KONTINUITAS DAN DISKONTINUITAS PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN AL-ASY’ARIYYAH, KALIBEBER, WONOSOBO (1832-2022)
DOI:
https://doi.org/10.32699/paramurobi.v6i1.4643Kata Kunci:
kontinuitas, diskontinuitas pendidikan, pondok pesantrenAbstrak
Artikel ini bertujuan mengungkap dimensi kontinuitas dan diskontinuitas pendidikan pondok pesantren al-Asy’ariyyah Kalibeber Wonosobo (1832-2022), dengan mensintesa sistem pendidikan Islam yang berjalan pada setiap periode kepemimpinan. Tulisan ini merupakan penelitian sejarah dengan pendekatan teori kontinuitas dan perubahan Harry J. Benda, melalui tahapan: pemilihan topik, heuristik, verifikasi, interpretasi, serta historiografi. Hasil penelitian menunjukkan: bahwa kontinutas sistem pendidikan pondok pesantren al-Asy’ariyyah terjaga sampai sekarang dengan menekankan pada al-Qur’an sebagai pusat kajian. Adapun diskoniutas merupakan bagian dari pengembangan dimana ditentukan oleh dinamika dan perubahan zaman. Impilkasi penelitian, esensi ajaran al-Qur’an merupakan patron yang mesti dilestarikan supaya bisa berrelasi dengan kebutuhan zaman. Penelitian berkontribusi bagi pengembangan pondok pesantren yang adaptif terhadap konstelasi perubahan.
Referensi
Ajuba, Taufik. “Politik Keagamaan Kolonial: Diskontinuitas Dan Kontinuitas Di Indonesia.” Farabi 15, no. 2 (2018): 117–134. https://doi.org/10.30603/jf.v15i2.1017.
Amin, Ali. “Alumni Pesantren Gontor Dan Jaringan Islam Global.” Journal of Islamic Education Policy 3, no. 2 (2018): 79–96. https://doi.org/10.30984/j.v3i2.862.
Arifin, Muh. Luqman, Fauzi, Muh. Gitosaroso, Muhamad Basitur Rijal, and Mahmudin. “Geneologi Keilmuan Ponpes Darussalam Gontor Dengan Universitas Al-Azhar Cairo.” TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam 16, no. 2 (2021): 351–63. https://doi.org/10.19105/tjpi.v16i2.4836.
Asrori, Saifudin. “Lanskap Moderasi Kegamaan Santri, Refleksi Pola Pendidikan Pesantren.” Jurnal Ilmu Sosial Indonesia 1, no. 1 (2020): 6–26. https://doi.org/10.15408/jisi.v1i1.17110.
Atmojo, Bondan Dwi. “Peran Ponpes Al-Asy’ariyyah Kalibeber Dalam Pendidikan Dan Dakwah Islam Tahun 1962-1994.” Skripsi, Universitas Sebelas Maret Surakarta, 2007.
Canavesi, Alice, and Eliana Minelli. “Servant Leadership and Employee Engagement: A Qualitative Study.” Employee Responsibilities and Rights Journal 34, no. 4 (2022): 413–435. https://doi.org/10.1007/s10672-021-09389-9.
Cossu, Andrea. “Clifford Geertz, Intellectual Autonomy, and Interpretive Social Science.” American Journal of Cultural Sociology 9, no. 3 (2021): 347–375. https://doi.org/10.1057/s41290-019-00085-8.
Doğan, Mehmet Zeki. “The Function of the Adjective in the Qur’an and Its Contribution to Meaning.” İslami İlimler Dergisi 17, no. 1 (2022): 155–182. https://doi.org/10.34082/islamiilimler.1093926.
Dzhilaal Al Baqi Bahalwan. “Kontinuitas Dan Diskontinuitas Pendidikan Perhimpunan Al Irsyad Al Islamiyyah Di Jawa Timur Tahun 1919-1984: Studi Kasus Surabaya, Banyuwangi, Dan Bondowoso.” Thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya, 2022.
Hafizi, Muniful Ichsan Al, and Adelia Intan Ardiani. “Historiografi Al-Qur’an Akbar Gagasan KH. Muntaha Al-Hafidz Di Pondok Pesantren Al-Asy’ariyyah Tahun 1991-1994.” Al-Isnad: Journal of Islamic Civilization History and Humanities 3, no. 2 (2022): 16–27. https://doi.org/10.22515/isnad.v3i2.5967.
