KONSEP PENDIDIKAN ISLAM TRANSDISIPLINER: INTEGRASI ILMU, NILAI, DAN TEKNOLOGI DALAM PERSPEKTIF FILSAFAT PENDIDIKAN
DOI:
https://doi.org/10.32699/paramurobi.v8i1.9206Kata Kunci:
Pendidikan Islam, Transdisipliner, Filsafat Pendidikan, Integrasi Keilmuan, Teknologi PendidikanAbstrak
Perubahan global yang ditandai disrupsi teknologi, krisis nilai, dan kompleksitas sosial menuntut paradigma pendidikan Islam yang lebih integratif dan adaptif. Pendidikan Islam transdisipliner ditawarkan sebagai solusi yang menyatukan ilmu, nilai, dan teknologi dalam kerangka filsafat Islam. Penelitian ini, melalui studi pustaka dengan pendekatan hermeneutis-filosofis, merumuskan konsep tersebut secara filosofis dan aplikatif. Hasilnya, pendidikan Islam transdisipliner bersifat holistik, menyatukan aspek spiritual, intelektual, dan sosial; secara ontologis mengakui kesatuan fisik dan metafisik; secara epistemologis mengintegrasikan bayani, burhani, irfani, dan tajribi; serta secara aksiologis menyeimbangkan nilai ilahiyah dan insaniyah. Teknologi diposisikan sebagai medium strategis dalam integrasi ilmu dan nilai. Model implementasi mencakup reformasi kelembagaan, kurikulum tematik-integratif, pembelajaran berbasis masalah kompleks, dan evaluasi holistik. Kesimpulannya, pendidikan Islam transdisipliner adalah motor transformasi sosial dan pembangunan peradaban. Rekomendasi penelitian mencakup kolaborasi lintas sektor dan penguatan kompetensi transdisipliner bagi pendidik.
Referensi
Amelya, Yuka Azahra. “IMPLEMENTASI TRANSDISIPLINER DALAM PEMBELAJARAN IPS.” Cendekia Pendidikan 4, no. 4 (2024): 50–54.
Amir, Ahmad Nabil, and Tasnim Abdul Rahman. “Islamization of Knowledge in Historical Perspective.” Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman 9, no. 1 (2023): 26–50. https://doi.org/10.35309/alinsyiroh.v9i1.6337.
Astuti, Nita Yuli. “Desain Pembelajaran PAI Di Era Society 5.0.” IQRO: Journal of Islamic Education 7, no. 1 (2024): 1–22. https://doi.org/10.24256/iqro.v7i1.4783.
Azmi, Fachruddin, Handoko Handoko, Arie Dwi Ningsih, Rosida Hanum, Amar Tarmizi, and Hamdan Hamdan. “Manajemen Transdisipliner Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Di SMP Negeri 15 Islam Terpadu Kota Binjai.” Journal on Education 5, no. 3 (2023): 8412–40. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1627.
Baroroh, Umi, and Tasman Hamani. “Development of Authentic Assessment in Islamic Religious Education.” Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam 5, no. 3 (2022): 940–55. https://doi.org/10.31538/nzh.v5i3.2380.
Chanifah, Nur, Yusuf Hanafi, Choirul Mahfud, and Abu Samsudin. “Designing a Spirituality-Based Islamic Education Framework.” Higher Education Pedagogies 6, no. 1 (2021): 195–211. https://doi.org/10.1080/23752696.2021.1960879.
Cory, Putu, Candra Yhani, I Gede Dharman Gunawan, Putu Wisnu Saputra, and Komang Mertayasa. “Membangun Critical Thinking Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Hindu Melalui Problem Based Learning Pada Mata Kuliah Profesi Pendidikan Dan Keguruan” 8, no. 2 (2024): 137–55. https://doi.org/10.33363/satya-sastraharing.v8i2.1393.
