PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PELATIHAN MEKANIK SEPEDA MOTOR DI DESA PULUS & GUMIWANG, KECAMATAN SUKOHARJO, KABUPATEN WONOSOBO

  • Sunaryo Sunaryo Program Studi Teknik Manufaktur Universitas Sains Al Qur’an (UNSIQ) Wonosobo
Keywords: Perberdayaan Masyarakat, Mekanik Sepeda Motor

Abstract

Pengabdian pada masyarakat ini dilaksanakan melalui program kerjasama antara Teknik Manufaktur UNSIQ Wonosobo, SMKN Sukoharjo, dan PNPM-MP Kecamatan Sukoharjo. Tujuan umumnya yaitu untuk memberikanbekal pengetahuan dan keterampilan teknik mekanik sepeda motor secara memadai, dan tujuan secara khusus diharapkan peserta dapat melaksanakan perbaikan sepeda motor, baik kerusakan ringan maupun berat dengan cara dan sikap yang benar.
Manfaat pengabdian ini adalah : (a) bagi peserta mendapatkan pengetahuan dan keterampilan praktis tentang servis/perbaikan kerusakan sepeda motor sehingga menjadikan manusia produktif, (b) bagi dosen dapat memenuhi salah satu tugas dalam tri dharma Perguruan Tinggi, dan (c) bagi pihak pemerintah desa terbentuknya calon tenaga kerja yang berkualitas yang pada akhirnya dapat menekan pengangguran angkatan kerja.
Pengabdian pada masyarakat ini diadakan di dua Desa yaitu Desa Pulus dan Desa Gumiwang Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Wonosobo. Kegiatan ini berlangsung selama dua bulan, dari bulan Juni sampai dengan agustus tahun 2013. Tempat pelaksanaan pengabdian di Bengkel Mesin Teknik Manufaktur UNSIQ Wonosobo dan Laboratorium Sepeda Motor SMK N 1 Sukoharjo. Jumlah peserta dari masing-masing desa sejumlah 15 orang, sehingga total peserta 30 orang yang dibagi dalam dua shift. Metode yang dipergunakan dalam pelatihan ini adalah ceramah, tanya jawab dan diskusi, demonstrasi, dan latihan praktek.
Hasil yang diperoleh peserta adalah dapat memperbaiki kerusakan sepeda motor baik kerusakan ringan maupun yang berat. Pengabdian pada masyarakat ini dapat berhasil karena peserta pelatihan memiliki motivasi yang tinggi, dan peralatan serta training object yang lengkap.

References

Anonim (2005), Buku Pedoman Pemilik Honda. PT. Astra Honda Motor, Jakarta.
Anonim (2014), Standar Kompetensi Lulusan (SKL) Kursus Dan Pelatihan Mekanik Pemula Sepeda Motor Level II berbasis KKNI, Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal Dan Informal Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, Jakarta.
Beni Setyo N. (2005), Modul Tune-up Sepeda Motor, Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif, Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta: Yogakarta.
Ibnu Siswanto. (2008). Kesiapan siswa kelas III SMKN 2 Depok mengikuti Uji Sertifikasi Kompetensi Otomotif Tune Up. Skripsi. FT UNY.
Published
2015-01-02
How to Cite
Sunaryo, S. (2015) “PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PELATIHAN MEKANIK SEPEDA MOTOR DI DESA PULUS & GUMIWANG, KECAMATAN SUKOHARJO, KABUPATEN WONOSOBO”, Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 2(1), pp. 61-68. doi: https://doi.org/10.32699/ppkm.v2i1.317.
Section
Articles