ANALISIS KOMPARATIF ETIKA PROFESI GURU PERSPEKTIF AL-GHOZALI DAN HASYIM ASY’ARI
DOI:
https://doi.org/10.32699/paramurobi.v8i1.8223Kata Kunci:
Etika, Guru, Al Ghozali, Hasyim Asy’ariAbstrak
Mutu pendidikan yang menurun serta krisis moral di kalangan guru dan murid menjadi permasalahan serius dalam dunia pendidikan saat ini. Salah satu penyebab utama krisis tersebut adalah pudarnya etika sebagai fondasi nilai dan norma yang seharusnya menjadi pegangan dalam menjalankan profesi pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan menganalisis etika profesi guru berdasarkan perspektif dua tokoh besar, yaitu Al-Imam Al-Ghazali dalam Ihya Ulumuddin dan KH. M. Hasyim Asy’ari dalam Adab al-‘Alim wa al-Muta’allim, melalui pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan (library research). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui telaah buku-buku primer, jurnal, serta literatur relevan lainnya, kemudian dianalisis menggunakan metode analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menurut Al-Ghazali, guru harus mengasihi murid, meneladani akhlak Rasulullah SAW, serta mengajar dengan niat ikhlas demi meraih rida Allah SWT. Murid pun dituntut menyucikan jiwa dari akhlak tercela dan mencari ilmu demi Allah. Sementara itu, menurut Hasyim Asy’ari, profesi guru sarat nilai ibadah sehingga menuntut tanggung jawab profesional yang tinggi, baik terhadap dirinya sendiri, murid, maupun kepada Tuhan. Etika ini menjadi landasan penting dalam membangun kembali moral pendidikan Islam.
Referensi
Fauzi, Imron. Etika Profesi Keguruan. Edited by Khairul Umam. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents. Agustus 20. Vol. 3. Jember: IAIN Jember Press, 2018.
Hawa, Sa’id. Ikhtishar Ihya Ulumuddin Al-Ghazali. Jakarta: Robbani Press, 2020.
Ikbal, Panji Alam Muhamad. “Manajemen Pengembangan Kompetensi Profesional Guru.” Jurnal Isema : Islamic Educational Management 3, no. 1 (2018): 65–75. https://doi.org/10.15575/isema.v3i1.3283.
Ikhsanuddin, Muhammad, and Amrulloh Amrulloh. “Etika Guru Dan Murid Perspektif KH. Hasyim Asy’ari Dan Undang-Undang Guru Dan Dosen.” Jurnal Pendidikan Islam 3, no. 2 (2019): 331–55.
Juanda, Anda. “Buku Etika Profesi Keguruan 07,” n.d.
Kholil, Mohamad. “Kode Etik Guru Dalam Pemikiran, KH Hasyim Asy’ari.” Risalah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 1, no. 1 (2015): 31–42.
Kurniawati, Indriani, Wina Silvya, and Herlini Puspika Sari. “Pemikiran Al-Ghazali Tentang Filsafat Pendidikan Islam Dan Pembentukan Karakter : Relevansinya Untuk Masyarakat.” Tawshiyah: Jurnal Sosial Keagaman Dan Pendidikan Islam 18, no. 2 (2023): 57–72. https://doi.org/10.32923/taw.v18i2.4014.
Marzuki. “Intergating Character Education in the Teaching and Learning at School.” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2, no. 1 (2021): 33–44.
Mas Ning Zahroh. “Evaluasi Kinerja Guru Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di Yayasan Al Kenaniyah Jakarta Timur.” Visipena Journal 8, no. 2 (2017): 210–20. https://doi.org/10.46244/visipena.v8i2.403.
Nisa, Anisa Nur Fadilah Sabrina, Khoirutin Niswah, and Yunus. “Pemikiran Filsafat Pendidikan Islam Imam Al-Ghazali.” Proceedings of Islamic Education 1, no. 1 (2023): 342–46.
Nur, Syamsiah, and Mardiah Mardiah. “Pentingnya Profesionalisme Guru Dalam Pendidikan.” Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam 5, no. 02 (2020): 215–28. https://doi.org/10.46963/alliqo.v5i02.245.
Nurul Faizah, Ahmad Zuhdi, Muhammad Yusuf Amin Nugroho. “Konsep Etika Guru Dan Murid Dalam Islam Menurut Al-Ghazali Dalam Kitab Ihya Ulumuddin.” Jurnal Al-Qalam 23, no. 1 (2022): 60–66.
Puspawati, Dera. “Pemikiran Al-Ghazali Tentang Pendidikan Akhlak Bagi Anak Usia Dini Perspektif Perenialisme.” Educational Journal of Islamic Management. Information Technology and Science (ITScience), 2021. https://doi.org/10.47709/ejim.v1i1.1113.
Rozak, Abdul. “Kebijakan Pendidikan Di Indonesia.” Alim: Journal of Islamic Educatioan 3, no. 2 (2021): 6.
Sidiq, Umar. Etika Dan Profesi Keguruan. STAI Muhammadiyah Tulungagung. Vol. 53, 2018.
Subakri, Subakri. “Peran Guru Dalam Pandangan Al-Ghazali.” Jurnal Pendidikan Guru 1, no. 2 (2020): 63–75. https://doi.org/10.47783/jurpendigu.v1i2.165.
Undang-undang RI. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (2003).
Usman. “Keterampilan Pendidik Mengkombinasikan Metode Dalam Pembelajaran Pendidkikan Agama Islam.” Al-Ihda’ : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran. Sekolah Tinggi Agama Islam Nurul Falah Airmolek, 2022. https://doi.org/10.55558/alihda.v14i2.28.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Pemberitahuan Hak Cipta
1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi (menyalin dan mendistribusikan kembali materi dalam media atau format apa pun), dan menyesuaikan (mencampur, mengubah, dan membangun di atas bahan) karya untuk tujuan apa pun, bahkan secara komersial dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
2. Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan awal publikasi dalam jurnal ini.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat Pengaruh Akses Terbuka).