Creswell, John W., and Cheryl N. Poth. Qualitative Inquiry & Research Design. SAGE Publications Inc, 2022.
Fidzi, Ridhahani, Jamal Syarif, and Agustina Rahmi. “Evaluation of Islamic Education: Multi, Inter, Dan Transdisciplinary (Philosophical, Theoretical, and Practical).” Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam 16, no. 1 (2024). https://doi.org/10.30596/19485.
Hanif, Abdullah, Wawan Wahyudin, and Sholahudin. “Implementation of Transdisciplinary Approaches in Islamic Education to Face Contemporary Global Challenges.” Eduprof : Islamic Education Journal 6, no. 2 (2025): 151–71. https://doi.org/https://doi.org/10.47453/eduprof.v6i2.283.
Harahap, Abdi Syahrial. “Epistemologi:Teori, Konsep Dan Sumber-Sumber Ilmu Dalam Tradisi Islam.” Dakwatul Islam 5, no. 1 (2021): 13–30. https://doi.org/10.46781/dakwatulislam.v5i1.204.
Hasibuan, Mhd Abdi. “Transdisciplinary Position in the Goals of Islamic Education.” ISCIS2023: INTERNATIONAL SEMINAR AND CONFERENCE ON ISLAMIC STUDIES 2 (2023): 550–59.
Ikmah, Amit Dana, Maftah Rozani Al-am, Ika Setiawati, Muhammad Thoriqul Islam, and Dwiana Novitasari. “Recontextualizing Islamic Education in the 21 St Century.” Journal of Islamic Education Research 6, no. 02 (2025): 179–96.
Kurniasih, Maulana Dwi, EE Junaedi Sastradiharja, and Khasnah Syaidah. “NTEGRATION OF ISLAMIC VALUES IN CIVIC EDUCATION AT PESANTREN-BASED UNIVERSITIES.” TARBIYA: Journal of Education in Muslim Society 11, no. 2 (2024): 179–96. https://doi.org/10.15408/tjems.v11i2.41447.
Lubis, F, S Salminawati, U Usiono, and ... “Analytical Study on Integration of Islamic Science in Indonesia Based on Ontology, Epistemology, and Axiology.” Southeast Asian Journal … 06, no. 02 (2024): 209–24.
Madhakomala, R., Muhammad Farhan Ramadhan, Rachmah Fourdiana, and Qanitah Dzakiyyah Pariz. “Pendekatan Transdisiplinaritas IPTEK, Agama, Dan Paradigma Baru Dalam Pedagogik.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 4, no. 4 (2022): 5091–97. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3050.
Mardiana, Dina, Abd. Rahim Razaq, and Umiarso Umiarso. “Development of Islamic Education: The Multidisciplinary, Interdisciplinary and Transdisciplinary Approaches.” Al-Hayat: Journal of Islamic Education 4, no. 1 (2020): 58. https://doi.org/10.35723/ajie.v4i1.97.
Maruf, Ahmad, Okta Nurma Vitriana, and Suyadi. “The Dichotomy of Knowledge in Islamic Education.” Linguanusa : Social Humanities, Education and Linguistic 2, no. 1 (2024): 51–57.
Maspul, Kurniawan Arif. “INTERDISCIPLINARY EDUCATION WITH ISLAMIC PRINCIPLES: NURTURING SUSTAINABLE MINDS FOR ISLAMIC EDUCATIONAL EXCELLENCE.” Rihlah Review : Jurnal Pendidikan Islam 02, no. 01 (2023): 13–21.
Maxwell, Joseph A., and L. Earle Reybold. “Qualitative Research.” International Encyclopedia of the Social & Behavioral Sciences: Second Edition 19, no. June (2020): 685–89. https://doi.org/10.1016/B978-0-08-097086-8.10558-6.
Prasetia, Senata Adi. “Reconsidering Islamic Education Pedagogical Approach within Islamic Studies.” Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 12, no. 1 (2024): 18–39.
