunawan, F. E. et al. (2019) ‘A study of the sensitivity of the fuel consumption to driving strategy by micro simulation’, Procedia Computer Science. Elsevier B.V., 157, pp. 375–381. doi: 10.1016/j.procs.2019.08.228.
Harantová, V., Otáhalová, Z. and Kasanický, M. (2019) ‘Estimation of fuel consumption based on data from opening fuel injector valve’, Transportation Research Procedia. Elsevier B.V., 40, pp. 236–243. doi: 10.1016/j.trpro.2019.07.036.
Iida, N. et al. (1997) ‘Stability of autoignition and combustion in low-heat-rejection, ceramic methanol ATAC engine (Analysis of cyclic variation at high wall temperature and lean burn)’, Nippon Kikai Gakkai Ronbunshu, B Hen/Transactions of the Japan Society of Mechanical Engineers, Part B, 63(614). doi: 10.1299/kikaib.63.3469.
Karagöz, Y. et al. (2015) ‘Effect of hydrogen and oxygen addition as a mixture on emissions and performance characteristics of a gasoline engine’, International Journal of Hydrogen Energy, 40(28), pp. 8750–8760. doi: 10.1016/j.ijhydene.2015.05.039.
Krastev, V. K. et al. (2018) ‘Notes on the hybrid URANS/LES turbulence modeling for Internal Combustion Engines simulation’, Energy Procedia. Elsevier B.V., 148(Ati), pp. 1098–1104. doi: 10.1016/j.egypro.2018.08.047.
Kupper, F. et al. (2018) ‘Robust fuel consumption estimation for on-line optimization of diesel engines’, IFAC-PapersOnLine. Elsevier B.V., 51(31), pp. 233–239. doi: 10.1016/j.ifacol.2018.10.042.
Martins, F., Felgueiras, C. and Smitková, M. (2018) ‘Fossil fuel energy consumption in European countries’, Energy Procedia. Elsevier B.V., 153, pp. 107–111.doi: 10.1016/j.egypro.2018.10.050.
Shen, X., Zhang, Y. and Shen, T. (2018) ‘Lower Bound of Variance Minimization in Lean Combustion Control’, IFAC-PapersOnLine. Elsevier B.V., 51(31), pp. 303–307. doi: 10.1016/j.ifacol.2018.10.064.
Yu, H. et al. (2019) ‘Real-road NOx emission and fuel consumption characteristics of China Ⅳ public transit buses’, Energy Procedia, 158, pp. 4623–4628. doi: 10.1016/j.egypro.2019.01.871.
Zheng, F. et al. (2017) ‘Influence of driver characteristics on emissions and fuel consumption’, Transportation Research Procedia. Elsevier B.V., 27, pp. 624–631. doi: 10.1016/j.trpro.2017.12.142.
Published
2020-09-30
How to Cite
JuliantoE. and SunaryoS. (2020) “ANALISIS PENGARUH PUTARAN MESIN PADA EFISIENSI BAHAN BAKAR MESIN DIESEL 2DG-FTV”, Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 7(3), pp. 225-231. doi: https://doi.org/10.32699/ppkm.v7i3.1282.
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 1143 times
PDF downloaded = 1406 times