KONTRIBUSI MUHAMMAD AL-FATIH DALAM MENINGKATKAN ILMU MELALUI PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM DI TURKI

Kontribusi Muhammad Al-Fatih Dalam Meningkatkan Ilmu Melalui Pengembangan Pendidikan Islam Di Turki

Penulis

  • Siti Fatmawati Kumala Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang ##default.groups.name.author##
  • Anis Maslihah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang ##default.groups.name.author##
  • Imron Rossidy ##default.groups.name.author##

DOI:

https://doi.org/10.32699/paramurobi.v7i2.7368

Kata Kunci:

Muhammad Al-Fatih, Islamic Education,Ottoman Turkey.

Abstrak

Tujuan dari artikel ini untuk mengetahui sejauh mana kontribusi Sultan Muhammad Al-Fatih dalam meningkatkan ilmu melalui pengembangan pendidikan Islam di  Turki, ditinjau dari aspek historis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif adapun proses pengumpulan data dilakukan dengan metode studi kepustakaan (library research). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kontribusi Sultan Muhammad Al-Fatih dalam meningkatkan ilmu melalui pengembangan pendidikan Islam di Turki dapat dilihat dari upaya pendirian akademi dan sekolah, seperti penggunaan Masjid Ayashofia dan Zeyrek sebagai pusat pendidikan Islam pertama di Konstantinopel (Istanbul,Turki). Kemudian ia mengembangkan Darul Funun yang kini menjadi cikal bakal Istanbul university. Selain itu juga Sultan Muhammad Al-Fatih membangun beberapa lembaga pendidikan diantaranya yaitu Madrasah Miftah, Madrasah Kirkha, Madrasah Ellili, Madrasah Sahn-I, Madrasah Altmish. Madrasah Hasiye-I Tecrid, Madrasah Zeyrek, Madrasah Tetimme, Madrasah Otuzlu, Madrasah Ibtidayah Haric, Madrasah Darull hadis, Madrasah Darulsyifa, Madrasah Eyup, Madrasah Mektep.

Referensi

Afriyanto, Dwi. “Relevansi Kepemimpinan MuhammadAl-Fatih Dengan” 2, no. 1 (2022): 67–81.
Ariandi, Ricci. “Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Religius Dalam Buku MuhammadAl-Fatih 1453 Karya Felix Y Siauw,” 2022, 1–57.
Basri UIN Sultan Syarif Kasim, Hasan, and Muslim Afandi UIN Sultan Syarif Kasim. “Konsep Nilai Pendidikan Islam MuhammadAl-Fatih: Systematic Literature Review.” Jurnal Ilmu Pendidikan Islam 19 (2023): 48–58.
Farih, Imam, Munzir Hitami, and Abu Anwar. “Konsep Ilmu Hakikat Ilmu.” Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan 18, no. 2 (2021): 101–13. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.304.
Fitriana, Fita Nur, Monika Putri, Nanda Devi Nurhayati, and Syifa Muhanditsah. “Kejayaan MuhammadAl-Fatih Dalam Menaklukan Konstantinopel Tahun 1453 Masehi.” Jurnal Nusantara Hasanah 02, no. 02 (2022).
Khaerul Farhan. “Nilai-Nilai Pendidikan Kepemimpinan Islam Pada Sejarah MuhammadAl-Fatih,” 2022, 88. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/61845/1/11170110000056_Khaerul Farhan_Watermark.pdf.
Mashail, Amaliah. “Penaklukan Konstatinopel Oleh MuhammadAl-Fatih Dalam Film Battle of Empires Fetih 1453 ( Analisis Naratif Tzvetan Todorov )” 1453 (2020): 113.
Nurdin, Fauziah. “Pengaruh Hadis Dan Kekuatan Spiritual Terhadap Sultan MuhammadAl-Fatih Dalam Penaklukan Konstantinopel.” Jurnal Ilmiah Al-Mu’ashirah 19, no. 2 (2022): 198. https://doi.org/10.22373/jim.v19i2.14285.
Priyadi, Yusuf. “Kontribusi MuhammadAl-Fatih (1429-1481 M) Pada Pendidikan Islam Di Pemerintahan Turki Utsmani.” UIN Raden Intan Lampung, 2017.
Ridwan, Muannif, Ahmad Syukri, and B Badarussyamsi. “Studi Analisis Tentang Makna Pengetahuan Dan Ilmu Pengetahuan Serta Jenis Dan Sumbernya.” Jurnal Geuthèë: Penelitian Multidisiplin 4, no. 1 (April 30, 2021): 31. https://doi.org/10.52626/jg.v4i1.96.
Ridwan, Muhammad, and Nurhasanah Bakhtiar. “Nilai -Nilai Pendidikan Dan Dakwah MuhammadAl-Fatih Sebagai Penakluk Konstantinopel.” Wardah 21, no. 1 (2020): 50–65. https://doi.org/10.19109/wardah.v21i1.5824.
Risnayanti, A., A. Nurkidam, and Musyarif. “Strategi Sultan MuhammadII Al Fatih Dalam Penaklukan Konstantinopel Tahun 1451-1481 M.” CARITA:Jurnal Sejarah Dan Budaya, 2022, 19–32.
Rulianto, Rulianto, and Altin Dokopati. “Pengaruh Penaklukan Konstantinopel Terhadap Kemajuan Turki Usmani Tahun 1453 ( Kajian Politik Ekspansi Sultan MuhammadAl-Fatih).” SINDANG: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Kajian Sejarah 3, no. 1 (2020): 62–68. https://doi.org/10.31540/sindang.v3i1.1063.
Saputra, Hari. “Strategi Dakwah Sultan MuhammadAl-Fatih Dalam Menaklukkan Konstantinopel.” UIN Raden Intan Lampung, 2018.
Sudaryanto, Sudaryanto. “Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Kelima Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia (Perspektif Filsafat Pendidikan Bahasa).” Lateralisasi 8, no. 2 (January 29, 2021): 92–99. https://doi.org/10.36085/lateralisasi.v8i2.1210.
Supriatna, Eman. “Islam Dan Ilmu Pengetahuan.” Jurnal Soshum Insentif, April 4, 2019, 128–35. https://doi.org/10.36787/jsi.v2i1.106.

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-09

Cara Mengutip

“KONTRIBUSI MUHAMMAD AL-FATIH DALAM MENINGKATKAN ILMU MELALUI PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM DI TURKI: Kontribusi Muhammad Al-Fatih Dalam Meningkatkan Ilmu Melalui Pengembangan Pendidikan Islam Di Turki”. 2024. PARAMUROBI: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM 7 (2): 74-87. https://doi.org/10.32699/paramurobi.v7i2.7368.