Faktor yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa dalam Berinvestasi pada Saham Syariah

  • Lifiautami Lifiautami Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an, Wonosobo, Indonesia
  • M. Elfan Kaukab Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an, Wonosobo, Indonesia
Keywords:
Minat, risiko, return, modal, medsos

Abstract

Tujuan - Penelitian ini untuk memberi bukti empiris pengaruh persepsi risiko, persepsi return, aktivitas galeri investasi, modal minimal dan media sosial terhadap minat mahasiswa Progdi Akuntansi UNSIQ Jawa Tengah di Wonosobo dalam berinvestasi pada saham syariah.

Metodologi - Penelitian ini menggunakan metode angket (kuesioner) dengan sampel penelitian 140 responden yang ditentukan menggunakan metode purposive sampling. Responden adalah Mahasiswa Akuntansi semester VI UNSIQ. Data yang digunakan adalah data primer dan teknik analisis data menggunakan Analisis Regresi Linier Berganda.

Hasil - Penelitian ini membuktikan bahwa : 1. Persepsi resiko berpengaruh positif terhadap minat mahasiswa dalam berinvestasi pada saham syariah dengan nilai signifikan 0,004 yang berarti H1 ditolak. 2. Persepsi return berpengaruh positif terhadap minat mahasiswa dalam berinvestasi pada saham syariah dengan nilai signifikan 0,000 yang berarti H2 diterima. 3. Aktivitas galeri investasi tidak berpengaruh terhadap minat mahasiswa dalam berinvestasi pada saham syariah dengan nilai signifikan 0,062 yang berarti H3 ditolak. 4. Modal minimal berpengaruh positif terhadap minat mahasiswa dalam berinvestasi pada saham syariah dengan nilai signifikan 0,000 yang berarti H4 ditolak. 5. Media sosial berpengaruh positif terhadap minat mahasiswa dalam berinvestasi pada saham syariah dengan nilai signifikan 0,001 yang berarti H5 diterima.

Implikasi – Bagi investor hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi sebagai bahan pertimbangan dalam memilih produk investasi saham Syariah. Bagi pemerintah, hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi sebagai salah satu pendukung program pemerintah “Yuk Nabung Saham” agar semakin banyak masyarakat yang berminat untuk menginvestasikan dananya pada sahamkhususnya saham syariah.

Orisinalitas - Pada penelitian ini menggunakan variabel media sosial dengan alasan bahwa total masyarakat Indonesia sejumlah 265,7 juta jiwa dan penetrasi penggunaan internet mencapai 132,7 juta pengguna dan 130 juta dari pengguna internet adalah pengguna aktif media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, Whatsapp, dan Telegram. Artinya 48% dari jumlah penduduk di Indonesia adalah pengguna media sosial, yang mana dari media sosial kita bisa mendapatkan semua informasi termasuk informasi tentang saham syariah langsung dari akun resmi BEI, OJK dan lain-lain di media sosial.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-07-25
How to Cite
LifiautamiL., & KaukabM. (2022, July 25). Faktor yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa dalam Berinvestasi pada Saham Syariah. MAGNA: Journal of Economics, Management, and Business, 1(1), 43-59. https://doi.org/https://doi.org/10.32699/magna.v1i1.3273
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 285 times
PDF downloaded = 401 times