ANALISIS KEBIJAKAN DPPAI UII DALAM PENGUATAN NILAI KEAGAMAAN MAHASISWA BARU
DOI:
https://doi.org/10.32699/paramurobi.v8i1.8689Kata Kunci:
Kebijakan DPPAI, Nilai Keagamaan, Mahasiswa Baru, Moderasi Beragama, Karakter IslamiAbstrak
Penelitian ini bertujuan menganalisis kebijakan Direktorat Pembinaan dan Pendidikan Agama Islam (DPPAI) Universitas Islam Indonesia (UII) dalam memperkuat nilai-nilai keagamaan mahasiswa baru. Kebijakan ini diwujudkan melalui program-program seperti Orientasi Nilai Dasar Islam (ONDI), Pesantren Dasar Nilai Islam (PNDI), Pelatihan Kepemimpinan dan Dakwah (PKD), serta Pelatihan dan Pengembangan Diri (PPD), yang bertujuan membentuk karakter mahasiswa sesuai nilai-nilai Islam. Metode penelitian meliputi analisis dokumen, wawancara, dan observasi partisipatif untuk mengevaluasi efektivitas kebijakan dan program. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan ini berhasil meningkatkan pemahaman keagamaan mahasiswa serta mendorong mereka untuk lebih aktif dalam kegiatan keagamaan. Faktor pendukung keberhasilan meliputi kualitas tenaga pengajar, keterlibatan mahasiswa, evaluasi berkelanjutan, dan dukungan dari pihak universitas serta masyarakat. Kebijakan ini menciptakan dampak positif terhadap pembentukan karakter mahasiswa yang religius, toleran, dan berkontribusi pada masyarakat. Dengan evaluasi dan adaptasi yang terus dilakukan, program DPPAI diharapkan mampu menjawab tantangan zaman dan menghasilkan generasi muda yang memiliki integritas serta jiwa kepemimpinan berbasis nilai-nilai Islam.
Referensi
Adi Suryanto, Abdul Gafur, FX. Sudarsono. “Model Evaluasi Program Tutorial Tatap Muka.” urnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan MODEL 17, no. 2 (2013): 198–214.
Ahsanulkhaq, Moh. “Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan.” Jurnal Prakarsa Paedagogia 2, no. 1 (2019). https://doi.org/10.24176/jpp.v2i1.4312.
Albantani, Azkia Muharom. “Kajian Historis Pengembangan Pendidikan Islam Di Indonesia.” Fikrah Journal of Islamic Education, 2017. https://doi.org/10.32507/fikrah.v1i2.1.
Ardiansari, Bina Fitriah, dan Dimyati Dimyati. “Identifikasi Nilai Agama Islam Pada Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2021. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.926.
Arpianti, Devi, Jusmawati Jusmawati, Abdul Malik Iskandar, dan R. Supardi. “Profil Pelajar Pancasila Berbasis Kurikulum Merdeka Untuk Membentuk Karakter Gotong Royong Peserta Didik.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 8, no. 4 (2023): 2566–72. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i4.1403.
Aziz, Asep Abdul, Rida Nurfarida, Nurti Budiyanti, dan Qiqi Yuliati Zakiah. “Model Analisis Kebijakan Pendidikan.” Tapis Jurnal Penelitian Ilmiah, 2020. https://doi.org/10.32332/tapis.v4i2.2575.
Benedick, Morris, Samuel Herman, Abraham Rendy Hermawan, Grace Gunawan, Ivan Ferianto, dan Ferry Simanjuntak. “Perintisan Ibadah Teens: Menjangkau Generasi Muda Masa Kini di GBI Sukawarna Cabang Harris.” Devotion: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1, no. 1 (2023): 10–21. https://doi.org/10.62282/devotion.v1i1.10-21.
Farida, Ratna, Amru Alba, Rudi Kurniawan, dan Zamzami Zainuddin. “Pengembangan Model Pembelajaran Flipped Classroom Dengan Taksonomi Bloom Pada Mata Kuliah Sistem Politik Indonesia.” Jurnal Kwangsan, 2019. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n2.p104–122.
Fathaniyah, Lidia, dan M Makhrus. “Peran Organisasi Pengelola Zakat dalam Pemberdayaan Masyarakat di Kabupaten Banyumas.” Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam 8, no. 1 (2022): 632. https://doi.org/10.29040/jiei.v8i1.4430.
Frimayanti, Ade Imelda. “Implementasi Pendidikan Nilai Dalam Pendidikan Agama Islam [Implementation of Values Education in Islamic Religious Education].” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 8, no. 2 (2017): Hal. 240.