Haindl, Philipp, and Reinhold Plösch. “Value-Oriented Quality Metrics in Software Development: Practical Relevance from a Software Engineering Perspective.” IET Software 16, no. 3 (2022): 167–84. https://doi.org/10.1049/sfw2.12051.
Harahap, Darwin. “Peran Ulama Timur Tengah Tengah Tehadap Nusantara Abad XVII Dan VXIII Akar Pembaharuan Pemikiran Islam.” Tadbir: Jurnal Manajemen Dakwah FDIK IAIN Padangsidimpuan 3, no. 1 (2021): 157–72. https://doi.org/10.24952/tad.v3i1.4178.
HS, Muhammad Alwi, Iin Parninsih, and Nahla Fakhriyah Alwi. “Moderasi Beragama Pesantren: Jaringan Dan Paham Keagamaan As’Adiyah, Darul Da’Wah Wal Irsyad, Dan Nahdlatul Ulum Sulawesi Selatan.” Dialog 45, no. 1 (2022): 41–56. https://doi.org/10.47655/dialog.v45i1.581.
Husna, Nihayatul. “Metode Dakwah Islam Dalam Perspektif Al-Qur’an.” Jurnal Selasar KPI : Referensi Media Komunikasi Dan Dakwah 1, no. 1 (2021): 97–105. https://doi.org/10.33507/selasar.v1i1.319.
Istiyani, Dwi, A M Wibowo, Aji Sofanudin, Nugroho Eko Atmanto, Umi Muzayanah, Mulyani Mudis Taruna, Umi Masfiah, and Juju Saepudin. “Nationalism and Nationality Expression Pesantren Salafiyah, Salafi, and Khalafi in Indonesia.” Linguistica Antverpiensia, no. 3 (2021): 2046–62.
Jauhari, Moh. Irmawan. “Resistensi Pesantren Pada Masa Penjajahan Belanda.” KUTTAB 1, no. 2 (2017): 158–67. https://doi.org/10.30736/kuttab.v1i2.109.
Khoirudin, Azaki, and Ma’arif Jamuin. “Kontinuitas Dan Diskontinuitas Pendidikan Kader Pondok Hajjah Nuriyah Shabran (1982-2014).” Jurnal Muhammadiyah Studies 1, no. 1 (2016): 106–126. https://doi.org/10.22219/jms.v1i1.11412.
Kurdi. “Kontinuitas Dan Diskontinuitas Al-Qur’an Terhadap Tradisi Arab Pra-Islam.” Jurnal Penelitian 12, no. 1 (2015): 141–68. https://doi.org/10.28918/jupe.v12i1.648.
Lev, Daniel S. “Colonial Law and the Genesis of the Indonesian State.” In Law and Society in East Asia, 57–74. London: Routledge, 2018. https://doi.org/10.4324/9781315091976-1.
Mais, Ilham, Muhammad Nawir, and Hidayah Qurasiy. “Pembentukan Karakter Berbasis Keteladanan.” Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 10, no. 6 (2021): 1510–17. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i6.8296.
Merry, Mark. “Designing Databases for Historical Research.” In Historical Research Handbook. London: School of Advanced Study, 2022.
Mundiri, A, and I Firdausiah. “The Moderating Role of Quality Improvement in Improving Brand Credibility.” At-Tarbiyat :Jurnal Pendidikan Islam 5, no. 1 (2022): 49–61. https://doi.org/10.37758/jat.v5i1.382.
Nata, Abuddin. “Fungsi-Fungsi Al-Qur’an Dalam Pengembangan Ilmu, Kebudayaan Dan Peradaban.” Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam 11, no. 3 (2022): 352–78. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v11i3.7609.
Neromyliotis, Eleftherios, Theodosis Kalamatianos, Athanasios Paschalis, Spyridon Komaitis, Konstantinos N. Fountas, Eftychia Z. Kapsalaki, George Stranjalis, and Ioannis Tsougos. “Machine Learning in Meningioma MRI: Past to Present. A Narrative Review.” Journal of Magnetic Resonance Imaging 55, no. 1 (2022): 48–60. https://doi.org/10.1002/jmri.27378.
