UJI EKSPERIMEN PEMURNIAN BIOGAS SEBAGAI PENGGANTI BAHAN BAKAR MOTOR BENSIN

  • Sunaryo Sunaryo Program Studi Teknik Manufaktur Universitas Sains Al-Quran (UNSIQ) Wonosobo
Keywords: Digester, Biogas, Purifikasi, Motor Bensin.

Abstract

Pembuatan biogas dari kotoran ternak dilakukan dengan metodologi fermentasi anaerob. Biogas sebagai salah satu energi yang terbarukan mempunyai beberapa manfaat, diantaranya untuk bahan bakar generator, penyedian energi alternatif untuk bahan bakar kompor rumah tangga. Biogas yang baru dihasilkan dari digester perlu dimurnikan karena masih mengandung Hidrogen Sulfida (H2S) yang bersifat korosif terhadap logam. Tujuan dari penelitian ini untuk merancang peralatan pemurni biogas dan uji ekperimen pada motor bensin.
Metode penelitian yang digunakan menggunakan pendekatan eksperimen, yaitu dengan perancangan alat purifikasi biogas dan modifikasi saluran pemasukan motor bensin. Biogas yang sudah melalui proses pemurnian kemudian dimasukan kedalam sistem bahan bakar motor bensin dan diuji kinerjanya.
Hasil penelitian menunjukan bahwa H2S akan bereaksi terhadap bilet baja (FeOH3) atau oksida besi Fe2O3. Kedua reaksi untuk menghilangkan H2S yang terkandung dalam biogas oleh proses desulfurisasi kering dengan persamaan 2Fe (OH) 3 + 3H2S  Fe2S3 + 6H2O,(2) Fe2O3 + 3H2S  Fe2S3 + 3H2O. Kualitas biogas dapat dilihat dari hasil nyala api yang dihasilkan dengan berwarna biru untuk yang melewati proses purifikasi sedangkan yang tanpa alat purifikasi berwarna merah kebiruan. Dari hasil pengujian motor bensin satu silinder dapat hidup dengan baik setelah menggunakan biogas yang sudah melalui proses purifikasi.

References

Arismunandar, Wiranto. (2002). Motor Bakar Torak. ITB Bandung.
Arends H. Berenschot. (1992). Motor Bensin. Erlangga Jakarta.
Agustian Novembri, (2011). Biogas sebagai alternatifenergi, www.irbmevembri.blogspot. com, diunduh jam 18:00 tanggal 2 oktober 2013.
Daryanto, (2003) Motor bakar untuk Mobil. Jakarta: Rineka cipta dan bina adiksa.
Daryanto, (2006).Teknik Merawat Automobil. Bandung:PT yrama widya.
Crouse-anglin. (1993). Automotive Mechanic. McGraw-Hill International Edition
Edward F. Obert (1968). InternalCombustion Engine and air pollution. Harper and Row Publisher. New York.
L.A. de Bruijn & L. Muilwijk (1999). Motor Bakar, cetakan keempat diterjemahkan oleh Matondang, Bhratara,
Khovakh (1976). Motor Vehicle Engine, Mirpulisher, Moscow
Maleev V.L (1945). Internal Combustion Engines, 2nd edition, Mc Graw Hill Book Company.
Sitompul, D. (1991). Prinsip-Prinsip Konversi Energi, Erlangga, Jakarta.
Willard. W, (1997). Enginering Fundamental Of The International Combustion Engine, Second Edition, Prantice Hall, New jersey.
Published
2014-05-01
How to Cite
Sunaryo, S. (2014) “UJI EKSPERIMEN PEMURNIAN BIOGAS SEBAGAI PENGGANTI BAHAN BAKAR MOTOR BENSIN”, Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 1(2), pp. 123-130. doi: https://doi.org/10.32699/ppkm.v1i2.246.
Section
Articles