STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN CITRA SEKOLAH
DOI:
https://doi.org/10.32699/paramurobi.v5i1.2717Kata Kunci:
Educational Services Marketing Strategy, School ImageAbstrak
The purpose of this study was to find out how the marketing strategy of education in Al-Arief Islamic Private High School. This type of research is descriptive qualitative research. The method used in data collection is observation, interviews and documentation. Meanwhile, in analyzing the data, the researcher used several steps, namely by reducing, presenting and verifying the data. The results of the study have shown that overall the Al-Arief Islamic Private High School has implemented a marketing strategy for educational services that is quite good in improving the school's image. This can be seen from the existing education service marketing mix. This school has offered a product that is in accordance with the needs of the community, the fees charged by the Al-Arief Islamic Private High School are still very affordable when compared to established private schools in general, and this school is in a strategic place to carry out educational activities. The marketing strategy carried out by the Al-Arief Islamic Private High School is by carrying out promotions through student guardians, print media, social media and school output.
Referensi
Alma, Buchari. 2013. Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa, Bandung: Alfabeta.
David Wijaya, 2015. Pemasaran Jasa Pendidikan, Jakarta: Salemba Empat.
Engkoswra & Komariah. 2010. Administrasi Pendidikan, Bandung: Alfabeta.
Faizin, Imam. 2017. Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan dalam Meningkatkan Nilai Jual Madrasah, Jurnal Madaniyah Vol. 7 no. 2
Fandy Tjiptono. 2000 Strategi Pemasaran, edisi 2, Yogyakarta. Andy. Ghozali, Imam.
Graham J Hooley, Nigel F. Piercy, Brigitte Nicoulaud. 2013 Marketing Strategy and Competitive Positioning. London: Prentice Hall.
Ikatan Bankir Indonesia (IBI). 2014. Strategi Sukses Bisnis Bank. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Khasanah, Afidatun. 2015. “Pemasaran Jasa Pendidikan Sebagai Strategi Peningkatan mutu di SD Alam Baturraden” Jurnal el-Tarbawi Vol VIII, No. 2.
M. Nur Rianto Al Arif, 2014. Dasar-Dasar Pemasaran Bank Syariah, Bandung: Alfabeta.
Mudrajad Kuncoro. 2005. Strategi Bagaimana Meraih Keunggulan Kompetitif. Surakarta: Erlangga.
Sutisna. 2013. Perilaku Konsumen Dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Wijaya, David. 2008. Pemasaran Jasa Pendidikan Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Daya Saing Sekolah. Jurnal Pendidikan Penabur- No.11/Tahun ke-7/Desember.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Pemberitahuan Hak Cipta
1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi (menyalin dan mendistribusikan kembali materi dalam media atau format apa pun), dan menyesuaikan (mencampur, mengubah, dan membangun di atas bahan) karya untuk tujuan apa pun, bahkan secara komersial dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
2. Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan awal publikasi dalam jurnal ini.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat Pengaruh Akses Terbuka).
