KOLABORASI ILMU NAGHOM DAN PEMBELAJARAN TENSES DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK “TEPUK KELEDAI CERDIK” DI MTS ALMAHFUDZ
DOI:
https://doi.org/10.32699/paramurobi.v6i1.4555Kata Kunci:
Ilmu Naghom, Pembelajaran tenses, Teknik tepuk keledai cerdikAbstrak
Kolaborasi antara ilmu naghom dengan pengajaran bahasa Inggris ini akan memberikan seni pengajaran tersendiri yang unik dan berbeda dari pengajaran dan pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah. Adapun tujuan dari penelitian di MTs Almahfudz Peniron adalah; memberikan pembelajaran naghom yang mudah untuk dihafalkan dan dipraktekkan para peserta didik; memberikan pembelajaran bahasa Inggris yang logis, mudah, sederhana dan menyenangkan kepada para peserta didik; memberikan kolaborasi pembelajaran naghom dan pembelajaran tenses dengan cara yang penuh inovasi dan kreasi sehingga para peserta didik akan merasa mudah dan senang dalam mempelajarinya. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Dalam pengumpulan data dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan data-data yang di peroleh dalam penelitian ini ada beberapa pembelajaran tentang ilmu nadhom, pembelajaran bahasa Inggris tentang tenses, dan pembelajaran menggunakan teknik tepuk keledai cerdik yang komprehensif dan kolaboratif.
Referensi
Edu Riligia: Vol. 1 No. 4 Oktober - Desember 2017
Ika Fitriana, "Tepuk Tangan Keledai Cerdik" Bawa Niken Jadi Guru Terbaik di Indonesia," Kompas, Senin, 13 Oktober 2014 diunduh tanggal 5 April 2023)
Ishak, Muhammad, Syafaruddin & Sit, Masganti. Pelaksanaan Program Tilawah Al Qur’an dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca AlQuran Siswa di MAS Al Ma’sum Stabat. Jurnal Edu Riligia: Vol. 1 No. 4 Oktober - Desember 2017
Keutamaan ilmu dalam islam dan dalilnya dalam Al-Qur’an. (2022). Diakses pada 15 April 2023 dari https://news.detik.com/berita/d4899811
Keutamaan Membaca Al-Quran setiap hari menurut rasulullah. (2023). Diakses pada 15 April 2023 dari https://www.umsurabaya.ac.id/homepage/news_article?slug
Mahmud Yunus, Kamus Arab Indonesia (Jakarta: PT. Hidakarya, 1989)
Muhibbin Syah, Psikologi Belajar (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2012)
Memahami Konsep Islam Rahmatan Lilalamin. (2021). Diakses pada 15 April 2023 dari https://cimahikota.go.id/index.php/artikel/detail/874
Muhsin Salim, Ilmu Naghom Al-Qur’an (Jakarta: PT. Kebayoran Widya Rifta, 2014)
Muhibbin Syah, Psikologi Belajar (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2012), Cet. Ke-12, hal. 156 Edu Riligia: Vol. 1 No. 4 Oktober - Desember 2017
Nadhratun Na‟im fi Makarimi Akhlaqi Arrasulil Karim dalam buku ahmad Annuri, Panduan Tahsin Tilawah Al-Qur’an dan Ilmu Tajwid (Jakarta: Pustaka Al-Kautsar, 2010)
https://tafsirweb.com/37630-surat-al-alaq-ayat-1-5.html
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Pemberitahuan Hak Cipta
1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi (menyalin dan mendistribusikan kembali materi dalam media atau format apa pun), dan menyesuaikan (mencampur, mengubah, dan membangun di atas bahan) karya untuk tujuan apa pun, bahkan secara komersial dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
2. Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan awal publikasi dalam jurnal ini.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat Pengaruh Akses Terbuka).
