PENGGUNAAN MEDIA ONLINE DALAM PROSES PEMBELAJARAN PAI PADA WAKTU PANDEMI COVID-19
Abstrak
Permasalahan pembelajaran di sekolah masih memerlukan pembenahan baik secara teknis, metode pembelajaran, media maupun yang berkaitan dengan proses pembelajaran di sekolah, ketika dunia dihadapkan pada pandemi yang melanda. Dimana epidemi berdampak pada pembelajaran di sekolah. Keadaan ini memaksa dunia pendidikan untuk melakukan proses pembelajaran secara online. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mempelajari dan memahami penggunaan media online dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pada masa Pandemi. Penulisan artikel ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan sumber data sekunder yang diperoleh dari observasi online dan tinjauan pustaka. Hasil penelitian membuktikan bahwa penggunaan media online selama pandemi ini menimbulkan berbagai respon dan dampak serta perubahan sistem pembelajaran yang dapat mempengaruhi proses pembelajaran dan tingkat perkembangan siswa dalam merespon materi yang disajikan.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Abdul Majid. (2014). Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya offset, Cet. II,
B. Hamzah dan Nina Lamatenggo. (2010). Teknologi Komunikasi Dan Informasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Heri Gunawan, (2012). Kurikulum Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: CV. ALVABETA.
Jensen, Eric. (2008). Brain-Based Learning . Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Muhaimin. (2007). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, dan Perguruan Tinggi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Prawiradilaga, Salma Dewi (2012). Wawasan Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Prawiradilaga, Salma Dewi. dan Eveline Siregar (2007). Mozaik Teknologi Pendidikan. Jakarta: kencana.
Rusman, dkk. (2011). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi: Mengembangkan Profesionalitas Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Rusman. (2013). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionlisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Sanjaya, Wina. (2011). teori dan praktik pengembangan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Syaefudin, Udin, (2013). Inovasi Pendidikan. Bandung: CV. Alfabeta. Standar Nasional Pendidikan (SNP). (2006). Jakarta: Asa Mandiri.
Syafaruddin, dkk.(2015) Inovasi Pendidikan. Medan : Perdana Publishing. , 29.
Trianto, (2007). Model-model Pembelajaran iInovatif berorientasi kontruktivistik. Prestasi Pustaka: Jakarta
LPPKSP Kemdikbud. Panduan Kepala Sekolah pada masa pandemi Covid-19. 2020. Html. Hlm. 2. Pengawas Disdik Kota Bandung. Jawa Barat.
Jurnal:
Asmuni, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281-288.
Jaelani, A., Fauzi, H., Aisah, H., & Zaqiyah, Q. Y. (2020). Penggunaan Media Online Dalam Proses Kegiatan Belajar Mengajar Pai Dimasa Pandemi Covid-19 (Studi Pustaka dan Observasi Online). Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 8(1), 12-24.
Lubis, M., & Yusri, D. (2020). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis E-Learning (Studi Inovasi Pendidik MTS. PAI Medan di Tengah Wabah Covid-19). Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(1), 1-18.
Prabowo, I. (2020). Pengaruh Pembelajaran E-Learning Berbasis Moodle Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas Xi Di Sma Negeri 14 Bandarlampung (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Priatna, T. (2018). Inovasi pembelajaran PAI di sekolah pada era disruptive innovation. Jurnal Tatsqif, 16(1), 16-41.
Nurhidin, E. (2017). Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Melalui Pemanfaatan Media Pembelajaran Kontekstual Dan Pengembangan Budaya Religius Di Sekolah. Journal Kuttab, 1(1), 1-14.
Nur, I. R. D. (2016). Meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis dan kemandirian belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran brain based learning. JUDIKA (Jurnal Pendidikan Unsika), 4(1).
Nurdin, A. (2016). Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Era Information and Communication Technology. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 49-64.
Website:
https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2020/ diambil dari situs HootSuite. Diakses Diakses 09 Maret 2021. 10.58 WIB
https://rumaysho.com/13101-ilmu-dunia-engkau-lebih-paham.html Diambil dari buku “Mahasantri” karya M. Abduh Tuasikal dan M. Saifudin Hakim, yang sebentar lagi akan diterbitkan oleh Pustaka Muslim. di pos oleh Muhammad Abduh Tuasikal, MSc 16 Maret 2016. Diakses 09 Maret 2021. 10.48 WIB
Pemberitahuan Hak Cipta
1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi (menyalin dan mendistribusikan kembali materi dalam media atau format apa pun), dan menyesuaikan (mencampur, mengubah, dan membangun di atas bahan) karya untuk tujuan apa pun, bahkan secara komersial dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
2. Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan awal publikasi dalam jurnal ini.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat Pengaruh Akses Terbuka).