PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI RESOURCE BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN DI SD NEGERI 52 KOTA BENGKULU

  • Ahmad Suradi Pascasarjana IAIN Bengkulu
  • Ummi Kalsum Fakultas Tarbiyah IAIN Bengkulu
  • Nilawati Nilawati MI Nurul Huda Kota Bengkulu
Keywords:
Motivasi Belajar, Resource Based Learning

Abstract

Hasil penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa melalui pembelajaran Resource Based Learning (RBL) dalam pembelajaran di SD Negeri 52 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yakni proses pengkajian masalah pembelajaran di dalam kelas melalui refleksi diri dan upaya memecahkannya dengan cara melakukan berbagai tindakan yang terencana dalam situasi nyata serta menganalisis setiap pengaruh dari tindakan tersebut.Dalam  penelitian ini yang menjadi subyek adalah siswa kelas V SD Negeri 52 Kota Bengkulu. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa strategi pembelajaran Resource Based Learning (RBL) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPA kelas V di SD Negeri 52 Kota Bengkulu. Hal ini dapat dilihat dari uraian berikut yaitu proses kegiatan aktivitas belajar siswa terlihat meningkat dari setiap siklusnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Departemen Agama. Al- Qur’an dan Terjemahanya. Al- Jumatul Ali. Bandung: CV Penerbit J-ART anggota IKAPI. 2005.
Dimyati. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2009. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
_____________. 2012. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.
Khotimah, Khusnul. 2009. Implementasi pembelajaran Berbasis Sumber (Resource Based Learning) dalam mingkatkan penguasaan siswa terhadap materi zakat. Sidoarjo.
Muslichah, Asyari. 2006. Penerapan Sains Teknologi Masyarakat Dalam Pembelajaran Sainis di SD.Depdiknas Dirjen Dikti Direktorat Ketenagaan.
Nasution. 2008. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Rusman. 2009. Manajemen Kurikulum. Jakarta: Raja Wali Pers.
Sagala, Syaiful. 2014. Konsep dan Makna Pembelajaran untuk Memecahkan Problematika belajar dan mengajar. Bandung: Alfabeta.
Samatowa, Usma. 2010. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta:Indeks.
Sam’s, RosmaHartiny. 2010. Model Penelitian Tindakan Kelas Tehnik Bermain Konstruktif Untuk Peningkatan Hasil Belajar Matematika. Yogyakarta: Teras.
Sardiman A. M. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rajawali Pers.
Sitepu. 2014. Pengembangan Sumber Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sudijono, Anas. 2008. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja GrafindoPersada,
Sudjana , Nana. 2006. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosda karya.
Sulistyorini, Sri. 2007.Model pembelajaran IPA sekolah Dasar dan Penerapannya Dalam KTSP. Yogyakarta:Penerbit Tiara Wacana,
Suryosubroto. 2009. Proses Belajar Mengajar Di Sekolah.Jakarta: PT Rineka Cipta.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam KTSP.Jakarta :BumiAksara.
Uno, Hamzah B. 2014. Teori Motivasi Dan Pengukuranya. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Published
2021-06-10
How to Cite
Suradi, Ahmad, Ummi Kalsum, and Nilawati Nilawati. 2021. PARAMUROBI: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM 4 (1), 103-19. Accessed November 3, 2024. https://doi.org/https://doi.org/10.32699/paramurobi.v4i1.1789.

STATISTICS

Abstract viewed = 249 times
pdf (Bahasa Indonesia) downloaded = 133 times