PERAN KECERDASAN SPIRITUAL DAN EMOSIONAL MAHASISWA DALAM MEMAHAMI ILMU AKUNTANSI
Lecturer competence, lecturer professionalism, spiritual intelligence, emotional intelligence, level of understanding of accounting.
Abstract
This study examines the role of spiritual intelligence and emotional intelligence in FEB UNSIQ Wonosobo students. The competence and professionalism variables of the lecturers were also investigated. The sampling technique used a purposive sampling technique, obtained a sample of 141 respondents. Data analysis in this study used a multiple linear regression method. The results of this study indicate that lecturer competence, spiritual intelligence, and emotional intelligence have a significant effect on the level of understanding of accounting science, while the professionalism of lecturers does not affect the level of understanding of accounting. The limitation of this study is the low determination value of 27% so that the results of this study can be explored further with new variables.
Downloads
References
Agustian, Ary Ginanjar. 2001. Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual, ESQ:Emotional Spiritual Quotient berdasarkan 6 Rukun Iman dan 5Rukun Islam. Jakarta:
Arga Wijaya Persada. Agustian, Ary Ginanjar. 2001. Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual, ESQ:Emotional Spiritual Quotient berdasarkan 6 Rukun Iman dan 5 Rukun Islam. Jakarta:
Arga Wijaya Persada. Alamsyah, Sakti. 2013.” Pengaruh Kompetensi Pedagogik Dosen Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa”.Jurnal UMMI. Universitas Muhammadiyah Sukabumi.
Ambarita, Indah. 2016. Pengaruh Kompetensi Mengajar Dosen Dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Melalui Motivasi Belajar Mahasiswa Di Stmik Kaputama Kota Binjai. Tesis. Magister Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sumatera Utara Medan.
Andriawati, Eka. 2013.“Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sma”. Laporan Peneltian Tidak Dipublikasikan. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura Pontianak.
Ardana, I Cenik, Lerbin R. Aritonang & Elizabeth Sugiarto Dermawan. 2013. ”Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Dan Kesehatan Fisik Untuk Memprediksi Prestasi Belajar Mahasiswa Akuntansi”.JurnalAkuntansi/Volume XVII, No. 03, September 2013: 444-458.
Auliah, M. R., & Kaukab, M. E. (2019). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Pemahaman Akuntansi, dan Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Terhadap Pelaporan Keuangan UMKM Berdasarkan SAK ETAP (Studi Kasus Pada Umkm di Kabupaten Wonosobo). Journal of Economic, Business and Engineering (JEBE), 1(1), 131-139.
Azhad, M Naely. 2015 Manajemen Sumberdaya Manusia. Jember. Cahaya Ilmu. Basuki, Kasih Haryo. 2015. Pengaruh Kecerdasan Spiritual Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif 5(2): 120-133, ISSN: 2088-351X.
Daud, Firdaus, 2012.” Pengaruh Kecerdasan Emosional (EQ) dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA 3 Negeri Kota Palopo”. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, Volume 19, Nomor 2, Oktober 2012.
Dhermawan, Anak Agung Ngurah Bagus, I Gde Adnyana Sudibya dan I Wayan Mudiartha Utama. 2012.”Pengaruh Motivasi, Lingkungan Kerja, Kompetensi, Dan Kompensasi Terhadap Kepuasan Kerja Dan Kinerja Pegawai Di Lingkungan Kantor Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Bali”. Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis, dan Kewirausahaan Vol. 6, 173 No. 2 Agustus 2012.
Dimyati dan Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Fitri, Yulianti. (2012). Hubungan Kompetensi Pedagogik Guru PAI dengan prestasi Belajar pada PAI. Jurnal Tarbawi Vol. 1 No. 2 Juni 2012.
Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. .
Goleman, Daniel. 2006. Emotional Intelligence, Kecerdasan Emosional Mengapa EI Lebih Penting daripada IQ. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Hapsari, Riska Pramita. 2010. Hubungan Antara Kecerdasan Spiritual Dengan Motivasi Belajar Pada Mahasiswa D IV Kebidanan Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret. Laporan Penelitian. Program Studi D IV Kebidanan Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta
Harmaini. 2012. “Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Profesionalitas Guru Mengajar dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada SMK Se-Kota Bangkinang”. Jurnal Bahasa Vol. 2, Nomor 2 Oktober 2012
Ayadi, Ahmad Rizal. 2013. “Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Perilaku Belajar terhadap Pemahaman Akuntansi (Studi Pada Mahasiswa Akuntansi Program S1 Universitas Brawijaya)”. Jurnal Ilmiah Akuntansi Universitas Brawijaya.
Julino, Sabto. 2013. “Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Pada Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Tanjungpura”. Jurnal Audit dan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Tanjungpura.Vol. 2, No. 2, Desember 2013. hal. 137 – 169.
Melandy, Rissyo dan Aziza, Nurna.2006. Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi, Kepercayaan Diri sebagai Variabel Pemoderasi. Simposium Nasional Akuntansi IX Padang.
Nugraha, Aditya Prima. 2013. Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Perilaku Belajar terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Skripsi Universitas Jember.
Patton, Patricia, 2000, EQ (Kecerdasan Emosional): Landasan Untuk Meraih Sukses Pribadi dan Karier, PT Mitra Media, Jakarta.
Suryaningrum, Sri dan Trisnawati, Eka Indah. 2003. “Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Pemahaman Akuntansi”. Jurnal Akuntansi Manajemen. Vol. 6 No. 5, hal 1073- 1091.
Suwardjono.2004, Perilaku Belajar di Perguruan Tinggi. http://www- .suwardjono.com. (18 Desember 2015)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format), and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).