REVITALISASI KECERDASAN MAJEMUK MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI GENERASI Z
DOI:
https://doi.org/10.32699/paramurobi.v8i1.9126Kata Kunci:
Multiple Intelligences, Islamic Religious Education, generation ZAbstrak
Penulisan artikel ini bertujuan untuk memberikan ide-ide yang mampu memahamkan serta menerapkannya dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi generasi Z dengan pendekatan kecerdasan majemuk oleh Howard Gardner. Adapun kecerdasan majemuk ini ada sembilan yakni kecerdasan bahasa, kecerdasan musik, kecerdasan logis-matematis, kecerdasan ruang, kecerdasan tubuh, kecerdasan sosial, kecerdasan pribadi, kecerdasan alam, dan kecerdasan eksistensi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni metode penelitian kualitatif deskriptif yang melibatkan data primer berupa kuisioner terhadap Generasi Z (2011-2012) dan wawancara guru PAI di SMPN 1 Deket. Hasilnya menunjukkan bahwa kecerdasan alam, ruang, sosial, dan pribadi merupakan tipe kecerdasan yang dominan pada Generasi Z (2011-2012) dan dapat disimpulkan bahawa revitalisasi kecerdasan majemuk dalam PAI tidak hanya relevan dengan kebutuhan pembelajaran abad ke-21, tetapi juga menjadi pendekatan strategis dalam membentuk karakter dan akhlak pada generasi muda secara holistik.
Referensi
Anwari. “Wawancara Tentang Implikasi Kecerdasan Majemuk Pada Pembelajaran PAI.” n.d.
Gardner, H. Kecerdasan Majemuk. Terjemahan Drs. Alexander Sindoro Dan Dr. Lyndon Saputra. Batam: Penerbit Interaksara, 2003.
Gardner, Howard. Kecerdasan Majemuk. Terjemahan Drs. Alexander Sindoro Dan Dr. Lyndon Saputra. Batam: Kaifa Learning, 2003.
———. Multiple Intelligences: The Theory in Practice. New York: Basic book, 1993.
Kaelan. Metode Penelitian Kualitatif Interdisipliner Bidang Sosial, Budaya, Filsafat, Seni, Agama, Dan Humaniora. Yogyakarta: Paradigma, 2012.
Lutfiani, Ninda, Fitra Putri Oganda, Farida Agustin, Qurotul Aini, and Untung Rahardja. “Desain Dan Metodologi Teknologi Blockchain Untuk Monitoring Manajemen Rantai Pasokan Makanan Yang Terdesentralisasi.” InfoTekJar : Jurnal Nasional Informatika Dan Teknologi Jaringan 5, no. 1 (2020): 18–25. https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/infotekjar/article/view/2517/pdf.
Mahfud, M, and R Rudianto. “Pendekatan Kecerdasan Majemuk Dalam Pembelajaran Agama Islam (Sebuah Inovasi Pendidikan Di SMA Al-Azhar Menganti Gresik).” Fatawa: Jurnal Pendidikan Agama Islam 2, no. 1 (2021).
Moleong. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset, 2017.
Muhtar. “‘Mengenal 6 Macam Generasi Di Indonesia Sesuai Tahun Lahir, Kamu Termasuk Yang Mana?’” 22 Mei 2023, n.d. https://uici.ac.id/mengenal-6-macam-generasi-di-indonesia-sesuai-tahun-lahir-kamu-termasuk-yang-mana/.
Raaniyah, Salma, Unang Wahidin, and Muhamad Priyatna. “Implementasi Pembelajaran Berbasis Information , Communication , and Technology ( ICT ) Dalam Memingkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Kelas VIII Di SMP Negeri 5 Bogor Tahun Ajaran 2020 / 2021.” Prosa PAI : Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam 3, no. 2 (2020): 1–12.
Ramayulis. Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kalam, 2015.
Sakitri, Galih. “Selamat Datang Gen Z , Sang Penggerak Inovasi.” Forum Manajemen Prasetiya Mulya 35, no. 2 (2021): 1–10.
Seknun, Faqih, and Mahatir Afandi Attamimi. “Implementasi Teori Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligences) Dalam Meningkatkan Kompetensi Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam.” Journal of Education and Culture 2, no. 2 (2022): 132–42. https://doi.org/10.58707/jec.v2i2.295.
Sinurat, James, Musnar Indra Daulay, Anggi Khairina Hanum Hasibuan, Eka Setiawati, Yeni Rahmawati, Fitri Mellani, Bayu Retno Widiastuti, et al. Pengembangan Moral & Keagamaan Anak Usia Dini. Edited by Aas Masruroh. Suparyanto Dan Rosad (2015. Vol. 5. Bandung: Widina Bhakti Persada, 2022.
Sit, Masganti, and Muhammad Shaleh Assingkily. “Persepsi Guru Tentang Social Distancing Pada Pendidikan AUD Era New Normal.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5, no. 2 (2020): 1009–23. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.756.
Sugiono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D, 2013.
Suradarma, Ida Bagus. “Revitalisasi Nilai-Nilai Moral Keagamaan Di Era Globalisasi Melalui Pendidikan Agama.” Dharmasmrti: Jurnal Ilmu Agama Dan Kebudayaan 18, no. 2 (2018): 50–58. https://doi.org/10.32795/ds.v9i2.146.
Syarifah, Syarifah. “Konsep Kecerdasan Majemuk Howard Gardner.” SUSTAINABLE: Jurnal Kajian Mutu Pendidikan 2, no. 2 (2019): 176–97. https://doi.org/10.32923/kjmp.v2i2.987.
Zuhairi. Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Bumi Aksara, 2009.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Pemberitahuan Hak Cipta
1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi (menyalin dan mendistribusikan kembali materi dalam media atau format apa pun), dan menyesuaikan (mencampur, mengubah, dan membangun di atas bahan) karya untuk tujuan apa pun, bahkan secara komersial dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
2. Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan awal publikasi dalam jurnal ini.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat Pengaruh Akses Terbuka).
