Analisis Kebijakan Penguatan Keagamaan Mahasiswa Baru: Studi Kasus di Universitas Sains Al-Qur'an Wonosobo.
DOI:
https://doi.org/10.32699/paramurobi.v8i1.8718Kata Kunci:
Pendidikan, Model, Pembelajaran, Kurikulum, PesantrenAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebijakan penguatan keagamaan mahasiswa baru di Universitas Sains Al-Qur'an (UNSIQ) Wonosobo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian lapangan untuk mendalami program penguatan keagamaan di UNSIQ. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UNSIQ telah menerapkan kebijakan penguatan keagamaan dengan tujuan menciptakan lingkungan akademik yang unggul secara ilmiah dan berlandaskan nilai-nilai keagamaan. Kebijakan ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan untuk memperkuat karakter spiritual mahasiswa, menciptakan suasana kampus yang harmonis, serta menumbuhkan kesadaran religius. Berbagai kegiatan dilaksanakan, seperti training Aswaja, kajian kitab kuning, praktik ibadah, mabit, serta kewajiban hafalan Juz 30 Al-Qur'an. Faktor-faktor yang mendukung keberhasilan kebijakan ini antara lain manajemen waktu yang baik, sosialisasi menyeluruh, program yang terintegrasi dengan kurikulum, adanya ruang aspirasi bagi mahasiswa, evaluasi kebijakan yang komprehensif, serta membangun hubungan interpersonal dengan pihak- pihak terkait. Meskipun terdapat beberapa kendala, UNSIQ tetap berkomitmen untuk memperkuat dimensi keagamaan mahasiswa baru sebagai bagian integral dari visi dan misi institusi.
Referensi
Alam, Lukis, ‘Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Perguruan Tinggi Umum Melalui Lembaga Dakwah Kampus’, Istawa: Jurnal Pendidikan Islam, 1.2 (2016), doi:10.24269/ijpi.v1i2.171
Anggraeni, Ratih, Soesilo Zauhar, and Siswidiyanto, ‘Evaluasi Kebijakan Publik (Evaluasi Terhadap Proses Pengadaan Anjungan Mandiri Kepegawaian Berdasarkan Perpres No. 54 Tahun 2010 Di Badan KepegawaianDaerah Kota Malang)’, Jurnal Administrasi Publik (JAP), 1.1 (2013)
Arifudin, Lis, ‘Integrasi Sains Dan Agama Serta Implikasinya Terhadap Pendidikan Islam’, LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 4.2 (2016)
Aziz, Yahya, ‘Penguatan Mata Kuliah Pendidikan Agama Islam Di Perguruan Tinggi’, Jurnal Sosial Humaniora, 4.2 (2011)
Daulay, Aidil Ridwan, and Salminawati, ‘Integrasi Ilmu Agama Dan Sains Terhadap Pendidikan Islam Di Era Modern’, Journal Of Social Research, 1.3 (2022) <https://ijsr.internationaljournallabs.com/index.php/ijsr/article/view/75%0Ahttps://ijsr.internationaljournallabs.com/index.php/ijsr/article/download/75/177>
Gea, Antonius Atosökhi, ‘Time Management: Menggunakan Waktu Secara Efektif Dan Efisien’, Humaniora, 5.2 (2014), doi:10.21512/humaniora.v5i2.3133
Hannan, Abd, ‘Penguatan Moderasi Beragama Di Madura Melalui Jejaring Sosial Keagamaan Pesantren’, ISLAMIKA INSIDE: Jurnal Keislaman Dan Humaniora, 8.1 (2022), doi:https://doi.org/10.35719/islamikainside.v8i1.175
Hefni, Wildani, ‘Moderasi Beragama Dalam Ruang Digital: Studi Pengarusutamaan Moderasi Beragama Di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri’, Jurnal Bimas Islam, 13.1 (2020), doi:10.37302/jbi.v13i1.182
Kadi, Titi, ‘Literasi Agama Dalam Memperkuat Pendidikan Multikulturalisme Di Perguruan Tinggi’, Jurnal Islam Nusantara, 4.1 (2020), doi:10.33852/jurnalin.v4i1.212
Lindriati, Siti, Irawan Suntoro, and Berchah Pitoewas, ‘Pengaruh Sosialisasi Dan Tingkat Pemahaman Masyarakat Terhadap Minat Pembuatan Akta Kematian Di Desa Purworejo’, Jurnal Kultur Demokrasi, 5.6 (2017)
Munif, Muhammad, and Hasan Baharun, ‘Perguruan Tinggi Berbasis Pesantren: Menggagas Interkoneksi Agama Dan Sains’, Jurnal Penelitian, 12.1 (2018), doi:10.21043/jp.v12i1.4928
Nugraheni, Agustina, ‘Aspirasi Masyarakat Tentang Pendidikan Di Kawasan Industri Bulu Mata Kabupaten Purbalingga’, Jurnal Kebijakan Pendidikan Edisi, 4.5 (2017)
Nurrachmah, Sitti, ‘Analisis Strategi Komunikasi Dalam Membangun Hubungan Interpersonal Yang Efektif’, Jurnal Inovasi Global, 2.2 (2024), doi:10.58344/jig.v2i2.60
Rahman, Fadli, and Hidayat Ma’ruf, ‘Penguatan Dan Pengembangan Pendidikan Islam Melalui Pendekatan Multidisipliner, Interdisipliner, Dan Transdisipliner’, Edugama: Jurnal Kependidikan Dan Sosial Keagamaan, 08.02 (2022), doi:10.32923/edugama.v8i2.2511
Ramdhan, Dadan F, and Hariman Surya Siregar, ‘Manajemen Mutu Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS)’, Jurnal Perspektif, 3.1 (2019), doi:10.15575/jp.v3i1.40
Rumangkit, Stefanus, and Jurnal Bisnis Darmajaya, ‘Pengaruh Sosialisasi Organisasi Pada Komitmen Afektif Yang Dimediasi Oleh Kesesuaian Nilai’, Jurnal Bisnis Darmajaya, 2.01 (2016)
Sarumaha, Aloma, ‘Penguatan Lembaga Pendidikan Tinggi Keagamaan: Penelitian Dosen PTAK’, Manajemen Pendidikan Islam, 9.3 (2018)
Shaleh, Shaleh, Elma Haryani, Deni Indrawan, Zaki Sima Fashimado, and Yan Suryo Sumirat, ‘Model Pengawasan Internal Dan Pemberdayaan Untuk Mendorong Penguatan Moderasi Beragama Di Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri’, EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 21.2 (2023), doi:10.32729/edukasi.v21i2.1685
Sulaiman, Rusydi, ‘Pendidikan (Agama) Islam Di Perguruan Tinggi: Tawaran Dimensi Esoterik Agama Untuk Penguatan SDM’, TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 10.2 (2015), doi:10.19105/tjpi.v10i2.818
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Pemberitahuan Hak Cipta
1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi (menyalin dan mendistribusikan kembali materi dalam media atau format apa pun), dan menyesuaikan (mencampur, mengubah, dan membangun di atas bahan) karya untuk tujuan apa pun, bahkan secara komersial dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
2. Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan awal publikasi dalam jurnal ini.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat Pengaruh Akses Terbuka).
