KORELASI KOMPETENSI GURU DENGAN PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI MTS ZAINUL HASAN 1 GENGGONG

Penulis

  • Ameliatul Mukarromah ##default.groups.name.author##
  • Ainol Ainol Universitas Islam Zainul Hasan Genggong, Probolinggo, Indonesia ##default.groups.name.author##
  • M. Inzah Universitas Islam Zainul Hasan Genggong, Probolinggo, Indonesia ##default.groups.name.author##

DOI:

https://doi.org/10.32699/paramurobi.v8i1.9233

Kata Kunci:

Teacher Competence, Pancasila Student Profile.

Abstrak

The purpose of this study was to determine the relationship between teacher competence and the strengthening of the Pancasila Student Profile at MTs Zainul Hasan 1 Genggong, Pajarakan District. Teacher competence is one of the crucial aspects in the success of the education process, which includes pedagogical, professional, social, and personality competence. On the other hand, the Pancasila Student Profile presents the character and abilities of students that are in line with the values ​​of Pancasila, such as faith, devotion to God Almighty, independence, mutual cooperation, global diversity, critical and creative reasoning. This study uses a quantitative method with a correlational approach. Data were collected through questionnaires and observations of teachers and students. The results showed a significant positive correlation between teacher competence and the strengthening of the Pancasila Student Profile. This means that the higher the competence of the teacher, the more optimal the formation of student character in accordance with the values ​​of Pancasila. This finding emphasizes the importance of improving teacher professionalism as the main pillar in character education in schools.

