INTERNALISASI NILAI TAUHID DALAM PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KEIMANAN MAHASISWA PROGRAM STUDI HUKUM KELUARGA ISLAM UIN SUNAN KALIJAGA
DOI:
https://doi.org/10.32699/paramurobi.v7i1.6500Kata Kunci:
Role, Learning, Tawheed, Behavior, StudentsAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pembelajaran tauhid terhada perilaku mahasiswa program studi hukum keluarga islam Uin Sunan Kalijaga. Penelitian ini bersifat kualitatif dan bahan yang digunakan dalam penelitian berasal dari data primer dan data sekunder yang meliputi wawancara dan buku-buku dan artikel ilmiah yang berkaitan dengan penelitian. Hasil analisis menunjukkan bahwa pembelajaran tauhid sangat penting untuk di terapkan dalam Pendidikan khususnya pada mahasiswa jurusan HKI Semester 3 UIN Sunan Kalijaga, karena dengan adanya pembelajaran tauhid mahasiswa bisa lebih mengetahui siapa tuhan mereka dan menjadikan nabi atau utusan Allah suri tauladan sehingga mereka mencontoh perilaku baik nabi Allah sehingga perilaku mahasiswa akan menjadi lebih baik karena memahami konsep ketuhanan dan berbagai macam sifat-Nya. Selain itu dengan adanya pembelajaran tauhid, mahasiswa juga akan lebih taat dalam menjalankan perintah-perintah Allah dan menjauhi larangan-larangan Allah, yang Dimana hal tersebut dapat menjadikan mera mahasiswa yang berilmu, berakhlaqul karimah, dan menjadi hamba yang taat kepada Allah SWT.
Referensi
Hendayani, M. Problematika Pengembangan Karakter Peserta Didik di Era 4.0. (Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 2019)
M. Yusran Asmuni. Ilmu Tauhid (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 1993)
Madyo ekosusilo, RB Kasihadi. Dasar-dasar pendidikan. (Semarang: effhar publishing, 1985)
Muhammad Fadlillah. Desain Pembelajaran PAUD: Tinjauan Teoritik dan Praktik. (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2013)
Muhibbin syah. Psikilogi Pendidikan. (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013)
Nurcholis Majid. Pintu-pintu Menuju Tuhan. (Jakarta: Paramadina,1995)
Sri Esti Wuryani Djiwandono. Psikologi Pendidikan. (Jakarta: PT Grasindo anggodrwta Ikapi, 2002)
Syaikh Muhammad Al-Utsaimin. Syarah Kitab Tauid. (Bekasi: PT Darul Falah, 2016)
Wina Sanjaya. Strategi Pembelajaran. (Jakarta: Kencana, 2008)
Yunahar Ilyas. Kuliah Akidah Islam. (Yogyakarta: LPPI, 1995)
Zainudin Ali. Pendidikan Agama Islam. (Jakarta: Bumi Aksara, 2016)
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Pemberitahuan Hak Cipta
1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi (menyalin dan mendistribusikan kembali materi dalam media atau format apa pun), dan menyesuaikan (mencampur, mengubah, dan membangun di atas bahan) karya untuk tujuan apa pun, bahkan secara komersial dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
2. Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan awal publikasi dalam jurnal ini.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat Pengaruh Akses Terbuka).