Hafidz, Nur, Kasmiati Kasmiati, dan Raden Rachmy Diana. “Pembiasaan Nilai-Nilai Keagamaan dalam Mengasah Kecerdasan Spiritual Anak.” Aulad: Journal on Early Childhood 5, no. 1 (2022): 182–92. https://doi.org/10.31004/aulad.v5i1.310.
Hatami, Wisnu, dan Muhamad Haikal Palkih. “Makna Moderasi Beragama Dalam Perspektif Pendidikan Kewarganegaraan.” Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 2024. https://doi.org/10.24269/jpk.v9.n2.2024.pp103-112.
Heni Maryani, Ade, dan Dyah Wulandari. “Penyusunan Materi Kegiatan Pengajaran Sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Keagamaan Masyarakat di Majlis Taklim Nurul Yaqin di Desa Cibening.” Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Bina Darma 2, no. 3 (2022): 209–23. https://doi.org/10.33557/pengabdian.v2i3.1948.
Imelda, Ade. “Implementasi Pendidikan Nilai Dalam Pendidikan Agama Islam.” Al-Tadzkiyyah Jurnal Pendidikan Islam, 2018. https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i2.2128.
Ismail, Shalahudin, dan Qiqi Yuliati Zakiah , Suhana Suhana. “Analisis Kebijakan Program Penguatan Pendidikan Karakter.” Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial 2, no. 1 (2021): 76–84. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v2i4.469.
Ixfina, Ficky Dewi, dan Soleha. “Penanaman Pendidikan Karakter Religius di Lembaga Pendidikan MI Nurul Yaqin Surabaya.” Tarsib: Jurnal Program Studi PGMI 1, no. 1 (2023): 24–30. https://doi.org/10.61181/tarsib.v1i1.375.
Jafri, Jafri. “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Pemahaman Keagamaan Siswa.” Al-Liqo Jurnal Pendidikan Islam, 2021. https://doi.org/10.46963/alliqo.v6i1.331.
Kementrian Hukum dan HAM. “UU RI No. 12/2012 tentang Pendidikan Tinggi.” Undang Undang, 2012, 18.
Khadavi, Muhammad Jadid, Akhmad Syahri, Nuryami Nuryami, dan Supandi Supandi. “Revitalisasi Nilai Religiusitas Mahasiswa Melalui Pembelajaran Al Islam Dan Kemuhammadiyahan Di Stai Muhammadiyah Probolinggo.” Al-Ulum Jurnal Pemikiran dan Penelitian ke Islaman 11, no. 2 (2024): 192–205. https://doi.org/10.31102/alulum.11.2.2024.192-205.
Marsari, Henni, Sunita Hairani, dan Nurhizrah Gistituati. “Model Perumusan Kebijakan Pendidikan.” Jrti (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 2021. https://doi.org/10.29210/3003908000.
Maulidah, Nazula Indana, Bima Fandi Asy’arie, Esa Nurwahyuni, dan Sulalah Sulalah. “Analisis Kebijakan Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dan Madrasah: Dampaknya Terhadap Pemahaman Agama, Nilai Moral, Psikologi Dan Sosial.” Jiip - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 2024. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i1.3215.
Meswantri, Yusvi Diana, dan Yulasmi. “Analisis Kualitas Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kota Padang.” Jurnal Informatika Ekonomi Bisnis, 2024. https://doi.org/10.37034/infeb.v6i2.862.
Mia, Yeni Gusmiati, dan Sulastri Sulastri. “Analisis Kompetensi Profesional Guru.” Journal of Practice Learning and Educational Development 3, no. 1 (2023): 49–55. https://doi.org/10.58737/jpled.v3i1.93.
Murtadlo, Muhamad. “Pendidikan Moderasi Beragama: Membangun Harmoni, Memajukan Negeri,” 2021. https://doi.org/10.31219/osf.io/3mr5s.
NAFA, YORDAN, Moh. Sutomo, dan Mashudi Mashudi. “Wawasan Moderasi Beragama Dalam Pengembangan Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Edupedia Jurnal Studi Pendidikan Dan Pedagogi Islam, 2022. https://doi.org/10.35316/edupedia.v7i1.1942.
Nopriansyah, Waldi, dan Moh. Faizal. “Penguatan Pemahaman Agama Dalam Menangkal Pemahaman Radikalisme, Ekstrimisme Dan Jihadi Di Perguruan Tinggi.” Akm Aksi Kepada Masyarakat, 2023. https://doi.org/10.36908/akm.v4i1.767.