Referensi

Abidin, Z, dan Purnamasari, M. (2023) ‘Peran Kompetensi Sosial Guru Dalam Menumbuhkan Minat Belajar Siswa (Sebuah Keharusan Yang Tak Bisa Ditawar)’, Research and Development Journal of Education, 9.1, 513.
Akbar, A, ‘Pentingnya Kompetensi Pedagogik Guru’. (2021). JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 2.1. 23-30.
Safitri, A, Wulandari, D, Herlambang, T, Y. (2022). ‘Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Sebuah Orientasi Baru Pendidikan Dalam Meningkatkan Karakter Siswa Indonesia’, Jurnal Basicedu, 6, 7076–86.
Alfath, A, dkk. (2022) ‘Pengembangan Kompetensi Guru Dalam Menyongsong Kurikulum Merdeka Belajar’, Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 1.2, 42–50.
Khairani, A, Sugianto, A, Ildiyanita, R. (2023). ‘Teknik Self-Management Untuk Meningkatkan Nilai Karakter Mandiri Belajar Siswa’, Journal of Education Research, 4.3, 1488–94.
KSKK, D. M. (2022). ‘Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin’, Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1–108.
Musfah, J. (2012). Peningkatan Kompetensi Guru: Melalui Pelatihan Dan Sumber Belajar Teori Dan Praktik (Kencana).
Ilyas. (2022). ‘Strategi Peningkatan Kompetensi Profesional Guru’, Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 2.1, 34–40.
Jumrawarsi, dan Suhaili, N. (2021). Peran Seorang Guru Dalam Menciptakan Lingkungan Belajar Yang Kondusif’, Ensiklopedia Education Review, 2.3, 50–54.
KEMENDIKBUD. (2024). ‘Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia Tentang Fasilitasi Terhadap Organisasi Profesi Guru Nomor 67 Tahun 2024.
Kurnia, I, R, dkk. (2024). ‘Analisis Empat Standar Kompetensi Guru Di Lingkungan Sekolah Dasar’, Jurnal Pendidikan Dasar, 15.1, 65–74.
Maharani, V, A, dan Saputro, E,P. (2024). ‘Pengaruh Influencer, Brand Image, Dan Product Quality Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Skincare Skintific’, El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 5.3, 1899–914.
Qibthiyah, M, Ainol, dan Zaini, B. (2024) ‘Pengaruh Praktik Pengalaman Lapangan Kependidikan Dan Self-Efficacy Terhadap Kesiapan Menjadi Guru Pada Mahasiswa Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Zainul Hasan Genggong’, Jurnal Kependidikan Islam, 14.1, 21–33.
Maulana, A, S, dan Hidayat, R. (2024). ‘Analisis Kepuasan Pengguna Pada Website PT.Tunas Ridean Tbk Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (TAM)’, Remik: Riset Dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer, 8.2, 485–93.
Lubaba, M, N, dan Alfiansyah, I. (2022) . ‘Analisis Penerapan Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Di Sekolah Dasar’, Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 5.3, 2573–81
Abrory, M, W, dkk, (2024). ‘Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap Fitur Magic Studio Aplikasi Canva Pada Lingkup Mahasiswa Menggunakan Metode TAM’, Prosiding Seminar Nasional Teknologi dan Sistem Informasi (SITASI), 168–77.
Noviani, L, Setyowibowo, F, dan Wahyono, B. (2023). ‘Penguatan Kompetensi Guru Dalam Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila’, Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1.1, 90–95.
Wahidah, N, M. dkk. (2023). ‘Implementasi Profil Pelajar Pancasila Di SMP Negeri 1 Mataram’, Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8.1b, 696–703.
Pawartani, T, dan Suciptaningsih, O, A, (2024). ‘Pengembangan Kompetensi Guru Untuk Mendukung Implementasi Kurikulum Merdeka’, JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7.3, 2182–91.
Pianda, D, (2018). Kinerja Guru: Kompetensi Guru, Motivasi Kerja Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah (CV Jejak Publisher).
Indriawati, P, dkk. (2023). ‘Gambaran Kompetensi Guru Pada Era Milenial’, Jurnal Fusion, 3,152–62.
Purnawanto, A, T. (2022). ‘Implementasi Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembelajaran Kurikulum Merdeka’, Jurnal Ilmiah Pedagogy, 5.2, 76–87.
Rahman, A. (2022). ‘Analisis Pentingnya Pengembangan Kompetensi Guru’, Ngabdimas, 2.1, 31–38.
Ramadhan, A, T, dan Hilwa, W. (2024). ‘Pengaruh Live Streaming Dan Voucher Gratis Ongkos Kirim Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen TikTok Shop Di Kota Depok)’, Great: Jurnal Manajemen Dan Bisnis Islam, 1.2, 3032–7253.
Ramaliya, ‘Pengembangan Kompetensi Guru Dalam Pembelajaran’, Bidayah: Studi Ilimu-Ilmu Keislaman, 9.1 (2018), 77–88.
Rohman, H. (2020). ‘Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru’, Jurnal MADINASIKA Manajemen Dan Kelas, 1.2, 92–102.
Saftari, M, dan Sinta. (2022). ‘Analisis Faktor Peserta, Pelatih, Prasarana, Serta Materi Pelatihan Yang Mempengaruhi Efektifitas Pelatihan Menggunakan Smart-PLS’, Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 4.2, 86–98.
Sari, N, M, dan Yulia, P. (2023) ‘Kompetensi Kepribadian Guru Matematika Di Madrasah Tsanawiyah’, Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3.1, 73–82.
Setiabudhi, H, dkk. (2025). Analisis Data Kuantitatif Dengan SmartPLS 4 (Borneo Novelty Publishing,)
Shilviana, Khusna, and Tasman Hamami, ‘Pengembangan Kegiatan Kokurikuler Dan Ekstrakurikuler’, Palapa, 8.1 (2020), pp. 159–77, doi:10.36088/palapa.v8i1.705
Somantri, D. (2021). ‘Abad 21 Pentingnya Kompetensi Pedagogik Guru’, Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 18.02, 188–95.
Suleman, R, dan Luneto, B. (2023). ‘Implementasi Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMK Negeri 1 Limboto’, Pekerti: Journal Pendidikan Islam Dan Budi Pekerti, 5.1, 13–22.
Sulistyati, D, M. Wahyaningsih, S dan Wijania, I, W. (2021). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila,
Sunarsih, A, dkk. (2022). ‘Kompetensi Guru: Konsep Dan Implikasi’, no. July.
Suriadi, H, J, Firman, dan Ahmad, R. (2021). ‘Analisis Problema Pembelajaran Daring Terhadap Pendidikan Karakter Peserta Didik’, Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3.1, 165–73.
Susanti, N, Darmansyah, dan Fitria, Y. (2024). ‘Implementasi Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar.’, Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9.1, 2169–78.

Sutiyono, (2022). ‘Analisis Faktor Pendukung Dan Faktor Penghambat Pembentukan Profil Pelajar Pancasila SD Negeri Deresan Sleman’, no. August, 1–10.
Ulandari, S, dan Rapita, D, D. (2023). ‘Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Menguatkan Karakter Peserta Didik’, Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8.2, 116-32.
Wahyuni, S, dan Haryanti, N. (2024). ‘Optimalisasi Kompetensi Guru Dalam Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Media Digital’, Wahana Dedikasi: Jurnal PkM Ilmu Kependidikan, 7.1, 142–54.
Utami, W, B. dkk. (2024). ‘Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar Dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila’, Journal of Education Research, 5.3, 2573–81.
Winarni, E W. (2021). Teori Dan Praktik Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R & D (Bumi Aksara).
Bagou, D, Y, dan Suking, A. (2020). ‘Analisis Kompetensi Profesional Guru’, Jambura Journal of Educational Management, 1.September, 122–30.

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-01

Cara Mengutip

“KORELASI KOMPETENSI GURU DENGAN PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI MTS ZAINUL HASAN 1 GENGGONG”. 2025. PARAMUROBI: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM 8 (1): 116-33. https://doi.org/10.32699/paramurobi.v8i1.9233.