KEPEMIMPINAN INSTRUKSIONAL DALAM KOMITMEN ORGANISASI GURU

Penulis

  • Meily Rosmayanti Magister Administrasi Pendidikan, Universitas Lampung, Lampung ##default.groups.name.author##

DOI:

https://doi.org/10.32699/paramurobi.v7i1.7113

Kata Kunci:

kepemimpinan kepala sekolah, kepemimpinan instruksional, komitmen guru

Abstrak

Praktik kepemimpinan instruksional memiliki dampak yang signifikan terhadap komitmen organisasi guru. Tinjauan literatur terkait pengaruh praktik kepemimpinan instruksional dari tahun 2019 hingga 2024 belum dilakukan secara menyeluruh, terutama di Malaysia, Indonesia, Pakistan, dan Thailand. Penelitian ini menggunakan pendekatan tinjauan literatur, dengan meneliti artikel-artikel jurnal yang menyelidiki pengaruh kepemimpinan instruksional kepala sekolah terhadap komitmen organisasi guru. Setelah menerapkan kriteria yang telah ditetapkan, 14 artikel dari jurnal nasional dan internasional dipilih karena memenuhi kriteria yang ditetapkan dan dimasukkan ke dalam tinjauan. Hasil tinjauan literatur menunjukkan bahwa kepemimpinan instruksional memiliki dampak positif yang secara signifikan berpengaruh terhadap komitmen organisasi guru di berbagai negara Asia. Artikel ini memiliki nilai teoritis yang penting karena menggali pengaruh kepemimpinan instruksional kepala sekolah terhadap komitmen organisasi guru untuk meningkatkan pemahaman. Selain itu, artikel ini dapat dijadikan referensi untuk penelitian selanjutnya.

Referensi

Amin, Dayangku Rodzianah Awangku, and Mohd Izham Mohd Hamzah. “Tahap Amalan Kepimpinan Instruksional Guru Besar Dan Hubungannya Dengan Tahap Komitmen Guru.” Malaysian Journal of Social Sciences and Humanities (MJSSH) 6, no. 2 (2021): 135–51.

Ariansyah, Nopi. “The Relationship Between Instructional Leadership and Teacher Commitment to Organizational Climate and Teacher Job Satisfaction at TK Strawberry Banjarmasin Utara.” Journal of K6 Education and Management 4, no. 3 (2021): 319–30.

Day, Christopher, Pam Sammons, and Kristine Gorgen. “Successful School Leadership.” Education Development Trust, 2020.

Efendi, Nur, and Muh Ibnu Sholeh. “Manajemen Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran.” Academicus: Journal of Teaching and Learning 2, no. 2 (2023): 68–85.

Febriana, Rina, M Pd, Nisa Amalia Kholifah, Santi Mahmuda Urbaningkrum, and Dzaky Fauzan Abid. “Manajerial Kepala Sekolah,” n.d.

Gawlik, Marytza. “Instructional Leadership and the Charter School Principal.” School Leadership & Management 38, no. 5 (2018): 539–65.

Hallinger, Philip, Sedat Gümüş, and Mehmet Şükrü Bellibaş. “’Are Principals Instructional Leaders yet?’A Science Map of the Knowledge Base on Instructional Leadership, 1940–2018.” Scientometrics 122, no. 3 (2020): 1629–50.

Harahap, Maya Elizah, and Ahmad Suriansyah. “Relationship of Instructional Leadership, Organizational Climate and Teacher’s Commitment to Job Satisfaction.” Journal of K6 Education and Management 2, no. 4 (2019): 260–70.

Herlina, Herlina, Zulkarnaini Zulkarnaini, and Murni Baheram. “Pengaruh Budaya Organisasi, Kepuasan Kerja Dan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Komitmen Kerja Guru MAN 1 Dan Man 2 Pekanbaru.” Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan) 8, no. 2 (2020): 123–38.

