Peran Pemerintah Kabupaten Wonosobo dalam Pemulihan UMKM Pasca Pandemi Covid-19

  • Ismaul Aufa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sains Al-Quran Wonosobo, Indonesia
  • M. Elfan Kaukab Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sains Al-Quran Wonosobo, Indonesia
  • Ahmad Fahmi Nugroho Hukum Ekonomi Syariah Pascasarjana Universitas Islam Negeri Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto, Indonesia
Keywords:
Peran Pemerintah, Restrukturisasi Kredit, Kredit Modal Kerja, Digitalisasi, UMKM

Abstract

Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh peran pemerintah terhadap pemulihan UMKM; (2) Pengaruh restrukturisasi kredit terhadap pemulihan UMKM; (3) Pengaruh kredit modal kerja terhadap pemulihan UMKM; (4) Pengaruh digitalisasi UMKM terhadap pemulihan UMKM.

Metode – Penelitian ini menggunakan alat analisis regresi linier berganda menggunakan program SPSS dengan uji statistik deskriptif, uji kualitas data, uji asumsi klasik, uji F, uji hipotesis, dan uji koefisien determinasi (R2). Populasi dalam penelitian ini adalah pelaku UMKM kaki lima yang berada di Kawasan Alun-Alun Kabupaten Wonosobo dan sekitarnya, teknik pengambilan sampel menggunakan metode purpossive sampling dan rumus slovin, dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 sampel responden.

Hasil – Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Peran pemerintah berpengaruh positif terhadap pemulihan UMKM; (2) Restrukturisasi kredit berpengaruh positif terhadap pemulihan UMKM; (3) Kredit modal kerja tidak memberikan pengaruh terhadap pemulihan UMKM; (4) Digitalisasi UMKM berpengaruh positif terhadap pemulihan UMKM.

Implikasi – Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari jawaban responden melalui kuesioner yang disebarkan kepada responden.

Orisinalitas – Penelitian ini melihat hubungan beberapa faktor yang mempengaruhi pemulihan UMKM dengan tujuan untuk meningkatkan pemulihan UMKM di Kabupaten Wonosobo.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-12-22
How to Cite
AufaI., KaukabM., & NugrohoA. (2022, December 22). Peran Pemerintah Kabupaten Wonosobo dalam Pemulihan UMKM Pasca Pandemi Covid-19. MAGNA: Journal of Economics, Management, and Business, 2(1), 30-44. https://doi.org/https://doi.org/10.32699/magna.v2i1.3975
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 129 times
PDF downloaded = 160 times

Most read articles by the same author(s)