KORELASI KOMPETENSI GURU DENGAN PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI MTS ZAINUL HASAN 1 GENGGONG
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara Kompetensi Guru dengan Penguatan Profil Pelajar Pancasila di MTs Zainul Hasan 1 Genggong Kecamatan Pajarakan. Kompetensi guru menjadi salah satu aspek krusial dalam keberhasilan proses pendidikan, yang mencakup kompetensi pedagogik, profesional, sosial, dan kepribadian. Profil Pelajar Pancasila mempresentasikan karakter dan kemampuan peserta didik yang sejalan dengan nilai-nilai pancasila, seperti beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, mandiri, bergotong royong, berkebinekaan global, bernalar kritis dan kreatif. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif.. Hasil penelitian menunjukkan adanya korelasi positif yang signifikan antara kompetensi guru dengan penguatan Profil Pelajar Pancasila. Artinya, semakin tinggi kompetensi yang dimiliki guru, semakin optimal pula pembentukan karakter siswa sesuai dengan nilai-nilai pancasila.
Downloads
References
Akbar, A, ‘Pentingnya Kompetensi Pedagogik Guru’. (2021). JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 2.1. 23-30.
Safitri, A, Wulandari, D, Herlambang, T, Y. (2022). ‘Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Sebuah Orientasi Baru Pendidikan Dalam Meningkatkan Karakter Siswa Indonesia’, Jurnal Basicedu, 6, 7076–86.
Alfath, A, dkk. (2022) ‘Pengembangan Kompetensi Guru Dalam Menyongsong Kurikulum Merdeka Belajar’, Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 1.2, 42–50.
Khairani, A, Sugianto, A, Ildiyanita, R. (2023). ‘Teknik Self-Management Untuk Meningkatkan Nilai Karakter Mandiri Belajar Siswa’, Journal of Education Research, 4.3, 1488–94.
KSKK, D. M. (2022). ‘Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin’, Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1–108.
Musfah, J. (2012). Peningkatan Kompetensi Guru: Melalui Pelatihan Dan Sumber Belajar Teori Dan Praktik (Kencana).
Ilyas. (2022). ‘Strategi Peningkatan Kompetensi Profesional Guru’, Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 2.1, 34–40.
Jumrawarsi, dan Suhaili, N. (2021). Peran Seorang Guru Dalam Menciptakan Lingkungan Belajar Yang Kondusif’, Ensiklopedia Education Review, 2.3, 50–54.
KEMENDIKBUD. (2024). ‘Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia Tentang Fasilitasi Terhadap Organisasi Profesi Guru Nomor 67 Tahun 2024.
Kurnia, I, R, dkk. (2024). ‘Analisis Empat Standar Kompetensi Guru Di Lingkungan Sekolah Dasar’, Jurnal Pendidikan Dasar, 15.1, 65–74.
Maharani, V, A, dan Saputro, E,P. (2024). ‘Pengaruh Influencer, Brand Image, Dan Product Quality Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Skincare Skintific’, El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 5.3, 1899–914.
Qibthiyah, M, Ainol, dan Zaini, B. (2024) ‘Pengaruh Praktik Pengalaman Lapangan Kependidikan Dan Self-Efficacy Terhadap Kesiapan Menjadi Guru Pada Mahasiswa Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Zainul Hasan Genggong’, Jurnal Kependidikan Islam, 14.1, 21–33.
Maulana, A, S, dan Hidayat, R. (2024). ‘Analisis Kepuasan Pengguna Pada Website PT.Tunas Ridean Tbk Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (TAM)’, Remik: Riset Dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer, 8.2, 485–93.
Lubaba, M, N, dan Alfiansyah, I. (2022) . ‘Analisis Penerapan Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Di Sekolah Dasar’, Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 5.3, 2573–81
Abrory, M, W, dkk, (2024). ‘Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap Fitur Magic Studio Aplikasi Canva Pada Lingkup Mahasiswa Menggunakan Metode TAM’, Prosiding Seminar Nasional Teknologi dan Sistem Informasi (SITASI), 168–77.
Noviani, L, Setyowibowo, F, dan Wahyono, B. (2023). ‘Penguatan Kompetensi Guru Dalam Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila’, Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1.1, 90–95.
Wahidah, N, M. dkk. (2023). ‘Implementasi Profil Pelajar Pancasila Di SMP Negeri 1 Mataram’, Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8.1b, 696–703.
