INTEGRASI KECERDASAN BUATAN DALAM PEMBELAJARAN PAI DI ERA DIGITAL
DOI:
https://doi.org/10.32699/paramurobi.v8i1.9430Kata Kunci:
Integrasi kecerdasan buatan, pembelajaran Pendidikan Agama Islam, era digitalAbstrak
Istilah "kecerdasan" dalam bahasa Latin, yang dikenal sebagai "intelligo", berarti "saya mengerti". Pada dasarnya, kecerdasan mengacu pada kemampuan untuk memahami dan terlibat dalam suatu tindakan. Secara umum, kecerdasan juga dapat didefinisikan sebagai sesuatu yang diciptakan atau dihasilkan oleh manusia, baik itu sesuatu yang terjadi secara alami maupun buatan manusia. Kajian ini didasarkan pada tinjauan pustaka yang mencakup analisis mendalam terhadap. sumber informasi yang beragam, termasuk jurnal ilmiah, buku, dan artikel relevan.AI pertama kali diterbitkan pada tahun 1956 di Dartmouth College. AI telah berkembang sejak saat itu berkat berbagai penelitian tentang teori dan prinsip-prinsip yang mendasarinya. Meskipun istilah AI belum ada hingga tahun 1956, teori-teori yang berkaitan dengan AI telah ada sejak tahun 1941. Integrasi kecerdasan buatan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di era digital membawa manfaat dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran dengan personalisasi pengalaman belajar bagi siswa.
Referensi
Akhmad Washlim, Hasruddin 2015. “Implementasi Teknologi QRIS,” no. 01 (2015).
Astutik, Puji Astutik, Nur Afif Ayuni, and Ayunda Mahdalena Putri. “Artificial Intelligence: Dampak Pergeseran Pemanfaatan Kecerdasan Manusia Dengan Kecerdasan Buatan Bagi Dunia Pendidikan Di Indonesia.” Sindoro Cendikia Pendidikan 1, no. 10 (2023): 101–112. https://ejournal.warunayama.org/index.php/sindorocendikiapendidikan/article/view/1219/1153.
Cholissodin, Imam, and Arief Andy Soebroto. “AI , MACHINE LEARNING & DEEP LEARNING ( Teori & Implementasi ),” no. December (2021).
Fadzlul Rahman, Ferry, and Hendra Saputra. “Artificial Intelligence” (2023).
Fauziyati, Wiwin Rif’atul. “Dampak Penggunaan Artificial Dalam.” Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran 6, no. 4 (2023): 2180–2187. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/21623.
Hidayat, Tatang, and Makhmud Syafe’i. “Peran Guru Dalam Mewujudkan Tujuan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah.” Rayah Al-Islam 2, no. 01 (2018): 101–111.
Indahningrum, Rizka putri, and lia dwi jayanti. “TANTANGAN GURU PAI DALAM MENGHADAPI ERA PERUBAHAN GLOBALISASI TEKNOLOGI INDUSTRI 4.0 DI SMA NEGERI 01 BENGKULU TENGAH” 2507, no. 1 (2020): 1–9. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203.
Jamaaluddin, and Sulistyowati Indah. “Buku Ajar Kecerdasan Buatan.” Umsida Press (2021): 121.
Jaya, Hendra, Sabran, Ma’ruf Idris, Yasser A. Djawad, Ilham, and Ansari Saleh Ahmar. Kecerdasan Buatan (Dr. Hendra Jaya, S.Pd., M.T., Drs. Sabran Etc.) (Z-Library), 2018.
Jihan, Bambang Ismaya, Muqarramah Sulaiman Kurdi, Ninik Sudarwati, and Musyarrafah Sulaiman Kurdi. “Permasalahan Dan Tantangan Pendidikan Islam Modern Di Tengah Era Digitalisasi.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 12, no. 3 (2023): 2131–2140.
Mahbuddin, Ahmad Nur. “Model Integrasi Media Dan Teknologi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Mudarris : Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam 3, no. 2 (2020): 183–196.
Puspitasari, Novi, Linda Relistian. R, and Reonaldi Yusuf. “Peran Pendidikan Agama Islam Terhadap Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik.” Atta’dib Jurnal Pendidikan Agama Islam 3, no. 1 (2022): 57–68.
Rubini, and Herwinsyah. “Penerapan Artificial Intelligence Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Al-Manar.” Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam 12, no. 2 (2023): 18–27.
Septiani, Sisca, Suwito Eko, Joko Sutarto, and Cahyo Budi Utomo. “Students and Artificial Intelligence” (2023): 691–697.
Suci, Eva. “TERHADAP PERBEDAAN AGAMA DAN BUDAYA Perbedaan Agama Dan Budaya Di Indonesia: Penelitian Ini Bertujuan Peran Pembelajaran PAI Dalam Membentuk Sikap Positif Siswa Terhadap Perbedaan” (n.d.).
Sukamto, Pratama. “Artfial Intelligence Menurut Para Ahli.” Journal of Chemical Information and Modeling 53, no. 9 (2019): 1689–1699.
Tanduk Apriadi, Robert, and Hotmaulina Sihotang. “Transformasi Mendalam Pendidikan Melalui Kecerdasan Buatan: Dampak Positif Bagi Siswa Dalam Era Digital.” Jurnal Pendidikan Tambusai 7, no. 3 (2023): 31742–31748.
Thiraviyam, T. Artificial Intelligence Marketing. International Journal of Recent Research Aspects. Vol. 19, 2018.
Yuspita, Yulifda Elin, Riri Okra, Hari Antoni Musril, Sarwo Derta, Jasmienti Jasmienti, Yudi Alamsyah, Rahmatin Nihmah Tanjung, and Muhammad Ade Putra. “Pemanfaatan Aplikasi AI Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru KKG PAI Dalam Bidang Kecamatan Baso.” Jurnal Dedikasia : Jurnal Pengabdian Masyarakat 3, no. 2 (2023): 136.
Zohriah, Anis, Abdul Muin, and Muslihat Muslihat. “Paradigma Pendidikan Di Era Digital.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 6, no. 7 (2023): 4546–4554.
PERAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUK KARAKTER SISWA ( Studi Kasus Di SMP Islam Ma ’ Arif 02 Malang ) SKRIPSI Nurul Hidayati Nurul Hidayati, 2012.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Pemberitahuan Hak Cipta
1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi (menyalin dan mendistribusikan kembali materi dalam media atau format apa pun), dan menyesuaikan (mencampur, mengubah, dan membangun di atas bahan) karya untuk tujuan apa pun, bahkan secara komersial dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
2. Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan awal publikasi dalam jurnal ini.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat Pengaruh Akses Terbuka).
