KORELASI KOMPETENSI GURU DENGAN PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI MTS ZAINUL HASAN 1 GENGGONG

  • Ameliatul Mukarromah
  • Ainol Ainol Universitas Islam Zainul Hasan Genggong, Probolinggo, Indonesia
  • M. Inzah Universitas Islam Zainul Hasan Genggong, Probolinggo, Indonesia
Keywords: Teacher Competence, Pancasila Student Profile.

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara Kompetensi Guru dengan Penguatan Profil Pelajar Pancasila di MTs Zainul Hasan 1 Genggong Kecamatan Pajarakan. Kompetensi guru menjadi salah satu aspek krusial dalam keberhasilan proses pendidikan, yang mencakup kompetensi pedagogik, profesional, sosial, dan kepribadian. Profil Pelajar Pancasila mempresentasikan karakter dan kemampuan peserta didik yang sejalan dengan nilai-nilai pancasila, seperti beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, mandiri, bergotong royong, berkebinekaan global, bernalar kritis dan kreatif. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif.. Hasil penelitian menunjukkan adanya korelasi positif yang signifikan antara kompetensi guru dengan penguatan Profil Pelajar Pancasila. Artinya, semakin tinggi kompetensi yang dimiliki guru, semakin optimal pula pembentukan karakter siswa sesuai dengan nilai-nilai pancasila.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Z, dan Purnamasari, M. (2023) ‘Peran Kompetensi Sosial Guru Dalam Menumbuhkan Minat Belajar Siswa (Sebuah Keharusan Yang Tak Bisa Ditawar)’, Research and Development Journal of Education, 9.1, 513.
Akbar, A, ‘Pentingnya Kompetensi Pedagogik Guru’. (2021). JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 2.1. 23-30.
Safitri, A, Wulandari, D, Herlambang, T, Y. (2022). ‘Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Sebuah Orientasi Baru Pendidikan Dalam Meningkatkan Karakter Siswa Indonesia’, Jurnal Basicedu, 6, 7076–86.
Alfath, A, dkk. (2022) ‘Pengembangan Kompetensi Guru Dalam Menyongsong Kurikulum Merdeka Belajar’, Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 1.2, 42–50.
Khairani, A, Sugianto, A, Ildiyanita, R. (2023). ‘Teknik Self-Management Untuk Meningkatkan Nilai Karakter Mandiri Belajar Siswa’, Journal of Education Research, 4.3, 1488–94.
KSKK, D. M. (2022). ‘Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin’, Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1–108.
Musfah, J. (2012). Peningkatan Kompetensi Guru: Melalui Pelatihan Dan Sumber Belajar Teori Dan Praktik (Kencana).
Ilyas. (2022). ‘Strategi Peningkatan Kompetensi Profesional Guru’, Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 2.1, 34–40.
Jumrawarsi, dan Suhaili, N. (2021). Peran Seorang Guru Dalam Menciptakan Lingkungan Belajar Yang Kondusif’, Ensiklopedia Education Review, 2.3, 50–54.
KEMENDIKBUD. (2024). ‘Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia Tentang Fasilitasi Terhadap Organisasi Profesi Guru Nomor 67 Tahun 2024.
Kurnia, I, R, dkk. (2024). ‘Analisis Empat Standar Kompetensi Guru Di Lingkungan Sekolah Dasar’, Jurnal Pendidikan Dasar, 15.1, 65–74.
Maharani, V, A, dan Saputro, E,P. (2024). ‘Pengaruh Influencer, Brand Image, Dan Product Quality Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Skincare Skintific’, El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 5.3, 1899–914.
Qibthiyah, M, Ainol, dan Zaini, B. (2024) ‘Pengaruh Praktik Pengalaman Lapangan Kependidikan Dan Self-Efficacy Terhadap Kesiapan Menjadi Guru Pada Mahasiswa Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Zainul Hasan Genggong’, Jurnal Kependidikan Islam, 14.1, 21–33.
Maulana, A, S, dan Hidayat, R. (2024). ‘Analisis Kepuasan Pengguna Pada Website PT.Tunas Ridean Tbk Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (TAM)’, Remik: Riset Dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer, 8.2, 485–93.
Lubaba, M, N, dan Alfiansyah, I. (2022) . ‘Analisis Penerapan Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Di Sekolah Dasar’, Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 5.3, 2573–81
Abrory, M, W, dkk, (2024). ‘Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap Fitur Magic Studio Aplikasi Canva Pada Lingkup Mahasiswa Menggunakan Metode TAM’, Prosiding Seminar Nasional Teknologi dan Sistem Informasi (SITASI), 168–77.