Hung, Teoh Pei, and Norazah Mohd Nordin. “Amalan Kepimpinan Instruksional Guru Besar Dan Hubungannya Dengan Tahap Komitmen Guru Di Daerah Barat Daya.” Malaysian Journal of Social Sciences and Humanities (MJSSH) 8, no. 4 (2023): e002237–e002237.

Husnah, Asmaul, Edi Harapan, and Rohana Rohana. “Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Budaya Organisasi Terhadap Komitmen Guru Dalam Melaksanakan Tugas.” Jurnal Manajemen Pendidikan: Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen Dan Kepemimpinan Pendidikan 3, no. 1 (2021): 19–30.

Latif, Zeba, and Zahida Habib. “Relationship between Instructional Leadership Practices and Organizational Commitment of Teachers at Secondary School Level in Lahore Districts.” Journal of Educational Research and Social Sciences Review (JERSSR) 1, no. 4 (2021): 12–19.

Mohamad Zaki, Mazlan bin. “Instructional Leadership and The Commitment of School Organizations,” 2022.

Niemted, Wuttichai. “The Effects of Principal Instructional Leadership on Teacher Commitment in Private Primary Green Schools in Indonesia.” Elementary Education Online 20, no. 5 (2021): 5772–78.

Pranitasari, Diah. “The Influence of Effective Leadership and Organizational Trust to Teacher’s Work Motivation and Organizational Commitment.” Media Ekonomi Dan Manajemen 35, no. 1 (2020): 75–91.

Selvadurai, Anusha, and Azlin Norhaini Mansor. “Kertas Kajian: Kepimpinan Instruksional Guru Besar Dan Komitmen Guru Di Zon Mantin, Negeri Sembilan,” 30–37, 2021.

Sugandi, Budy, Endale Tadesse, and Nabila Ghassani. “A Correlation Study between Principals’ Instructional Leadership Practice and Teachers’ Organizational Commitment in Yogyakarta Province, Indonesia.” International Journal of Scientific & Technology Research 10, no. 06 (2021): 77–93.

Sukarmin, Sukarmin, and Ishak Sin. “The Influence of Principal Instructional Leadership Behaviour on the Organisational Commitment of Junior High School Teachers in Surakarta.” Malaysian Journal of Learning and Instruction (MJLI) 19, no. 2 (2022): 69–95.

Sunarsi, Denok, Nani Rohaeni, Retno Wulansari, Jeni Andriani, Ade Muslimat, Zackharia Rialmi, Endang Kustini, Lily Setyawati Kristianti, Dian Rostikawati, and Aidil Amin Effendy. “Effect of E-Leadership Style, Organizational Commitment and Service Quality towards Indonesian School Performance.” Syst. Rev. Pharm 11, no. 10 (2020): 472–81.

Supriani, Yuli, Rahman Tanjung, Annisa Mayasari, and Opan Arifudin. “Peran Manajemen Kepemimpinan Dalam Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam.” JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 5, no. 1 (2022): 332–38.

Unyit, Aking Anak, and Mohd Izham Mohd Hamzah. “Amalan Kepimpinan Instruksional Guru Besar Dengan Komitmen Guru Sekolah Rendah Di Daerah Kapit.” Malaysian Journal of Social Sciences and Humanities (MJSSH) 8, no. 4 (2023): e002161–e002161.

Van Waeyenberg, Thomas, Riccardo Peccei, and Adelien Decramer. “Performance Management and Teacher Performance: The Role of Affective Organizational Commitment and Exhaustion.” The International Journal of Human Resource Management 33, no. 4 (2022): 623–46.

Wan, Lee Hwee, Jamalul Lail Abdul Wahab, and Norasmah Othman. “Kepimpinan Instruksional Guru Besar SJKC Dan Komitmen Guru.” Malaysian Journal of Social Sciences and Humanities (MJSSH) 8, no. 1 (2023): e002072–e002072.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-04

Cara Mengutip

“KEPEMIMPINAN INSTRUKSIONAL DALAM KOMITMEN ORGANISASI GURU”. 2024. PARAMUROBI: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM 7 (1): 205-13. https://doi.org/10.32699/paramurobi.v7i1.7113.