PERKEMBANGAN NILAI AGAMA DAN MORAL (STTPA TERCAPAI)
DOI:
https://doi.org/10.32699/paramurobi.v1i1.177Kata Kunci:
perkembangan, nilai agama dan moralAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan nilai agama dan moral anak usia dini dalam mencapai STPPA dan untuk mengetahui apasaja yang dapat mempengaruhi perkembangan nilai agama dan moral anak usia dini dalam mencapai STPPA. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif analitik. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara kemudian subjek dalam penelitian ini adalah siswi Taman Kanak-Kanak ‘Aisyiyah Bustanul Athfal Sapen Yogyakarta dengan nama Siti Aisyah Khaira. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa perkembangan nilai agama dan moral subjek sudah tercapai sesuai dengan standar tingkat pencapaian perkembangan anak.
Referensi
Ardy wiyani, Novan. 2014. Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini, Yogyakarta: Gava Media.
Ardy Wiyani dan Barnawi, Novan. 2016. Format Paud, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Desmita. 2009. Psikologi Perkembangan Peserta didik, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Jahja, Yudrik. 2011. Psikologi Perkembangan, Jakarta: Kencana.
Ki fudyartanta. 2012. Psikologi Perkembangan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Masnifal. 2013. Siap Menjadi Guru Dan Pengelola Paud Professional, Jakarta: PT Alex Media Komputinto.
Mursid. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mansur. 2007. pendidikan anak usia dini dalam islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Pransiska, Toni . 2015. Kado Istimewa Untuk Anaku, Yogyakarta: Pustaka Ilmu.
Purwakania Hasan, Aliah B. 2006. Psikologi Perkembangann Islami, Jakarta: Rajawali Press.
Pramunditya Ambara, Didith. 2014. Asesmen Anak Usia Dini, Yogyakarta: Graha Ilmu.
Syah, Muhibbin. 2014. Telaah Singkat Perkembangan Peserta Didik, Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Sjarkawi. 2006. Pembentukan Kepribadian Anak, Jakarta: Bumi Aksara.
Suyadi. 2013. Psikologi Belajar Paud, Yogyakarta: Pedagogia.
Yusuf dan Nani M Sugandhi, Syamsu. 2011. Perkembangan Peserta Didik, Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Yusup LN, Syamsul . 2011. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja, Bandung: Rosda.
Anik Lestari, pengaruh penggunaan media vcd terhadap nilai-nilai agama dan moral anak, dalam Jurnal Pendidikan anak usia dini, Vol 8 No 2 (November 2014), di akses pada tangga l4 Juni 2017 pukul 10:00 WIB dari https://scholar.google.co.id/
Mahlan Asmar dan Siti Nurliana, upaya mengembangkan aspek nilai-bilai agama dan moral dalam membedakan perbuatan baik dan buruk menggunakan model examples non examples dengan variasi media papan planel pada anak kelompok B TK puspa kencana banjarmasin, dalam Jurnal Paradigma, Vol 9 No 1 (Januari 2014),di akses pada tanggal 4 Juni 2017 pukul 10:00 WIB dari https://scholar.google.co.id/
Amir Syamsudin, Pengembangan Nilai-Nilai Agama Dan Moral Pada Anak Usia Dini, dalam jurnal pendidikan anak, vol 1 edisi 2 (Desember 2012), di akses pada tanggal 4 Juni 2017 pukul10:00 WIB dari https://scholar.google.co.id/
Sapendi, internalisasi nilai-nilai moral agama pada anak usia dini, dalam Jurnal AT-Turats, Vol 9 No 2 (Desember 2015), di akses pada tanggal 4 Juni 2017 pukul10:00WIB dari https://scholar.google.co.id/
Muhammad Ali Saputra, penanaman nilai-nilai agama pada anak usia dini di r.a ddi addariyah kota palopo, dalam Jurnal Al-Qolam, Vol 20 No 2 (Desember 2014), diakses pada tanggal 4 Juni 2017 pukul 10:00 WIB dari https://scholar.google.co.id/
Arif Hakim, Pengembangan Nilai-Nilai Agama Dan Moral Ditaman Kanak-Kanak (Analisis Deskriptif Di Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung, dalam Jurnal Ta’dip, Vol 5 No 1 (November 2016), di akses pada tanggal 4 Juni 2017 pukul 10:00 WIB dari https://scholar.google.co.id/
Denok Dwi Anggraini, peningkatan pengembangan nilai agama dan moral melalui metode bercerita, dalam Jurnal PG-PAUD Trunojoyo, Vol 2 No 2 (Oktober 2015), diakses pada tanggal 4 Juni 2017 pukul 10:00 WIB dari https://scholar.google.co.id/
Anata Ikrommullah, tahap perkembangan moral santri mahasiswa menurut Lawrence Kohlberg, dalam Jurnal Pendidikan pancasila dan kewarganegaraan, No2 (Agustus 2015), diakses pada tanggal 4 Juni 2017 pukul 10:00 WIB dari https://scholar.google.co.id/
Yuningsih, menguatkan kembali pendidikan keagamaan dan moral anak didik, Vol. VII No. 2 (Agustus 2014), diakses pada tanggal 4 Juni 2017 pukul 10:00 WIB darihttps://scholar.google.co.id/
Siti Nurliana, upaya mengembangkan aspek nilai-bilai agama dan moral dalam membedakan perbuatan baik dan buruk menggunakan model examples non examples dengan variasi media papan planel pada anak kelompok B TK puspa kencana banjarmasin, dalam Jurnal Paradigma, Vol. 9 No. 1 (Januari 2014), di akses pada tanggal 4 Juni 2017 pukul 10:00 WIBdarihttps://scholar.google.co.id/s
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Pemberitahuan Hak Cipta
1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi (menyalin dan mendistribusikan kembali materi dalam media atau format apa pun), dan menyesuaikan (mencampur, mengubah, dan membangun di atas bahan) karya untuk tujuan apa pun, bahkan secara komersial dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
2. Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan awal publikasi dalam jurnal ini.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat Pengaruh Akses Terbuka).
