PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI RESOURCE BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN DI SD NEGERI 52 KOTA BENGKULU
Motivasi Belajar, Resource Based Learning
Abstract
Hasil penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa melalui pembelajaran Resource Based Learning (RBL) dalam pembelajaran di SD Negeri 52 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yakni proses pengkajian masalah pembelajaran di dalam kelas melalui refleksi diri dan upaya memecahkannya dengan cara melakukan berbagai tindakan yang terencana dalam situasi nyata serta menganalisis setiap pengaruh dari tindakan tersebut.Dalam penelitian ini yang menjadi subyek adalah siswa kelas V SD Negeri 52 Kota Bengkulu. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa strategi pembelajaran Resource Based Learning (RBL) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPA kelas V di SD Negeri 52 Kota Bengkulu. Hal ini dapat dilihat dari uraian berikut yaitu proses kegiatan aktivitas belajar siswa terlihat meningkat dari setiap siklusnya.
Downloads
References
Departemen Agama. Al- Qur’an dan Terjemahanya. Al- Jumatul Ali. Bandung: CV Penerbit J-ART anggota IKAPI. 2005.
Dimyati. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2009. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
_____________. 2012. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.
Khotimah, Khusnul. 2009. Implementasi pembelajaran Berbasis Sumber (Resource Based Learning) dalam mingkatkan penguasaan siswa terhadap materi zakat. Sidoarjo.
Muslichah, Asyari. 2006. Penerapan Sains Teknologi Masyarakat Dalam Pembelajaran Sainis di SD.Depdiknas Dirjen Dikti Direktorat Ketenagaan.
Nasution. 2008. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Rusman. 2009. Manajemen Kurikulum. Jakarta: Raja Wali Pers.
Sagala, Syaiful. 2014. Konsep dan Makna Pembelajaran untuk Memecahkan Problematika belajar dan mengajar. Bandung: Alfabeta.
Samatowa, Usma. 2010. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta:Indeks.
Sam’s, RosmaHartiny. 2010. Model Penelitian Tindakan Kelas Tehnik Bermain Konstruktif Untuk Peningkatan Hasil Belajar Matematika. Yogyakarta: Teras.
Sardiman A. M. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rajawali Pers.
Sitepu. 2014. Pengembangan Sumber Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sudijono, Anas. 2008. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja GrafindoPersada,
Sudjana , Nana. 2006. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosda karya.
Sulistyorini, Sri. 2007.Model pembelajaran IPA sekolah Dasar dan Penerapannya Dalam KTSP. Yogyakarta:Penerbit Tiara Wacana,
Suryosubroto. 2009. Proses Belajar Mengajar Di Sekolah.Jakarta: PT Rineka Cipta.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam KTSP.Jakarta :BumiAksara.
Uno, Hamzah B. 2014. Teori Motivasi Dan Pengukuranya. Jakarta: PT Bumi Aksara.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format), and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).