Kepuasan Kerja: Dalam Pengaruh Promosi Jabatan Terhadap Prestasi Kerja Pegawai

(Studi Pada Pegawai Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan Kabupaten Wonosobo)

  • Nafisatul Maesaroh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sains Al-Qur'an Jawa Tengah di Wonosobo
  • M. Trihudiyatmanto Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo
Keywords:
Promosi Jabatan, Kepuasan Kerja, Prestasi Kerja

Abstract

Tujuan - Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh promosi jabatan terhadap prestasi kerja pegawai dengan kepuasan kerja sebagai variabel intervening pada pegawai Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan Kabupaten Wonosobo.

Metodologi - Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Pegawai Negri Sipil Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan Kabupaten Wonosobo. Teknik pengambilan sempel menggunakan teknik probability yaitu sensus sempling yang mana berdasarkan data yang diperoleh dalam wawancara dengan jumlah sempel sebanyak 121 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dibagikan secara offline. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan uji kualitas data, analisis data, analisis faktor konfirmatori, uji analisis data SEM, pengujian hipotesis, dan koefisien determinasi.

Hasil - Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Uji t Parsial diperoleh hasil bahwa variabel Promosi Jabatan dan Kepuasan Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Kerja Pegawai Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan Kabupaten Wonosobo.  Variabel Promosi Jabatan dimediasi oleh Kepuasan Kerja juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Kerja Pegawai Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan Kabupaten Wonosobo.

Implikasi - Sebagai informasi atau masukan bagi pemimpin untuk mengetahui dan mengembangkan prestasi kerja pegawai. Serta dapat dijadikan sebagai dasar dalam pengambilan keputusan kedepannya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-01-30
How to Cite
MaesarohN., & TrihudiyatmantoM. (2023, January 30). Kepuasan Kerja: Dalam Pengaruh Promosi Jabatan Terhadap Prestasi Kerja Pegawai. MAGNA: Journal of Economics, Management, and Business, 2(1), 15-29. https://doi.org/https://doi.org/10.32699/magna.v2i1.3734
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 388 times
PDF downloaded = 156 times