Petrů, Tomáš. “A Centennial Appreciation of Harry J. Benda: A Czech Pioneer of Southeast Asian Studies.” Journal of the Malaysian Branch of the Royal Asiatic Society 93, no. 1 (2020): 91–116. https://doi.org/10.1353/ras.2020.0021.
Risaldi. “Pengaruh Seyyed Hossein Nasr Terhadap Perkembangan Pemikiran Islam.” Thesis, UIN Alauddin Makassar, 2018.
Riyanto, Adi Kusumah, Ahmad Fauzan, and Achi Rinaldi. “Pengaruh Keteladanan Dan Kedisiplinan Guru Terhadap Pembentukan Karakter Santri Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 7 Kalianda Lampung Selatan.” An Naba 5, no. 1 (2022): 1–25. https://doi.org/10.51614/annaba.v5i1.105.
Ruslan. “Konsepsi Lontara’ Pabbura Dan Tib Al-Nabawy: Kontinuitas Dan Diskontinuitas Tradisi Pengobatan Pada Masyarakat Bone.” Fikri: Jurnal Kajian Agama, Sosial Dan Budaya 5, no. 1 (2020): 83–96. https://doi.org/10.25217/jf.v5i1.670.
Saberi-Najafi, Navid. “The Sīmurgh in Chach: Bird Symbolism in the Rawdat Al-Fariqayn.” British Journal of Middle Eastern Studies 49, no. 4 (2022): 580–94. https://doi.org/10.1080/13530194.2020.1833707.
Saraka, Muh. Yahya. “Biografi Dan Pemikiran Dakwah Anregurutta K. H. Abdurrahman Ambo Dalle.” El Madani : Jurnal Dakwah Dan Komunikasi Islam 3, no. 01 (2022): 1–23. https://doi.org/10.53678/elmadani.v3i01.717.
Setyani, Pawestri Nur. “Makna Tradisi Pembacaan Ayat Dua Puluh Di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Asy’Ariyah Desa Kalibeber Kecamatan Mojotengah Kabupaten Wonosobo.” Skripsi. UIN Prof Kiai Haji Saifuddin Zuhri Purwokerto, 2021.
Shobandi, Baban. “Manajemen Tahfidz Qur’an Pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah Darul Kirom Kabupaten Bandung.” Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan 1, no. 4 (2022): 201–207. https://doi.org/10.56916/ejip.v1i4.190.
Syahputra, Afrizal El Adzim. “Metode Dakwah Perspektif Quraish Shihab (Analisis Terhadap QS. Al Nahl: 125–128 Dalam Tafsir Al Misbah).” Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman 12, no. 2 (2021): 39–56. https://doi.org/10.31219/osf.io/3df4k.
Syam, Robingun Suyud El. “Peran Kepemimpinan KH. Asy’ari Dalam Meletakkan Akar-Akar Pendidikan Islam Di Kalibeber Wonosobo.” Manarul Qur’an: Jurnal Ilmiah Studi Islam 22, no. 1 (2022): 45–61. https://doi.org/10.32699/mq.v5i1.2929.
Ulum, Moh. “Modernisasi Pendidikan Islam (Tinjauan Filosofis Tentang Modernisasi Pendidikan Pesantren).” Ta’limDiniyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam 1, no. 1 (2020): 98–109. https://doi.org/10.53515/tdjpai.v1i1.8.
Zainuddin, Muhadi, and Miqdam Makfi. “Semangat Kebangsaan Kiai Pesantren: Analisa Gagasan Dan Spirit Kemerdekaan KH. Bisri Mustofa Dalam Tafsir Al-Ibriz.” In Prosiding Seminar Nasional Seri 8 “Mewujudkan Masyarakat Madani Dan Lestari,” 169–83. Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 2018. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/11446.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Pemberitahuan Hak Cipta
1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi (menyalin dan mendistribusikan kembali materi dalam media atau format apa pun), dan menyesuaikan (mencampur, mengubah, dan membangun di atas bahan) karya untuk tujuan apa pun, bahkan secara komersial dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
2. Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan awal publikasi dalam jurnal ini.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat Pengaruh Akses Terbuka).
