Determinan Counterfeit Purchase Intention
Culture, Love Of Money, Perceived Behavioral Control, Product Knowledge, Counterfeit Purchase Intention
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh culture, love of money, perceived behavioral control dan product knowledge terhadap counterfeit purchase intention mahasiswa Universitas Sains Al-Qur’an. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang menunjukkan bahwa masih banyak mahasiswa UNSIQ dengan basik keagamaan dan pesantren yang kuat, mengkonsumsi produk palsu, bajakan atau yang sejenisnya. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 180 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa culture berpengaruh positif terhadap counterfeit purchase intention. Love of money, perceived behavioral control dan product knowledge tidak berpengaruh terhadap counterfeit purchase intention.
Downloads
References
Andespa, R. , 2017, Pengaruh Budaya Dan Keluarga Terhadap Minat Menabung Nasabah Di Bank Syariah. Maqdis: Jurnal Kajian Ekonomi Islam, 35–49.
Bahari, A. F., & Ashoer, M. , 2018, Pengaruh Budaya, Sosial, Pribadi Dan Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Ekowisata. Jurnal Minds: Manajemen Ide dan Inspirasi, 5(1), 69–78. https://doi.org/10.24252/minds.v5i1.4839
BeritaSatu.com., 2021, Kumpulan Berita Pemalsuan Produk Terbaru Dan Terkini. beritasatu.com. https://www.beritasatu.com/tag/pemalsuan-produk
Gharnaditya, D., Saputra, D., Felicia, J., & Vivian, V., 2020, Pengaruh Product Knowledge, Sales Promotion dan Brand Image terhadap Purchase Intention Studi Kasus: Bridestory Pay. Jurnal Ilmu Manajemen, 9(2), 135. https://doi.org/10.32502/jimn.v9i2.2508
Ghozali, I., 2018, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gültekin, B., 2018, Influence Of The Love Of Money And Morality On Intention To Purchase Counterfeit Apparel. Social Behavior and Personality: An International Journal, 46(9), 1421–1436. https://doi.org/10.2224/sbp.7368
Hidayati, A. , 2021, Pengaruh Personal Attitude, Self Efficacy Dan Love Of Money Terhadap Minat Berwirauaha Mahasiswa Fakultas Ekonomi. JEKMA, 2.
idxchannel. , 2021, Barang Palsu Masih Merajalela, DJKI Edukasi Pedagang ITC Mangga Dua. https://www.idxchannel.com/. https://www.idxchannel.com/economics/barang-palsu-masih-merajalela-djki-edukasi-pedagang-itc-mangga-dua
Ivan., 2021, Kerugian Akibat Pemalsuan Produk Dilindungi HKI Mencapai Rp 291 Triliun. krjogja.com. https://www.krjogja.com/peristiwa/read/247178/kerugian-akibat-pemalsuan-produk-dilindungi-hki-mencapai-rp-291-triliun
Jannah, N., Manik, A., & Sugijanto. ,2022, Pengaruh Budaya, Harga dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Kuota Internet di Konter Bima Cell Sidoarjo. Journal of Sustainability Business Research, 3(1), 202–212. https://doi.org/10.36456/jsbr.v3i1.5315
Jatengnews.id, R. , 2023, 5 Kabupaten Termiskin di Jawa Tengah, Jatengnews.Id. https://www.jatengnews.id/2023/03/26/warganya-banyak-yang-miskin-ini-5-kabupaten-termiskin-di-jawa-tengah-nomor-1-apakah-daerahmu/
Kurniawan, H. A., & Indriani, F. , 2018, Pengaruh Product Knowledge, Perceived Quality, Perceived Risk, Dan Perceived Value Terhadap Purchase Intention Pada Motor Kawasaki Ninja 250 Fi Di Kota Semarang. Diponegoro Journal Of Management, 7(4), 1–13.
Marwati, M., & Amidi, A., 2019, Pengaruh Budaya, Persepsi, Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Obat Herbal. Jurnal Ilmu Manajemen, 7(2), 168. https://doi.org/10.32502/jimn.v7i2.1567
Nurillayly, I. , 2020, Pengaruh Budaya, Harga, Dan Tingkat Religiusitas Terhadap Minat Beli Konsumen Busana Syar’i (Studi Kasus Butik Muslim-muslimah Alwa Hijab). Repositoris Iain Kudus. http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4773
Rahmawati, F., & Heriyanto, Y. , 2021, Pengaruh Brand Image dan Produk Knowledge Terhadap Purchase Intention Produk Workshop From Home di Top Coach Indonesia. Jurnal Administrasi Bisnis, 1(5), 432–443.
Resmawa, I. N. , 2017, Pengaruh Brand Image dan Product Knowledge terhadap Purchase Intention dengan Green Price sebagai Moderating Variabel pada Produk The Body Shop di Surabaya. STIM Lasharan Jaya, 1(2), 1–11.
Ridwan, L. M., Solihat, A., & Trijumansyah, A. , 2018, Pengaruh Product Knowledge dan Brand Association Terhadap Purchase Intention Kawasan Kampung Kreatif Dago Pojok. ejournal, 5(1), 64–82.
Rismawan, I. M. A., & Purnami, N. M. , 2017, Peran Price Discount Memoderasi Pengaruh Product Knowledge Dan Celebrity Endorser Terhadap Purchase Intention. E-Jurnal Manajemen Unud, 6(1), 264–288.
Rois, E. L. H. , 2016, Pengaruh Religiusitas, Norma Subyektif Dan Perceived Behavioral Control Terhadap Niat Membeli Produk Makanan Ringan Berlabel Halal. ePrints@UNY. http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29740
Sanita, S., Kusniawati, A., & Lestari, M. N. , 2019, Pengaruh Product Knowledge Dan Brand Image Terhadap Purchase Intention. Business Management and Entreneurship Journal, 1(3), 16.
Soesanto, H., & Sufian, S. , 2016, Studi Mengenai Keputusan Pembelian Dengan Pendekatan Service Encounter, Service Convenience Dan Product Knowledge Yang Dimediasi Oleh Purchase Intention Pada Bengkel Pt. Astra International-Daihatsu Sales Operation Semarang. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, vol, 15. no 02, 93–106.
Sugiyono, 2017, Metode Penelitian (Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Syarofi, M., Rusmini, & Sa’diyah, H. , 2022, Pengaruh Harga Produk Dan Faktor Budaya Terhadap Minat Beli Masyarakat Pada Pasar Baru Kecamatan Kencong Jember. E-Qien: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 10(1), 252–261. https://doi.org/10.34308/eqien.v10i1.498
Waseso, R. , 2021, Kerugian ekonomi Indonesia karena produk palsu capai Rp 291 triliun pada 2020. Kontan.co.id. https://nasional.kontan.co.id/news/kerugian-ekonomi-indonesia-karena-produk-palsu-capai-rp-291-triliun-pada-2020
Winata, D. Z., Petra, U. K., & Siwalankerto, J., 2019, Pengaruh Product Knowledge Dan Word Of Mouth Terhadap Purchase Intention Di Cafe Starbucks The Square Surabaya. Agora, 7(2), 6.