PENGEMBANGAN KURIKULUM BERBASIS MUATAN LOKAL DAN IMPLEMENTASINYA DI SMPN 4 DAN MTS MANGKU ALAM KONGBENG

DEVELOPMENT OF LOCAL CONTENT-BASED CURRICULUM AND ITS IMPLEMENTATION AT SMPN 4 AND MTS MANGKU ALAM KONGBENG

Penulis

  • Auliya Utami Universitas Sayyid Ali Rahmatullaah Tulungagung ##default.groups.name.author##

DOI:

https://doi.org/10.32699/paramurobi.v7i1.6837

Kata Kunci:

Pengembangan Kurikulum, Muatan Lokal, Implementasi

Abstrak

Penelitian ini fokus pada pembahasan mengenai pengembangan kurikulum berbasis muatan lokal dan bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pengembangan kurikulum berbasis muatan lokal di SMPN 4 Kongbeng dan di MTs Mangku Alam Kongbeng. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan analisis diskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan pengembangan kurikulum di SMPN 4 dan MTs Mangku Alam Kongbeng diimplementasikan dengan mengidentifikasi kondisi dan kebutuhan daerah, menentukan peran dan komposisi muatan lokal, mengidentifikasi bahan kajian muatan local, menentukan topik atau mata pelajaran muatan lokal, kemudian mengembangkan standar kompetensi, kompetensi dasar serta silabus dan RPP. Adapun pelaksanaan pengembangan kurikulumnya diimplementasikan dengan membuat program muatan lokal BTQ dan praktek agraris. Kemudian, pengembangan kurikulum tersebut dievaluasi dengan model Formative evaluation dan model Summative evaluation.

Referensi

Asmani, J.M. 2010. Tips Efektif Aplikasi KTSP di Sekolah. Yogjakarta: Bening.
Dakir. 2004. Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. 2009. Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung, Remaja Rosdakarya.
_______. 2011. Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Haromain, Imam Dkk. 2009. Pedoman dan Implementasi Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan MTs. Jawa Timur: Mapemda Kantor Wilayah.
Idi, Abdullah. 2014. Pengembangan Kurikulum, Teori & Praktik, Jakarta: Rajawali Pers.
Muhaimin. 2008. Pengembangan Model Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di Sekolah dan Madrasah, Edisi I. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Mulyasa, E. 2005. Implementasi Kurikulum. Bandung: Remaja Rosda Karya.
_________, 2002. Kurikulum Berbasir Kompetensi: Konsep, Karakteristik dan Implementasi. Bandung: PT. Rosdakarya.
Mustari, Mohamad. 2014. Manajemen Pendidikan, Jakarta: Rajawali Pers.
Nasir, Muhammad. 2013. “Pengembangan Kurikulum Muatan Lokal Dalam Konteks Pendidikan Islam di Madrasah”, Jurnal Studia Islamika, Volume. 10, No. 1.
Noor, Tajuddin. 2018. “Rumusan Tujuan Pendidikan Nasional Pasal 3 Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No 20 Tahun 2003”. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan. Vol 3 No 01.
Peraturan Menteri Pendidikan. Nomor 22 tahun 2006 tentang Standar Isi Pendidikan.
Pusat Kurikulum, Balitb m ang Depdiknas. 2007. Model Pengembangan Mata Pelajaran Muatan Lokal SD/MI/SDLB-SMP/MTS/SMPLB- SMA/ MA/ SMALB/ SMK. Jakarta, Depdiknas.
Rusman. 2012. Manajemen Kurikulum. Jakarta: Rajawali Pers.
Susilo, Muhammad Joko. 2007. Kurikulum tingkat satuan Pendidikan Manajemen Pelaksanaan dan Kesiapan Sekolah Menyongsong, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Supandi. 2016. "Pendekatan Teknologis Dalam Peningkatan Kualitas Dan Mutu Pendidikan Tinggi Islam Melalui Rekayasa Institusi." AL ULUM: Jurnal Penelitian dan Pemikiran Keislaman. Volume 3. No.1
Supriadi, Dedi. 2005. Membangun Bangsa Melalui Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Syukrianto. 2019. “Pengembangan Kurikulum Muatan Lokal Dalam Membentuk Karakter Lulusan Siswa SMA 2 Darul Ulum Rejoso Jombang”. Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Keislaman. Volume. 6. No.1.
Wasliman, Iim. 2007. Modul Problematika Pendidikan Dasar. Bandung: Pps Pendidikan Dasar UPI.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-01

Cara Mengutip

“PENGEMBANGAN KURIKULUM BERBASIS MUATAN LOKAL DAN IMPLEMENTASINYA DI SMPN 4 DAN MTS MANGKU ALAM KONGBENG: DEVELOPMENT OF LOCAL CONTENT-BASED CURRICULUM AND ITS IMPLEMENTATION AT SMPN 4 AND MTS MANGKU ALAM KONGBENG”. 2024. PARAMUROBI: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM 7 (1): 1-11. https://doi.org/10.32699/paramurobi.v7i1.6837.