Nurlaelah. “UPAYA SEKOLAH DALAM PENGUATAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN.” DE_JOURNAL (Dharmas Education Journal) 4, no. 2 (2023): 385–92.
Nuwa, Gisela, Teresia Avila, dan Petrus Kpalet. “Kepemimpinan Kepala Sekolah Berbasis Nilai Kearifan Lokal Etnik Sikka Krowe Di Kabupaten Sikka.” Paidea : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia 3, no. 2 (2023): 45–51. https://doi.org/10.56393/paidea.v2i3.924.
Oktavia, Linda Sari, Nurhidayati Nurhidayati, dan Nurhizrah Gistituati. “Kebijakan Pendidikan: Kerangka, Proses Dan Strategi.” Jrti (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 2021. https://doi.org/10.29210/3003909000.
“Peraturan-Rektor-tentang-SKP-dan-Aktivitas-Kemahasiswaan.pdf,” t.t.
Putri, Nenti Annisa, Ayi Sobarna, dan Huriah Rachmah. “Implementasi Ketentuan Menutup Aurat di Universitas Islam Bandung.” Bandung Conference Series: Islamic Education 3, no. 1 (2023): 229–39. https://doi.org/10.29313/bcsied.v3i1.6865.
Raikhan, dan Moh. Nasrul Amin. “Penguatan moderasi beragama: Revitalisasi guru dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di madrasah.” Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M) 4, no. 3 (2023): 629–43. https://doi.org/10.33474/jp2m.v4i3.20917.
Samsirin, Samsirin, Syarifah Syarifah, Siti Ane Barkah, dan Aisyah Rahma Elfani. “Improvisasi Peran Guru Pendidikan Agama Islam Melalui Ekstrakurikuler Di Madrasah Ibtidaiyyah Nurussalam Mantingan Ngawi Jawa Timur.” Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 2023. https://doi.org/10.32923/kjmp.v6i1.3632.
Saugi, Wildan, Suratman Suratman, dan Kurniati Fauziah. “Kepemimpinan Kiai Di Pesantren Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.” Pusaka 10, no. 1 (2022): 153–71. https://doi.org/10.31969/pusaka.v10i1.671.
Subianto, Jito. “Peran Keluarga, Sekolah, Dan Masyarakat Dalam Pembentukan Karakter Berkualitas.” Edukasia Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 2013. https://doi.org/10.21043/edukasia.v8i2.757.
Sumiati, Teti. “Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (Pkb) Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Keprofesian.” Jurnal Tahsinia 4, no. 1 (2023): 1–11. https://doi.org/10.57171/jt.v4i1.356.
Suswandy, Sobali, dan Fazrian Thursina. “Meningkatkan Antusiasme Masyarakat dalam Kegiatan Keagamaan.” Jurnal Pengabdian West Science 2, no. 08 (2023): 652–60. https://doi.org/10.58812/jpws.v2i08.567.
Telaumbanua, Arozatulo. “Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membentuk Karakter Siswa.” Fidei Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika, 2018. https://doi.org/10.34081/fidei.v1i2.9.
Utami, Diana, Rahmi Susanti, dan Meilinda. “Implementasi Bhinneka Tunggal Ika Dan Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Identitas Manusia Indonesia Di Sekolah.” Jurnal Pengabdian West Science 2, no. 01 (2023): 14–24. https://doi.org/10.58812/jpws.v2i01.130.
Wahidah, Wahidah, dan Mahyiddin Mahyiddin. “Peran Organisasi Kemahasiswaan Dalam Pembinaan Karakter Masyarakat.” Al-Ikhtibar Jurnal Ilmu Pendidikan, 2024. https://doi.org/10.32505/ikhtibar.v10i2.7641.
Wahyuningsih, Septi, dan M Makhrus. “Pengelolaan Zakat Produktif dalam Pengentasan Kemiskinan di Kabupaten Banyumas.” Jurnal Hukum Ekonomi Syariah 2, no. 2 (2019): 179. https://doi.org/10.30595/jhes.v2i2.5720.
Widyasari, Widyasari, Arita Marini, Rusi Rusmiati Aliyyah, Awaludin Abdul Gafar, dan Ruhimat Ruhimat.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Pemberitahuan Hak Cipta
1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi (menyalin dan mendistribusikan kembali materi dalam media atau format apa pun), dan menyesuaikan (mencampur, mengubah, dan membangun di atas bahan) karya untuk tujuan apa pun, bahkan secara komersial dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
2. Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan awal publikasi dalam jurnal ini.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat Pengaruh Akses Terbuka).