Noviani, L, Setyowibowo, F, dan Wahyono, B. (2023). ‘Penguatan Kompetensi Guru Dalam Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila’, Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1.1, 90–95.
Wahidah, N, M. dkk. (2023). ‘Implementasi Profil Pelajar Pancasila Di SMP Negeri 1 Mataram’, Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8.1b, 696–703.
Pawartani, T, dan Suciptaningsih, O, A, (2024). ‘Pengembangan Kompetensi Guru Untuk Mendukung Implementasi Kurikulum Merdeka’, JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7.3, 2182–91.
Pianda, D, (2018). Kinerja Guru: Kompetensi Guru, Motivasi Kerja Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah (CV Jejak Publisher).
Indriawati, P, dkk. (2023). ‘Gambaran Kompetensi Guru Pada Era Milenial’, Jurnal Fusion, 3,152–62.
Purnawanto, A, T. (2022). ‘Implementasi Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembelajaran Kurikulum Merdeka’, Jurnal Ilmiah Pedagogy, 5.2, 76–87.
Rahman, A. (2022). ‘Analisis Pentingnya Pengembangan Kompetensi Guru’, Ngabdimas, 2.1, 31–38.
Ramadhan, A, T, dan Hilwa, W. (2024). ‘Pengaruh Live Streaming Dan Voucher Gratis Ongkos Kirim Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen TikTok Shop Di Kota Depok)’, Great: Jurnal Manajemen Dan Bisnis Islam, 1.2, 3032–7253.
Ramaliya, ‘Pengembangan Kompetensi Guru Dalam Pembelajaran’, Bidayah: Studi Ilimu-Ilmu Keislaman, 9.1 (2018), 77–88.
Rohman, H. (2020). ‘Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru’, Jurnal MADINASIKA Manajemen Dan Kelas, 1.2, 92–102.
Saftari, M, dan Sinta. (2022). ‘Analisis Faktor Peserta, Pelatih, Prasarana, Serta Materi Pelatihan Yang Mempengaruhi Efektifitas Pelatihan Menggunakan Smart-PLS’, Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 4.2, 86–98.
Sari, N, M, dan Yulia, P. (2023) ‘Kompetensi Kepribadian Guru Matematika Di Madrasah Tsanawiyah’, Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3.1, 73–82.
Setiabudhi, H, dkk. (2025). Analisis Data Kuantitatif Dengan SmartPLS 4 (Borneo Novelty Publishing,)
Shilviana, Khusna, and Tasman Hamami, ‘Pengembangan Kegiatan Kokurikuler Dan Ekstrakurikuler’, Palapa, 8.1 (2020), pp. 159–77, doi:10.36088/palapa.v8i1.705
Somantri, D. (2021). ‘Abad 21 Pentingnya Kompetensi Pedagogik Guru’, Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 18.02, 188–95.
Suleman, R, dan Luneto, B. (2023). ‘Implementasi Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMK Negeri 1 Limboto’, Pekerti: Journal Pendidikan Islam Dan Budi Pekerti, 5.1, 13–22.
Sulistyati, D, M. Wahyaningsih, S dan Wijania, I, W. (2021). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila,
Sunarsih, A, dkk. (2022). ‘Kompetensi Guru: Konsep Dan Implikasi’, no. July.
Suriadi, H, J, Firman, dan Ahmad, R. (2021). ‘Analisis Problema Pembelajaran Daring Terhadap Pendidikan Karakter Peserta Didik’, Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3.1, 165–73.
Susanti, N, Darmansyah, dan Fitria, Y. (2024). ‘Implementasi Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar.’, Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9.1, 2169–78.

Sutiyono, (2022). ‘Analisis Faktor Pendukung Dan Faktor Penghambat Pembentukan Profil Pelajar Pancasila SD Negeri Deresan Sleman’, no. August, 1–10.
Ulandari, S, dan Rapita, D, D. (2023). ‘Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Menguatkan Karakter Peserta Didik’, Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8.2, 116-32.
Wahyuni, S, dan Haryanti, N. (2024). ‘Optimalisasi Kompetensi Guru Dalam Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Media Digital’, Wahana Dedikasi: Jurnal PkM Ilmu Kependidikan, 7.1, 142–54.
Utami, W, B. dkk. (2024). ‘Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar Dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila’, Journal of Education Research, 5.3, 2573–81.
Winarni, E W. (2021). Teori Dan Praktik Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R & D (Bumi Aksara).
Bagou, D, Y, dan Suking, A. (2020). ‘Analisis Kompetensi Profesional Guru’, Jambura Journal of Educational Management, 1.September, 122–30.
Published
2025-06-01
How to Cite
Mukarromah, Ameliatul, Ainol Ainol, and InzahM. 2025. PARAMUROBI: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM 8 (1), 116-33. Accessed July 15, 2025. https://doi.org/https://doi.org/10.32699/paramurobi.v8i1.9233.