Women Entrepreneural Success: Investigasi Empiris

  • Maretta Astiana Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an, Wonosobo, Indonesia
  • M. Elfan Kaukab Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an, Wonosobo, Indonesia
  • Muhammad Gilang Maulana Azka Magister Manajemen, Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto, Indonesia
Keywords:
Woman Entrepreneurial Success, Management Skill, Financial Investor, Human Capital, Motivasi

Abstract

Tujuan - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh management skill, financial investor, human capital dan motivasi terhadap women entrepreneurial success pada usaha carica di Kabupaten Wonosobo.

Metodoologi – Sampel dalam penelitian ini berjumlah 84 responden. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis regresi linier berganda dengan tingkat signifikan 5%.

Hasil - Hasil perhitungan dengan pengujian parsial (uji t) dimana variabel manajemen skill tingkat signifikansinya sebesar 0,03, variabel financial investor tingkat signifikansinya 0,037, variabel human capital tingkat signifikansinya 0,048, dan variabel motivasi tingkat signifikansinya 0,026. Dari hasil perhitungan tersebut, menunjukkan bahwa variabel management skill berpengaruh positif terhadap woman entrepreneurial success. Financial investor berpengaruh positif terhadap woman entrepreneurial success. Human capital berpengaruh positif terhadap woman entrepreneurial success. Motivasi berpengaruh positif terhadap woman entrepreneurial success.

Implikasi – Penelitian ini dapat memberikan kontribusi praktis bagi organisasi atau pelaku usaha carica terutama perempuan yang menjadi pengelola utamanya.

Orisinalitas - Pada penelitian ini melibatkan variabel independen motivasi, karena wirausaha wanita dibidang carica di Kabupaten Wonosobo berasumsi bahwa motivasi merupakan salah satu dorongan atau salah satu faktor yang memberikan semangat dalam berwirausaha baik itu motivasi dari dalam diri ataupun motivasi dari lingkungan sekitar.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-07-31
How to Cite
AstianaM., KaukabM., & Maulana AzkaM. (2023, July 31). Women Entrepreneural Success: Investigasi Empiris. MAGNA: Journal of Economics, Management, and Business, 2(2), 11-25. https://doi.org/https://doi.org/10.32699/magna.v2i2.5376
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 306 times
PDF downloaded = 113 times

Most read articles by the same author(s)