REVITALISASI KECERDASAN MAJEMUK MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI GENERASI Z

Penulis

  • Jihan Nur Bahiroh Universitas Islam Darul 'Ulum Lamongan ##default.groups.name.author##
  • Muchamad Suradji Universitas Islam Darul ‘Ulum Lamongan ##default.groups.name.author##
  • Siti Lathifatus Sun’iyah Universitas Islam Darul ‘Ulum Lamongan ##default.groups.name.author##

DOI:

https://doi.org/10.32699/paramurobi.v8i1.9126

Kata Kunci:

Multiple Intelligences, Islamic Religious Education, generation Z

Abstrak

Penulisan artikel ini bertujuan untuk memberikan ide-ide yang mampu memahamkan serta menerapkannya dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi generasi Z dengan pendekatan kecerdasan majemuk oleh Howard Gardner. Adapun kecerdasan majemuk ini ada sembilan yakni kecerdasan bahasa, kecerdasan musik, kecerdasan logis-matematis, kecerdasan ruang, kecerdasan tubuh, kecerdasan sosial, kecerdasan pribadi, kecerdasan alam, dan kecerdasan eksistensi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni metode penelitian kualitatif deskriptif yang melibatkan data primer berupa kuisioner terhadap Generasi Z (2011-2012) dan wawancara guru PAI di SMPN 1 Deket. Hasilnya menunjukkan bahwa kecerdasan alam, ruang, sosial, dan pribadi merupakan tipe kecerdasan yang dominan pada Generasi Z (2011-2012) dan dapat disimpulkan bahawa revitalisasi kecerdasan majemuk dalam PAI tidak hanya relevan dengan kebutuhan pembelajaran abad ke-21, tetapi juga menjadi pendekatan strategis dalam membentuk karakter dan akhlak pada generasi muda secara holistik.

Referensi

Alhamuddin, A. “Penerapan Multiple Intelligences Approach Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar.” Progresiva: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam 7, no. 1 (2018): 23.
Anwari. “Wawancara Tentang Implikasi Kecerdasan Majemuk Pada Pembelajaran PAI.” n.d.
Gardner, H. Kecerdasan Majemuk. Terjemahan Drs. Alexander Sindoro Dan Dr. Lyndon Saputra. Batam: Penerbit Interaksara, 2003.
Gardner, Howard. Kecerdasan Majemuk. Terjemahan Drs. Alexander Sindoro Dan Dr. Lyndon Saputra. Batam: Kaifa Learning, 2003.
———. Multiple Intelligences: The Theory in Practice. New York: Basic book, 1993.
Kaelan. Metode Penelitian Kualitatif Interdisipliner Bidang Sosial, Budaya, Filsafat, Seni, Agama, Dan Humaniora. Yogyakarta: Paradigma, 2012.
Lutfiani, Ninda, Fitra Putri Oganda, Farida Agustin, Qurotul Aini, and Untung Rahardja. “Desain Dan Metodologi Teknologi Blockchain Untuk Monitoring Manajemen Rantai Pasokan Makanan Yang Terdesentralisasi.” InfoTekJar : Jurnal Nasional Informatika Dan Teknologi Jaringan 5, no. 1 (2020): 18–25. https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/infotekjar/article/view/2517/pdf.
Mahfud, M, and R Rudianto. “Pendekatan Kecerdasan Majemuk Dalam Pembelajaran Agama Islam (Sebuah Inovasi Pendidikan Di SMA Al-Azhar Menganti Gresik).” Fatawa: Jurnal Pendidikan Agama Islam 2, no. 1 (2021).
Moleong. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset, 2017.
Muhtar. “‘Mengenal 6 Macam Generasi Di Indonesia Sesuai Tahun Lahir, Kamu Termasuk Yang Mana?’” 22 Mei 2023, n.d. https://uici.ac.id/mengenal-6-macam-generasi-di-indonesia-sesuai-tahun-lahir-kamu-termasuk-yang-mana/.
Raaniyah, Salma, Unang Wahidin, and Muhamad Priyatna. “Implementasi Pembelajaran Berbasis Information , Communication , and Technology ( ICT ) Dalam Memingkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Kelas VIII Di SMP Negeri 5 Bogor Tahun Ajaran 2020 / 2021.” Prosa PAI : Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam 3, no. 2 (2020): 1–12.
Ramayulis. Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kalam, 2015.
Sakitri, Galih. “Selamat Datang Gen Z , Sang Penggerak Inovasi.” Forum Manajemen Prasetiya Mulya 35, no. 2 (2021): 1–10.
Seknun, Faqih, and Mahatir Afandi Attamimi. “Implementasi Teori Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligences) Dalam Meningkatkan Kompetensi Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam.” Journal of Education and Culture 2, no. 2 (2022): 132–42. https://doi.org/10.58707/jec.v2i2.295.
Sinurat, James, Musnar Indra Daulay, Anggi Khairina Hanum Hasibuan, Eka Setiawati, Yeni Rahmawati, Fitri Mellani, Bayu Retno Widiastuti, et al. Pengembangan Moral & Keagamaan Anak Usia Dini. Edited by Aas Masruroh. Suparyanto Dan Rosad (2015. Vol. 5. Bandung: Widina Bhakti Persada, 2022.
Sit, Masganti, and Muhammad Shaleh Assingkily. “Persepsi Guru Tentang Social Distancing Pada Pendidikan AUD Era New Normal.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5, no. 2 (2020): 1009–23. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.756.
Sugiono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D, 2013.
Suradarma, Ida Bagus. “Revitalisasi Nilai-Nilai Moral Keagamaan Di Era Globalisasi Melalui Pendidikan Agama.” Dharmasmrti: Jurnal Ilmu Agama Dan Kebudayaan 18, no. 2 (2018): 50–58. https://doi.org/10.32795/ds.v9i2.146.
Syarifah, Syarifah. “Konsep Kecerdasan Majemuk Howard Gardner.” SUSTAINABLE: Jurnal Kajian Mutu Pendidikan 2, no. 2 (2019): 176–97. https://doi.org/10.32923/kjmp.v2i2.987.
Zuhairi. Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Bumi Aksara, 2009.

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-01

Cara Mengutip

“REVITALISASI KECERDASAN MAJEMUK MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI GENERASI Z”. 2025. PARAMUROBI: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM 8 (1): 74-87. https://doi.org/10.32699/paramurobi.v8i1.9126.