Analisis Dimensi Elektronic Word of Mouth Terhadap Keputusan Berkunjung Ke Tempat Wisata TRMS Serulingmas

(Studi Pada Tempat Wisata di Kabupaten Banjarnegara)

  • Ari Pranaditya Universitas Islam Sultan Agung Semarang
  • M. Trihudiyatmanto Universitas Sains Al-Quran Jawa Tengah di Wonosobo
Keywords:
Dimensi Word of mouth, intensity, valence of opinion positive, content dan Keputusan berkunjung.

Abstract

Tujuan - Penelitian ini bertujuan menemukan pengaruh dimensi word of mouth terhadap keputusan berkunjung ke tempat wisata TRMS Serulingmas, dengan survei yang dilakukan pada pengunjung wisata TRMS Serulingmas Kabupaten Banjarnegara.

Metodologi - Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan metode insidental sampling, dimana sampel yang terpilih adalah 116 orang pengunjung wisata TRMS Serulingmas Kabupaten Banjarnegara. Data diolah menggunakan metode uji statistik regresi linier berganda.

Hasil - Hasil penelitian ini membuktikan bahwa variabel intensity dengan nilai Sig 0,003<0,005, variabel valence of opinion positive dengan nilai sig. 0,015<0,05, dan variabel content dengan sig. 0,021<0,05 memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung pada wisata TRMS Serulingmas Kabupaten Banjarnegara.

Keterbatasan – Peneliti sudah berusaha yang sebaik mungkin untuk memperoleh hasil yang valid dan rinci dalam penelitian ini, namun penulis tidak dapat memastikan kebenaran data yang diperoleh hanya dengan observasi dan membagikan kuesioner kepada responden, sehingga memungkinkan responden dalam memberikan jawaban yang kurang memahami.

Agenda Peneliti Menadatang - Untuk penelitian yang akan datang perlu cara lain untuk pengisian kuesioner sehingga responden yang mengisi dapat sesuai degan karakteristik dan dapat mengisi dengan tepat untuk mendapatkan data yang valid.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-07-31
How to Cite
PranadityaA., & TrihudiyatmantoM. (2024, July 31). Analisis Dimensi Elektronic Word of Mouth Terhadap Keputusan Berkunjung Ke Tempat Wisata TRMS Serulingmas. MAGNA: Journal of Economics, Management, and Business, 3(2), 84-97. https://doi.org/https://doi.org/10.32699/magna.v3i2.8100
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times