Pengaruh Citra Toko Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening

( Studi Empirik Pada Konsumen Alfamart di Semarang)

  • Bambang Dewantoro Akademi Manajemen Informatika dan Komputer Jakarta Teknologi Cipta Semarang (AMIK JTC SEMARANG)
  • M. Trihudiyatmanto Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sains Al-Qur'an Jawa Tengah di Wonosobo
Keywords:
Citra Toko, Keputusan Pembelian, Minat Beli.

Abstract

Tujuan - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra toko terhadap keputusan pembelian melalui minat beli pada konsumen Alfamart di Semarang. 

Metodologi - Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen Alfamart di Semarang. Teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling dengan jumlah sampel sebanyak 104 orang responden. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan kuesioner, yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis adalah Structural Equation Modeling (SEM). 

Hasil - Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Citra toko berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli, (2) Citra Toko berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian melalui Minat beli, (3) Citra Toko berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian, (4) Minat Beli berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Hal ini dibuktikan dengan koefisien mediasi Minat Beli sebesar 1,099 lebih besar dari pengaruh langsung sebesar 0,514 sehingga variable Minat Beli terbukti mampu memediasi pengaruh Citra Toko terhadap Keputusan Pembelian.  

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-01-30
How to Cite
DewantoroB., & TrihudiyatmantoM. (2025, January 30). Pengaruh Citra Toko Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. MAGNA: Journal of Economics, Management, and Business, 4(1), 38-50. https://doi.org/https://doi.org/10.32699/magna.v4i1.8978
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>