Pengaruh Viral Marketing, Brand Awarness Dan Kepuasan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pelanggan Produk Kecantikan Nasa

(Studi Kasus Pada Stockist NASA R.508 Banjarnegara)

  • Davit Arifin Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sains Al-Qur'an Jawa Tengah di Wonosobo
  • Bahtiar Efendi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sains Al-Qur'an Jawa Tengah di Wonosobo
  • Heri Purwanto Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sains Al-Qur'an Jawa Tengah di Wonosobo
  • Muhammad Gilang Maulana Azka Magister Manajemen, Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto, Indonesia
Keywords:
Viral Marketing, Brand Awareness, Kepuasan, Keputusan Pembelian, Stockist NASA

Abstract

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh viral marketing, kesadaran merek, dan kepuasan pelanggan terhadap keputusan pembelian produk kecantikan NASA, dengan studi kasus pada Stockist NASA R.508 Banjarnegara. 

Metode: Penelitian ini menggunakan angket (kuesioner) sebagai metode pengumpulan data dengan sampel 114 responden yang dipilih melalui metode accidental sampling. Responden merupakan pelanggan yang telah melakukan pembelian minimal tiga kali di Stockist NASA R.508 Banjarnegara. Data yang digunakan adalah data primer, dengan analisis data menggunakan regresi linier berganda.

Hasil: Penelitian ini menjelaskan bahwa viral marketing, kesadaran merek, dan kepuasan pelanggan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk kecantikan NASA.. Viral marketing berkontribusi dalam menyebarkan informasi produk secara luas dan cepat melalui media sosial. Brand awareness membantu meningkatkan kepercayaan dan daya tarik pelanggan terhadap produk. Sementara itu, kepuasan pelanggan memperkuat loyalitas dan mendorong keputusan pembelian ulang.

Keterbatasan: Keterbatasan mengandalkan pengumpulan data melalui kuesioner, sehingga terdapat kemungkinan responden memberikan jawaban yang sangat kurang dengan kondisi yang sebenarnya. Selain itu, cakupan penelitian terbatas pada pelanggan Stockist NASA R.508 Banjarnegara, sehingga hasilnya mungkin tidak dapat digeneralisasi ke semua pelanggan produk kecantikan NASA.

Implikasi: Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi Stockist NASA R.508 Banjarnegara dalam meningkatkan efektivitas strategi pemasaran, terutama melalui pemanfaatan viral marketing, penguatan brand awareness, dan peningkatan kepuasan pelanggan untuk mendorong keputusan pembelian. Selain itu, penelitian ini dapat menjadi referensi bagi bisnis serupa dalam merancang strategi promosi yang lebih efektif menggunakan platform digital.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-01-30
How to Cite
ArifinD., EfendiB., PurwantoH., & Maulana AzkaM. (2025, January 30). Pengaruh Viral Marketing, Brand Awarness Dan Kepuasan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pelanggan Produk Kecantikan Nasa. Magna: Journal of Economics, Management, and Business, 4(1), 52-62. https://doi.org/https://doi.org/10.32699/magna.v4i1.9043
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>