RANCANG BANGUN REAKTOR BIOGAS UNTUK PEMANFAATAN LIMBAH KOTORAN TERNAK SAPI DI DESA LIMBANGAN KABUPATEN BANJARNEGARA

  • Sunaryo Sunaryo Program Studi Teknik Mesin Universitas Sains Al Quran (UNSIQ) Wonosobo
Keywords: Kotoran Ternak, Energi Alternatif, Biogas, Pupuk Organik

Abstract

Usaha peternakan cukup memberikan manfaat yang besar dilihat dari perannya sebagai penyedia protein hewani. Namun di sisi lain, keberadaan hewan ternak ini juga menjadi penyebab timbulnya pencemaran. Kotoran yang dihasilkan menimbulkan masalah bagi lingkungan. Selain baunya yang tidak sedap, keberadaan kotoran juga mencemari tanah, mengganggu pemandangan, dan bisa menjadi faktor penyakit. Jika pengelolaan kotoran sapi tidak dilakukan secara baik akan berakibat buruk bagi kesehatan warga sekitar kandang. Tidak terkecuali hal ini terjadi di Desa Limbangan Kecamatan Madukara kabpaten Banjarnegara.
Dalam rangka pengelolaan kotoran sapi tersebut, maka tim pelaksana IbM UNSIQ membuat kegiatan penyuluhan lingkungan, pemanfaatan limbah kotoran sapi menjadi energi alternatif (biogas), pelatihan pembuatan instalasi biogas serta pemanfaatan slurry digester sebagai sumber pupuk organik.
Hasil Pelaksanaan Program Pengabdian Masyarakat IbM dapat berjalan dengan baik dengan terciptanya instalasi biogas yang dapat dimanfaatkan warga untuk kegiatan memasak dan tersedianya pupuk organik cair dari limbah slurry digester biogas sebagai sarana pemupukan tanaman pertanian khususnya salak. Selain itu biogas juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan bakar motor pengganti bensin.

References

Hambali, Erliza dkk. (2007), Teknologi Bioenergi. Jakarta: Agro Media.
Hamni, Arinal. (2008). Rancang Bangun dan Analisa Tekno Ekonomi Alat Biogas dari Kotoran Ternak Skala Rumah
Tangga, Jurusan Teknik Mesin Universitas Lampung.
Junus, M (1987). Teknik Membuat dan Memanfaatkan Unit Gas bio. Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya. Gadjah Mada University Press: Yogyakarta.
Setiawan, Ade Iwan (1996), Memanfaatkan Kotoran Ternak, Jakarta: Penebar Swadaya.
Sudarno, Nano dkk. (2010). Biogas, Mengolah Limbah menjadi Berkah, Bandung: Yayasan Pendidikan Lingkungan Kesehatan dan Kesejahteraan.
Wahyono, E.H. dkk (2009). Panduan Kegiatan Lapangan PNPM LMP. WCS-Indonesia Program, Bogor
Published
2014-01-02
How to Cite
Sunaryo, S. (2014) “RANCANG BANGUN REAKTOR BIOGAS UNTUK PEMANFAATAN LIMBAH KOTORAN TERNAK SAPI DI DESA LIMBANGAN KABUPATEN BANJARNEGARA”, Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 1(1), pp. 21-30. doi: https://doi.org/10.32699/ppkm.v1i1.230.
Section
Articles