KYAI SEBAGAI LEADER DALAM MEMBENTUK KECERDASAN SPIRITUAL SANTRI DI PONDOK PESANTREN RAUDLATUL HIKMAH AS SYAFII
DOI:
https://doi.org/10.32699/paramurobi.v8i1.9222Kata Kunci:
kyai, pemimpin, kecerdasan spiritual, santriAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui model kepemimpinan kyai dan strategi yang digunakan kyai dalam mengembangkan kecerdasan spiritual santri Pondok Pesantren Raudlatul Hikmah As Syafii. Metodologi penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi secara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model kepemimpinan kyai dalam membentuk kecerdasan spiritual santri meliputi kepemimpinan karismatik dan demokratis. Adapun strategi yang diterapkan oleh kyai untuk membentuk kecerdasan spiritual santri meliputi pemberian pendidikan akhlak, penugasan spiritual, dan forum keagamaan. Temuan ini menunjukkan bahwa strategi tersebut berhasil meningkatkan kualitas kecerdasan spiritual santri. Model dan strategi yang diterapkan Kyai dalam membentuk kecerdasan spiritual santri di Pondok Pesantren Raudlatul Hikmah As Syafii terbukti sangat efektif.
Referensi
Aini, Nining Khurrotul. 2021. Model Kepemimpinan Transformasional. Surabaya: CV. Jakad Media Publishing.
Aziz, Abd, and Poppy Rachman. 2021. “Kepemimpinan Dan Peningkatan Mutu Pendidikan Di Pesantren.” At-Ta`lim : Jurnal Pendidikan. 7(1): 1–15.
Bafadhol, Ibrahim. 2017. "PENDIDIKAN AKHLAK DALAM PERSPEKTIF ISLAM". Pendidikan Akhlak 0(12): 54.
Darmadi. 2018. Kecerdasan Spiritual Anak Usia Dini Dalam Cakrawala Pendidikan Islam. Lampung: Guepedia.
Departemen Agama RI. 2020. Al-Qur’an dan Terjemah. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.
Gunawan, A., dkk. 2022 “Jurnal Pendidikan Islam.” Jurnal Pendidikan Islam 10(1): 28.
Hasan, Abu. 2025. Wawancara. Mranggonlawang.
Hayati, Nur. 2025. Wawancara. Mranggonlawang.
Masruroh, Diana. 2025. Observasi, Mranggonlawang.
Nuntupa, Farich Purwantoro, and Rofi’atul Islamiyah. 2021. “Gaya Kepemimpinan Dr. Abd Aziz, M.Ag.” Al-Fikru: Jurnal Pendidikan Dan Sains 2(1): 142–55.
Rosita, Neni. 2018. “Kepemimpinan Kharismatik Kiai Di Pondok Pesantren Ali Maksum Krapyak Yogyakarta.” SANGKéP: Jurnal Kajian Sosial Keagamaan 1(2): 173-174.
Sagala, Syaiful. 2018. Pendekatan Dan Model Kepemimpinan. Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP.
Sri Langgeng Ratnasari, dkk. 2020. “Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Dan Kecerdasan Linguistik Terhadap Kinerja Karyawan.” Journal of Applied Business Administration 1 (n.d.): 101.
Susiah Maryono. 2021. “Peran Kiai Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual (Sq) Santri Pondok Pesantren Al I’anah Wonosobo.” Paramurobi: Jurnal Pendidikan Agama Islam 4(2): 149.
Sutikno, Sobry. 2018. Pemimpin Dan Kepemimpinan Tips Praktis Untuk Menjadi Pemimpin Yang Diidolakan. Holistica. Lombok: Holistica.
Syafi'i. 2025. Wawancara. Mranggonlawang.
Zohar, Danah dan Ian Marshall. 2007. SQ: Kecerdasan Spiritual. Bandung: PT Mizan Pustaka.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Pemberitahuan Hak Cipta
1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi (menyalin dan mendistribusikan kembali materi dalam media atau format apa pun), dan menyesuaikan (mencampur, mengubah, dan membangun di atas bahan) karya untuk tujuan apa pun, bahkan secara komersial dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
2. Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan awal publikasi dalam jurnal ini.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat Pengaruh Akses Terbuka).
