Analisis Kepuasan Konsumen Pada E-Commerce
Kualitas Sistem, Layanan, Keamanan, Kepuasan Konsumen
Abstract
Tujuan - Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh kualitas sistem, layanan, dan keamanan terhadap kepuasan konsumen pada Tokopedia.
Metodologi - Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis Universitas Sains Al-Qur’an yang berjumlah 81 mahasiswa dari tiga jurusan yang berbeda. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner online melalui google form yang telah diuji validitas dan realibilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis adalah Regresi Linear Berganda.
Hasil - Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kualitas sistem dan layanan berpengaruh signifikan terhadap variabel kepuasan konsumen, sedangkan variabel keamanan tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Hal ini dapat dibuktikan dengan kualitas sistem yang memiliki t hitung 3,434 dengan nilai signifikan 0,001 < 0,05. Layanan dibuktikan dengan t hitung 5,224 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Dan Keamanan dibuktikan dengan t hitung 0,090 dengan nilai signifikan 0,315 > 0,05.
Implikasi – Penelitian ini diharapkan menjadi rujukan bagi penelitian – penelitian sejenis yang membahas tentang ecommerce.
Orisinilitas – Penelitian ini merupakan yang pertama membahas pengaruh kualitas sistem, layanan, dan keamanan terhadap kepuasan pelanggan ecommerce pada konsumen mahasiswa UNSIQ.