SEJARAH (PENDIDIKAN) ISLAM MODERN DALAM PERSPEKTIF IBRAHIM M. ABU-RABI’

Penulis

  • Nurul Mubin ##default.groups.name.author##

DOI:

https://doi.org/10.32699/paramurobi.v1i2.533

Kata Kunci:

Sejarah Islam Modern, Pendidikan, Ibrahim M. Abu Rabi'

Abstrak

Perdebatan kalangan akademisi Barat, politisi dan dewan keamanan AS semakin tajam
menyusul berbagai serangan serupa meskipun tidak sedahsyat tragedi 11 September,
sebagian kalangan memandang Islam politik, —khususnya menyangkut hubungan antara
Islam dengan demokrasi—setidaknya terbagi atas dua arus besar; kelompok pertama
adalah kelompok yang berkesimpulan bahwa Islam tidak beroposisi dengan demokrasi,
kelompok kedua adalah kelompok yang berpandangan bahwa Islam oposisi dengan
demokrasi. Kelompok ini beranggapan bahwa nilai fundamental Islam sangat cocok
dengan demokrasi. Islam tidak anti demokrasi, tetapi antara Islam dan demokrasi dapat
hidup secara berdampingan. Bukan saja sarjana pemikir Barat yang memiliki pandangan
seperti ini, dikalangan ilmuan islam juga tidak sedikit yang berpandangan semacam ini.
Ibrahim M. Abu Rabi’ dalam tema tulisan artikelnya yang berjudul “A Post- September
11 Critical Assessment of Modern Islamic History” dalam buku “11 September Religious
Perspectives on the Causa and Consequences” mencoba mempertanyakan dan kemudian
menjelaskan mengapa terjadi serangan terhadap AS oleh kelompok Muslim dari sudut
pandang rasionalisasi Al-Qur’an terhadap kekerasan. Sebab bagaimanapun juga tragedi
tersebut telah mengubah image Barat terhadap Islam yang semakin negatif bahkan sudah
sampai pada level mengerikan yakni gejala ketakutan yang dikenal dengan Islamphobia.
Ibrahim M. Abu Rabi’ mencoba mengkaji tragedi tersebut dalam perspektif sejarah.
Artikel ini secara garis besar berupaya membahas pemikirannya mengenai poin penting
yang hendak dielaborasi, yakni: 1). pendidikan di dunia Muslim; modern atau tradisional.
2). Inspirasi Pemikiran M. Abu Rabi’ dalam Pembaharuan Sistem Pendidikan Agama
Islam dilingkungan PTKAI dan PTU.

Referensi

Ian Markham dan Ibrahim M. Abu Rabi’ (ed.)
11 September Religious Perspective on
The Causes and Consequenses (Oxford:
Hartford Seminary, 2002)
Kim knott, Insider/OutsiderPerspectives, The
Routledge Companion to The Study of
Religion (London: Routledge Taylor &
Francis Group)
Fazlur Rahman, “Approaches to Islam in
Religion Studies: Review Essay,” Richard
C. Martin (ed), Approaches to Islam in
Religion Studies, (Tucson: The University
of Arizona Press, 1985.
M. Amin Abdullah, Studi Agama , Normativitas
atau Historisitas, Pustaka Pelajar,
Yogyakarta, Cetakan ke-V, 2011.
Nurul Mubin, Poros Baru Pendidikan Islam
Indonesia, Lakpesdam, 2007, Yogyakarta

Diterbitkan

2018-12-20

Cara Mengutip

“SEJARAH (PENDIDIKAN) ISLAM MODERN DALAM PERSPEKTIF IBRAHIM M. ABU-RABI’”. 2018. PARAMUROBI: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM 1 (2): 135-44. https://doi.org/10.32699/paramurobi.v1i2.533.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama