THE DEVELOPMENT OF RELIGIOUS AND MORAL VALUES (STTPA ACHIEVED)
development, religious and moral values
Abstract
This study aims to determine the development of religious and moral values of early childhood in achieving STPPA and to know what can affect the development of religious and moral values of early childhood in achieving STPPA. This research is a qualitative research with analytic descriptive method. Technique of collecting data using interview then subject in this research is student of Kindergarten 'Aisyiyah Bustanul Athfal Sapen Yogyakarta with name of Siti Aisyah Khaira. The results of this study indicate that the development of religious values and moral subject has been achieved in accordance with the standards of achievement level of child development.
Downloads
References
Ardy wiyani, Novan. 2014. Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini, Yogyakarta: Gava Media.
Ardy Wiyani dan Barnawi, Novan. 2016. Format Paud, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Desmita. 2009. Psikologi Perkembangan Peserta didik, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Jahja, Yudrik. 2011. Psikologi Perkembangan, Jakarta: Kencana.
Ki fudyartanta. 2012. Psikologi Perkembangan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Masnifal. 2013. Siap Menjadi Guru Dan Pengelola Paud Professional, Jakarta: PT Alex Media Komputinto.
Mursid. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mansur. 2007. pendidikan anak usia dini dalam islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Pransiska, Toni . 2015. Kado Istimewa Untuk Anaku, Yogyakarta: Pustaka Ilmu.
Purwakania Hasan, Aliah B. 2006. Psikologi Perkembangann Islami, Jakarta: Rajawali Press.
Pramunditya Ambara, Didith. 2014. Asesmen Anak Usia Dini, Yogyakarta: Graha Ilmu.
Syah, Muhibbin. 2014. Telaah Singkat Perkembangan Peserta Didik, Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Sjarkawi. 2006. Pembentukan Kepribadian Anak, Jakarta: Bumi Aksara.
Suyadi. 2013. Psikologi Belajar Paud, Yogyakarta: Pedagogia.
Yusuf dan Nani M Sugandhi, Syamsu. 2011. Perkembangan Peserta Didik, Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Yusup LN, Syamsul . 2011. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja, Bandung: Rosda.
Anik Lestari, pengaruh penggunaan media vcd terhadap nilai-nilai agama dan moral anak, dalam Jurnal Pendidikan anak usia dini, Vol 8 No 2 (November 2014), di akses pada tangga l4 Juni 2017 pukul 10:00 WIB dari https://scholar.google.co.id/
Mahlan Asmar dan Siti Nurliana, upaya mengembangkan aspek nilai-bilai agama dan moral dalam membedakan perbuatan baik dan buruk menggunakan model examples non examples dengan variasi media papan planel pada anak kelompok B TK puspa kencana banjarmasin, dalam Jurnal Paradigma, Vol 9 No 1 (Januari 2014),di akses pada tanggal 4 Juni 2017 pukul 10:00 WIB dari https://scholar.google.co.id/
Amir Syamsudin, Pengembangan Nilai-Nilai Agama Dan Moral Pada Anak Usia Dini, dalam jurnal pendidikan anak, vol 1 edisi 2 (Desember 2012), di akses pada tanggal 4 Juni 2017 pukul10:00 WIB dari https://scholar.google.co.id/
Sapendi, internalisasi nilai-nilai moral agama pada anak usia dini, dalam Jurnal AT-Turats, Vol 9 No 2 (Desember 2015), di akses pada tanggal 4 Juni 2017 pukul10:00WIB dari https://scholar.google.co.id/
Muhammad Ali Saputra, penanaman nilai-nilai agama pada anak usia dini di r.a ddi addariyah kota palopo, dalam Jurnal Al-Qolam, Vol 20 No 2 (Desember 2014), diakses pada tanggal 4 Juni 2017 pukul 10:00 WIB dari https://scholar.google.co.id/
Arif Hakim, Pengembangan Nilai-Nilai Agama Dan Moral Ditaman Kanak-Kanak (Analisis Deskriptif Di Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung, dalam Jurnal Ta’dip, Vol 5 No 1 (November 2016), di akses pada tanggal 4 Juni 2017 pukul 10:00 WIB dari https://scholar.google.co.id/
Denok Dwi Anggraini, peningkatan pengembangan nilai agama dan moral melalui metode bercerita, dalam Jurnal PG-PAUD Trunojoyo, Vol 2 No 2 (Oktober 2015), diakses pada tanggal 4 Juni 2017 pukul 10:00 WIB dari https://scholar.google.co.id/
Anata Ikrommullah, tahap perkembangan moral santri mahasiswa menurut Lawrence Kohlberg, dalam Jurnal Pendidikan pancasila dan kewarganegaraan, No2 (Agustus 2015), diakses pada tanggal 4 Juni 2017 pukul 10:00 WIB dari https://scholar.google.co.id/
Yuningsih, menguatkan kembali pendidikan keagamaan dan moral anak didik, Vol. VII No. 2 (Agustus 2014), diakses pada tanggal 4 Juni 2017 pukul 10:00 WIB darihttps://scholar.google.co.id/
Siti Nurliana, upaya mengembangkan aspek nilai-bilai agama dan moral dalam membedakan perbuatan baik dan buruk menggunakan model examples non examples dengan variasi media papan planel pada anak kelompok B TK puspa kencana banjarmasin, dalam Jurnal Paradigma, Vol. 9 No. 1 (Januari 2014), di akses pada tanggal 4 Juni 2017 pukul 10:00 WIBdarihttps://scholar.google.co.id/s
Copyright Notice
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format), and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).