Pawartani, T, dan Suciptaningsih, O, A, (2024). ‘Pengembangan Kompetensi Guru Untuk Mendukung Implementasi Kurikulum Merdeka’, JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7.3, 2182–91.
Pianda, D, (2018). Kinerja Guru: Kompetensi Guru, Motivasi Kerja Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah (CV Jejak Publisher).
Indriawati, P, dkk. (2023). ‘Gambaran Kompetensi Guru Pada Era Milenial’, Jurnal Fusion, 3,152–62.
Purnawanto, A, T. (2022). ‘Implementasi Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembelajaran Kurikulum Merdeka’, Jurnal Ilmiah Pedagogy, 5.2, 76–87.
Rahman, A. (2022). ‘Analisis Pentingnya Pengembangan Kompetensi Guru’, Ngabdimas, 2.1, 31–38.
Ramadhan, A, T, dan Hilwa, W. (2024). ‘Pengaruh Live Streaming Dan Voucher Gratis Ongkos Kirim Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen TikTok Shop Di Kota Depok)’, Great: Jurnal Manajemen Dan Bisnis Islam, 1.2, 3032–7253.
Ramaliya, ‘Pengembangan Kompetensi Guru Dalam Pembelajaran’, Bidayah: Studi Ilimu-Ilmu Keislaman, 9.1 (2018), 77–88.
Rohman, H. (2020). ‘Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru’, Jurnal MADINASIKA Manajemen Dan Kelas, 1.2, 92–102.
Saftari, M, dan Sinta. (2022). ‘Analisis Faktor Peserta, Pelatih, Prasarana, Serta Materi Pelatihan Yang Mempengaruhi Efektifitas Pelatihan Menggunakan Smart-PLS’, Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 4.2, 86–98.
Sari, N, M, dan Yulia, P. (2023) ‘Kompetensi Kepribadian Guru Matematika Di Madrasah Tsanawiyah’, Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3.1, 73–82.
Setiabudhi, H, dkk. (2025). Analisis Data Kuantitatif Dengan SmartPLS 4 (Borneo Novelty Publishing,)
Shilviana, Khusna, and Tasman Hamami, ‘Pengembangan Kegiatan Kokurikuler Dan Ekstrakurikuler’, Palapa, 8.1 (2020), pp. 159–77, doi:10.36088/palapa.v8i1.705
Somantri, D. (2021). ‘Abad 21 Pentingnya Kompetensi Pedagogik Guru’, Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 18.02, 188–95.
Suleman, R, dan Luneto, B. (2023). ‘Implementasi Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMK Negeri 1 Limboto’, Pekerti: Journal Pendidikan Islam Dan Budi Pekerti, 5.1, 13–22.
Sulistyati, D, M. Wahyaningsih, S dan Wijania, I, W. (2021). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila,
Sunarsih, A, dkk. (2022). ‘Kompetensi Guru: Konsep Dan Implikasi’, no. July.
Suriadi, H, J, Firman, dan Ahmad, R. (2021). ‘Analisis Problema Pembelajaran Daring Terhadap Pendidikan Karakter Peserta Didik’, Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3.1, 165–73.
Susanti, N, Darmansyah, dan Fitria, Y. (2024). ‘Implementasi Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar.’, Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9.1, 2169–78.
Sutiyono, (2022). ‘Analisis Faktor Pendukung Dan Faktor Penghambat Pembentukan Profil Pelajar Pancasila SD Negeri Deresan Sleman’, no. August, 1–10.
Ulandari, S, dan Rapita, D, D. (2023). ‘Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Menguatkan Karakter Peserta Didik’, Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8.2, 116-32.
Wahyuni, S, dan Haryanti, N. (2024). ‘Optimalisasi Kompetensi Guru Dalam Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Media Digital’, Wahana Dedikasi: Jurnal PkM Ilmu Kependidikan, 7.1, 142–54.
Utami, W, B. dkk. (2024). ‘Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar Dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila’, Journal of Education Research, 5.3, 2573–81.
Winarni, E W. (2021). Teori Dan Praktik Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R & D (Bumi Aksara).
Bagou, D, Y, dan Suking, A. (2020). ‘Analisis Kompetensi Profesional Guru’, Jambura Journal of Educational Management, 1.September, 122–30.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format), and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).