Analisis Dimensi Faktor Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian

(Studi Kasus pada Konsumen Swalayan United Mart Kalikajar)

  • Afifah Farrah Dania Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo
  • M. Trihudiyatmanto Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo
  • Heri Purwanto Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo
Keywords:
Motivasi, Persepsi, Pembelajara, Sikap, Keputusan pembelian

Abstract

Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh Faktor Psikologis yang meliputi Motivasi, Persepsi, Pembelajaran, dan Sikap terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada konsumen Swalayan United Mart Kalikajar).

Metodologi – Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi penelitian ini adalah konsumen Pembalut Laurier pada Swalayan United Mart Kalikajar. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan indikator variabel dengan jumlah sampel sebanyak 80 responden. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis ini adalah Regresi Linear Berganda.

Hasil – penelitian ini menunjukan bahwa Motivasi, Persepsi, Pembelajaran, dan Sikap berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada konsumen Swalayan United Mart Kalikajar). Hal ini dapat dibuktikan dengan motivasi dengan nilai thitung (2,273) > ttabel (1,99210) dan tingkat signifikansi 0,026. Persepsi dengan nilai thitung (2,809) > ttabel (1,99210) dan tingkat signifikansi 0,006. Pembelajaran dengan nilai thitung (3,533) > ttabel (1,99210) dan tingkat signifikansi 0,001. Sikap dengan nilai thitung (5,698) > ttabel (1,99210) dan tingkat signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05.

Keterbatasan – Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Deangan demikian penelitian ini bergantung pada kemampuan responden dalam memahami setiap pertanyaan.

Agenda Penelitian Yang Akan Datang – Penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan penelitian ini dengan menambahkan variabel dan indikator lain, baik mengganti atau menambah variabel lain, serta alat ukur yang lebih baik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-01-29
How to Cite
DaniaA., TrihudiyatmantoM., & PurwantoH. (2024, January 29). Analisis Dimensi Faktor Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian. MAGNA: Journal of Economics, Management, and Business, 3(1), 9-24. https://doi.org/https://doi.org/10.32699/magna.v3i1.6643
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 217 times
PDF downloaded = 105 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>