KEBIJAKAN PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENGHADAPI ERA SOCIETY 5.0
DOI:
https://doi.org/10.32699/paramurobi.v6i2.4876Kata Kunci:
Kebijakan, Pendidikan Islam, Society 5.0Abstrak
Artikel ini menjelaskan tentang semakin majunya perkembangan zaman khususnya dibidang teknologi, adanya perubahan era society 4.0 menuju 5.0 berdampak juga bagi dunia pendidikan islam dimana seluruh komponen pendidikan Islam harus mempersiapkan diri untuk menghadapi era society 5.0 tersebut . Artikel ini ditulis dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Jenis penelitian yang dipakai adalah penelitian kepustakaan (library research). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode pengumpulan data dari berbagai literatur seperti buku dan jurnal. Penulis menelusuri literatur yang ada serta menelaahnya dalam mengerjakan penelitian. Metode analisis yang dipakai adalah metode deskriptiv-analisisyaitu yaitu menjelaskan serta mengolaborasikan ide utama dalam topik pembahasan, dan menyajikannya secara kritis melalui sumber-sumber yang berkaitan dengan tema. Hasil penelitian menunjukkan bahwa era Society 5.0 adalah sebuah konsep masyarakat yang menempatkan manusia dan teknologi sebagai fokus utama, transformasi ini juga membawa dampak positif yang signifikan pada kehidupan manusia dengan memberikan arti yang lebih dalam. Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi memiliki pengaruh yang signifikan dalam sektor pendidikan, mempengaruhi perkembangan kreativitas para pengajar, mahasiswa, dan akademisi di era Society 5.0 ini, guru sebagai pendidik perlu memiliki keterampilan digital, kemampuan berpikir kreatif, imajinatif, dan dinamis dalam pembelajaran di dalam kelas.
Referensi
Purnomo, Eko & Novita Loka , (2023). Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Menghadapi Era Society 5.0. Jurnal Shimfonia, 3(1).
Anwar, Muhammad Emnis. (2014). Menelusuri Kebijakan Pendidikan Islam Di Indonesia, Edukasi Islami Jurnal Pendidikan. Edukasi Islami Jurnal Pendidikan, 3.
Trikuntoro, Alfian. (2019). Manajemen Mutu Pendidikan Islam. Jurnal Kependidikan, 7(1).
Nastiti, Faulinda Ely dan Aghni Rizqi Ni’mal ‘Abdu. (2020). Kesiapan Pendidikan Indonesia Menghadapi Era Society 5.0. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(1).
Evanirosa & Dkk. (2022). Metode Penelitian Kepustakaan (Library Research). Cv. Media Sains Indonesia: Bandung.
H.A, Mumtaha Dan Khoiri, H.A. (2019). Analisis Dampak Perkembangan Revolusi Industri 4.0 Dan 5.0 Pada Perilaku Masyarakat Ekonomi. Jurnal Pilar Teknologi, 4(2).
Putra, Pristian Hadi. (2019). Tantangan Pendidikan Islam Dalam Menghadapi Era Society 5.0. Jurnal Islamika, 19(2).
Pihar, Ahmad. (2022). Modernisasi Pendidikan Agama Islam Di Era Society 5.0. Joernal Liasion Academia And Society. 1(1).
Mahsun, Ali. (2013). Peran Pendidikan Islam Dalam Arus Globalisasi:Sebuah Kajian Deskriptif Analisis. Jurnal Episteme, 8(2).
Hadi, Samsul. (2017). Hak Mendapatkan Pendidikan Tinjauan Aksiologi Dan Epistimologi. Jurnal Palapa, 5(2).
Bahri, Syamsul and Novira Arafah. (2021) Analisis Manajemen Sdm Dalam Mengembangkan Strategi Pembelajaran Di Era New Normal, Journal Tafkir: Interdisciplinary Journal Of Islamic Education 1(1).
Ahmadi and Ibda. (2021) Konsep Dan Aplikasi Literasi Baru Di Era Revolusi Industri 4.0 Dan Society 5.0, (16).
Mukhyar, Refika, Dkk. (2021) Menumbuhkan Literasi Enterpreneurship Pada Siswa Sekolah Dasar, Jurnal Ar-Ribhu, Vol. 04, No. 01.
Bahri Syamsul. (2022) Konsep Pembelajaran PAI Di Era Society 5.0, Jurnal Edupedia Vol. 6, No. 2.
Cuaca, Hendri Reginald Dharma, Udiana Puspa Dewi. (2017) Basic Japanese Grammar And Conversation E-Learning Through Skype And Zoom Online Application, Propedia Computer Sains.
Odonikaya, Maria Alexandrovna. (2021) Using The Discord Application To Facilitate Efl Vocabulary Acquisition:Education Sciences, 11, No. 9(3)
Cahill, Jacqueline L. (2011) The Collaborative Benefits Of Google Apps Education Edition In Higher Education: Proquest Llc (Northcentral University), 1.
Emrah Ekmekçi (2016) Integrating Edmodo Into Foreign Language Classes As An Assessment Tool:Participatory Educational Research Spi16, No. 1 (3).
Fauzya, Holy Purtri and Annisa Rona Pertiwi (2020) Penggunaan Kahoot Pada Isc Sebagai Strategi Pendukung Pembelajaran Korelasi Sains Dengan Ayat Alquran Di Tpa/Tpq,” Asna: Jurnal Kependidikan Islam Dan Keagamaan Vol 2 (2).
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Pemberitahuan Hak Cipta
1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi (menyalin dan mendistribusikan kembali materi dalam media atau format apa pun), dan menyesuaikan (mencampur, mengubah, dan membangun di atas bahan) karya untuk tujuan apa pun, bahkan secara komersial dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
2. Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan awal publikasi dalam jurnal ini.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat Pengaruh Akses Terbuka).
