PENINGKATAN KEMAMPUAN SANTRI MEMBACA AL- QUR’AN MELALUI PENDEKATAN ILMU TAJWID BUKU STANDAR TAJWID BACAAN AL-QUR’AN KARANGAN MAFTUH BASTHUL BIRRI (Studi Di Pondok Pesantren Ittihadut Tholibin Wonosobo)
DOI:
https://doi.org/10.32699/paramurobi.v1i1.182Kata Kunci:
kemampuan membaca Al-Qur’an, pendekatan ilmu tajwidAbstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peningkatan kemampuan santri membaca Al- Qur’an melalui pendekatan ilmu tajwid buku standar tajwid bacaan Al- Qur’an karangan Maftuh Basthul Birri, Studi di Pondok Pesantren Ittihadut Tholibin Wonosobo. Penelitian ini diadakan di Pondok Pesantren Ittihadut Tholibin Wonosobo Kecamatan Mojotengah Kabupaten Wonosobo, dengan subyek penelitian adalah semua santri yang ada yaitu yang berjumlah 110 responden. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yaitu mengungkapkan gejala secara holistic-kontekstual melalui pengumpulan data dari latar alami dengan memanfaatkan diri peneliti sebagai instrumen kunci. Adapun pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, interview, angket, dokumentasi dan analisis data dengan langkah-langkah: reduksi data, display data,dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Hasil dari penelitian diperoleh kemampuan membaca Al- Qur’an santri Pondok Pesantren Ittihadut Tholibin Wonosobo masih kurang ,yaitu dari tingkat SMP 53,3%, SMA 51,4%, kuliah 46,7%. Kemudian peningkatan kemampuan membaca Al- Qur’an santri Pondok Pesantren Ittihadut Tholibin Wonosobo dapat dikategorikan baik, yaitu tingkat SMP 63,3%, SMA 62,8%, kuliah 66,7%. Kesimpulan hasil penelitian melalui pendekatan ilmu tajwid, buku Standar Tajwid Bacaan Al- Qur’an karangan Maftuh Basthul Birri santri ITB mengalami peningkatan yang sangat baik,yaitu tingkat SMP 80%, SMA 80%, dan kuliah 82,2%.
Referensi
Abdul Mujib Ismail dan Maria Ulfah Nawawi, Pedoman Ilmu Tajwid , Surabaya: Karya Abditama, 1995
Abdussalam Muqbil Al- Majidi , Bagaimana Rasulullah Mengajarkan Al-Qur’an Kepada Para Sahabat, cet. 1, Jakarata: Darul Falah, 2008
Abu Nizan , Buku Pintar Al- Qur’an , cet. 1, Jakarta : Kultum Media, 2008
Abu Nizan, Buku Pintar Al-Qur’an , cet. 1, Jakarta: Quantum Media, 2008
Abu Nizhan, buku pintar Al- Qur’an , Jakarta selatan: Quantum Media , 2008
Ahmad Syarifuddin, Mendidik Anak Membaca, Menulis, dan Mencintai Al- Qur’an , cet. 1, Jakarta:Gema Insani Press, 2004
Al- Qaththan, Mabahis Fi ‘Ulu Al- qur’an , terj. Oleh : Ainur Rafiq El Mazni , Pengantar Studi Al- Qur’an , cet .2, ttp: Mansyurat Al- “ashr Al- hadits,t.t
As- Sayyid Muhammad Alawi Al- Maliki Al – Hasani, Abwab AL Faraj , terj. Oleh : Nur Faizin, Beirut: AL_ Maktabah Al- ‘Ashriyah, 2005
Ash- Shabuni, At- Tibyan Fi ‘Ulum Al- Qur’an , ttp.: ‘Alam Al- kutub, t. t.
Bambang Imam Supeno, Pelajaran Tajwid , Surabaya: Insan Amanah, t.t.
Hasan Basri al Kufi , Pena Al- Qur’an juz ‘Amma Tajwid , Terjemah dan Transliterasi latin, cet. 2, Jakarta: Pena Pundi Aksara, 2007
Maftuh Basthul Birri, Idem: Tajwid Jazariyyah, cet. 1, Kediri: Madrasah Murottilil Qur’anil Karim, 2003
Moh.wahyudi, Hukum- Hukum Bacaan Al-Qur’an , Surabaya: Indah, 2006
Mushthafa Abu Samak dan Bakr Zaky ‘Audh, Dirasat fi al- nuzhum al- islamiyyah , Cairo Mesir: Pusaka universitas al- Azhar, tt
Otong Surasman , Metode Insani Kunci Praktis Membaca Al-Qur’an Baik dan Benar , cet. 1, Jakarta: Gema Insani Press, 2011
Raghib As- Sirjani dan Abdurrahman Abdul Khaliq, Cara Cerdas Hafal Al-Qur’an , cet. 1, Solo: Aqwam, 2007
Sa’ad Riyad , Kiat Praktis Mengajarkan Al-Qur’an pada Anak, cet . 1, Surakarta: Ziyad Visi Media, 2007
Syaikh Manna’ Al- Qaththan, Mabakhis Fi ‘ulumil Qur’an , terj. Oleh : Ainur Rafiq El Mazni , pengantar studi Al- Qur’an , cet. 3, Jakarta: Pustaka Al- Kautsar, 2008
Yunus Hanif Syam, Fasih Baca Al-Qur’an Ilmu Tajwid bagi Pemula, cet. 1, Yogyakarta: Tugu Publisher, 2008
Yusuf Hanif Syam, Fasih Baca Al-Qur’an Ilmu Tajwid bagi Pemula, cet. 1, Yogyakarta: Tugu Publisher, 2008
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Pemberitahuan Hak Cipta
1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi (menyalin dan mendistribusikan kembali materi dalam media atau format apa pun), dan menyesuaikan (mencampur, mengubah, dan membangun di atas bahan) karya untuk tujuan apa pun, bahkan secara komersial dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
2. Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan awal publikasi dalam jurnal ini.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat Pengaruh Akses Terbuka).