Rahmah, Rahmah, Irfan Noor, and Muhammad Iqbal Noor. “Pendidikan Islam Transdisipliner (Perspektif Filsafat Islam Dan Barat).” Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan 18, no. 5 (2024): 3530. https://doi.org/10.35931/aq.v18i5.3895.
Samrin, Samrin, Raehang Raehang, Rasmi Rasmi, Syahrul Syahrul, and Salisman Laugi. “Transformation of the Transdisciplinary Vision in Education and Learning Practices in Islamic Higher Education.” KnE Social Sciences, 2022, 239–47. https://doi.org/10.18502/kss.v7i8.10741.
Sanyoto, Tri, Nazar Fadli, Rozi Irfan Rosyadi, and Muthoifin Muthoifin. “Implementation of Tawhid-Based Integral Education to Improve and Strengthen Hidayatullah Basic Education.” Solo Universal Journal of Islamic Education and Multiculturalism 1, no. 01 (2023): 30–41. https://doi.org/10.61455/sujiem.v1i01.31.
Sarima, Andi, Institut Agama, Islam Negeri, and Iain Bone. “Transformasi Pendidikan Islam Dalam Mencetak Generasi Rabbani Di Era Digital.” Jurnal Al-Qayyimah 6, no. 2 (2023): 102.
Sastrapratedja, M. “Hermeneutika Dan Etika Naratif.” Kanz Philosophia : A Journal for Islamic Philosophy and Mysticism 2, no. 2 (2020): 247. https://doi.org/10.20871/kpjipm.v2i2.32.
Shamsy, Ahmed El. Rediscovering the Islamic Classics: HOW EDITORS AND PRINT CULTURE TRANSFORMED AN INTELLECTUAL TRADITION. Prince Ton University Press, 2020.
Sholeh, Muh Ibnu. “Technology Integration in Islamic Education: Policy Framework and Adoption Challenges.” Journal of Modern Islamic Studies and Civilization 1, no. 02 (2023): 82–100. https://doi.org/10.59653/jmisc.v1i02.155.
Susiyati, Sihono. “REFORMASI PERGURUAN TINGGI KEAGAMAAN ISLAM NEGERI: MENUJU PENDIDIKAN BERKUALITAS DAN BERDAYA SAING GLOBAL Susiyati” 10 (2025).
Waite, Kristin A., Peter J. Pronovost, and Jill S. Barnholtz-Sloan. “Critical Partnerships: How to Develop a Trans-Disciplinary Research Team.” Cancers 15, no. 20 (2023). https://doi.org/10.3390/cancers15205078.
Wijaya, Suzatmiko, Darussalim Darussalim, Dody Yogaswara, Fachruddin Azmi, Muhammad Sidik, and Wuri Tamtama Abdi. “Transdisciplinary Management Of Islamic Education.” AL-WIJDÃN Journal of Islamic Education Studies 9, no. 1 (2024): 42–51. https://doi.org/10.58788/alwijdn.v9i1.3780.
Yusuf, Muhammad, Tobroni, and Faridi. “Model Pai Multidisipliner Di Madrasah.” Jurnal Paris Langkis 4, no. 2 (2024): 225–37. https://doi.org/10.37304/paris.v4i2.14779.
Zarkasyi, Ahmad. “Epistemology and Strategy of Multicultural Islamic Education.” Syaikhuna: Jurnal Pendidikan Dan Pranata Islam 12, no. 2 (2021): 114–22. https://doi.org/10.36835/syaikhuna.v12i2.5116.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Pemberitahuan Hak Cipta
1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi (menyalin dan mendistribusikan kembali materi dalam media atau format apa pun), dan menyesuaikan (mencampur, mengubah, dan membangun di atas bahan) karya untuk tujuan apa pun, bahkan secara komersial dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
2. Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan awal publikasi dalam jurnal ini.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat Pengaruh Akses Terbuka).
