KEPEMIMPINAN VISIONER DALAM PENINGKATAN MUTU SEKOLAH
DOI:
https://doi.org/10.32699/paramurobi.v7i1.7114Kata Kunci:
kepemimpinan visioner, mutu pendidikanAbstrak
Artikel ini bertujuan untuk mengeksplorasi dampak dari Kepemimpinan Visioner terhadap Kualitas Sekolah. Pendekatan penelitian dilakukan melalui tinjauan literatur, dengan fokus pada penelusuran sumber-sumber data terkait di Google Scholar yang membahas pengaruh Kepemimpinan Visioner terhadap kualitas sekolah. Hasil dari tinjauan literatur menunjukkan bahwa tipe kepemimpinan ini memiliki peran yang sangat penting bagi pemimpin sekolah masa kini. Karakteristik-karakteristik yang terkait dengan kepemimpinan visioner mencerminkan kemampuan seorang pemimpin untuk menjadi agen perubahan dan memiliki visi yang jelas mengenai arah yang diinginkan oleh organisasi. Dalam konteks ini, kepemimpinan visioner diidentifikasi sebagai sumber inspirasi untuk mengarahkan perubahan dan memperkuat kualitas sekolah. Hal ini mengisyaratkan bahwa pemimpin dengan gaya kepemimpinan visioner tidak hanya memiliki kemampuan untuk mempengaruhi proses pembelajaran di sekolah, tetapi juga mampu membawa dampak positif yang signifikan terhadap keseluruhan kualitas pendidikan yang diberikan.
Referensi
Halimah, Siti, Ima Rahmawati, and Hana Lestari. “Hubungan Kepemimpinan Visioner Terhadap Mutu Layanan Sekolah Di SMPN Satu Atap 01 Nanggung Bogor.” Jurnal Dirosah Islamiyah 4, no. 3 (2022): 349–59.
LAODE, INTAMI. “Pengaruh Peran Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di SD Negeri Ngaliyan 01,” n.d.
Lubis, Saepudin. “PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN VISIONER KEPALA SEKOLAH DAN KOMPETENSI GURU TERHADAP PENINGKATAN MUTU SEKOLAH DIMEDIASI OLEH LINGKUNGAN SEKOLAH PADA SMK TARUNA KARYA MANDIRI KABUPATEN KARAWANG,” n.d.
Mardizal, Jonni, and Nizwardi Jalinus. Manajemen Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Kejuruan. Jonni Mardizal, 2023.
Mukti, Nur. “Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah.” Jurnal Kependidikan 6, no. 1 (2018): 71–90.
Pahruroji, Samsul Aripin, and Mulyawan Safwandy Nugraha. “HUMAN RESOURCES MANAGEMENT IN AN ISLAMIC PERSPECTIVE: A REVIEW OF THE QUR’AN.” JOURNAL OF HUMANITIES AND SOCIAL STUDIES 1, no. 02 (2023): 508–25.
———. “HUMAN RESOURCES MANAGEMENT IN AN ISLAMIC PERSPECTIVE: A REVIEW OF THE QUR’AN.” JOURNAL OF HUMANITIES AND SOCIAL STUDIES 1, no. 02 (2023): 508–25.
Pasaribu, Asbin. “Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Pencapaian Tujuan Pendidikan Nasional Di Madrasah.” EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial 3, no. 1 (2017).
Purwanto, Rati. “Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah Terhadap Mutu Dan Kualitas Sekolah Di SD Negeri Soko.” Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia 1, no. 4 (2021): 151–60.
Riswanto, Ari, R Rasto, H Hendrayati, M Saparudin, A Abidin, and A Eka. “The Role of Innovativeness-Based Market Orientation on Marketing Performance of Small and Medium-Sized Enterprises in a Developing Country.” Management Science Letters 10, no. 9 (2020): 1947–52.
Safariya, Ning, Lita Latiana, and Tri Suminar. “Pengaruh Kompetensi Kewirausahaan Dan Kepemimpinan Visioner Kepala Taman Kanak-Kanak (TK) Terhadap Mutu.” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6, no. 6 (2022): 6850–62.
Santika, I Gusti Ngurah. “Kepala Sekolah Dalam Konsep Kepemimpinan Pendidikan: Suatu Kajian Teoritis.” Widya Accarya 7, no. 1 (2017).
SUHARDIMAN, SUHARDIMAN. “UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI KERJA GURU DENGAN MENERAPKAN MODEL KEPEMIMPINAN VISIONER KEPALA SEKOLAH PADA MIN 4 BATANG HARI.” MANAJERIAL: Jurnal Inovasi Manajemen Dan Supervisi Pendidikan 3, no. 1 (2023): 1–7.
Ulpah, Maria, Ani Agustini, Luda Sofiah, and Basrowi Basrowi. “Pengaruh Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah Dan Kinerja Guru Terhadap Mutu Pendidikan.” Journal on Teacher Education 4, no. 3 (2023): 521–31.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Pemberitahuan Hak Cipta
1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi (menyalin dan mendistribusikan kembali materi dalam media atau format apa pun), dan menyesuaikan (mencampur, mengubah, dan membangun di atas bahan) karya untuk tujuan apa pun, bahkan secara komersial dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
2. Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan awal publikasi dalam jurnal ini.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat Pengaruh Akses Terbuka).
