Pengaruh Literasi Keuangan, Kompetensi Sumberdaya Manusia, Inovasi Produk, Dan Akses Pemasaran Terhadap Kinerja UMKM Di Kabupaten Wonosobo

Penulis

  • Agus Sulistiyo Universitas Sains Al-Qur'an (UNSIQ) Jawa Tengah di Wonosobo
  • Agus Putranto Universitas Sains Al-Qur'an (UNSIQ) Jawa Tengah di Wonosobo
  • Sri Hartiyah Universitas Sains Al-Qur'an (UNSIQ) Jawa Tengah di Wonosobo

DOI:

https://doi.org/10.32699/jamasy.v2i1.2558

Kata Kunci:

literasi keuangan, kompetensi sumber daya manusia, inovasi produk, akses pemasaran, kinerja Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)

Abstrak

Tujuan - Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh literasi keuangan, kompetensi sumber daya manusia, inovasi produk, dan akses pemasaran terhadap kinerja Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Wonosobo. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat dipakai oleh perusahaan sebagai acuan referensi informasi dalam kebijakan bidang manajemen perusahaan, sehingga perusahaan dapat berkinerja dengan optimal.

Metode - Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan alat analisis regresi linier berganda SPSS dengan uji F, uji T dan koefisien determinasi (R2). Populasi dalam penelitian ini adalah pelaku UMKM di Kabupaten Wonosobo dengan jumlah 60.480 unit berdasarkan LKPJ kabupaten wonosobo tahun 2018. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan random sampling dan menggunakan rumus slovin sehingga dalam penelitian diambil 100 perusahaan UMKM di Kabupaten Wonosobo.

Hasil - Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa: 1) ada pengaruh positif literasi keuangan terhadap kinerja UMKM di Kabupaten Wonosobo; 2) ada pengaruh  positif kompetensi sumber daya manusia terhadap kinerja UMKM di Kabupaten Wonosobo; 3) ada pengaruh positif inovasi produk terhadap kinerja UMKM di Kabupaten Wonosobo; 4) ada pengaruh positif akses pemasaran terhadap kinerja UMKM di Kabupaten Wonosobo.

Diterbitkan

2022-02-27

Terbitan

Bagian

Articles

Cara Mengutip

Pengaruh Literasi Keuangan, Kompetensi Sumberdaya Manusia, Inovasi Produk, Dan Akses Pemasaran Terhadap Kinerja UMKM Di Kabupaten Wonosobo. (2022). Jurnal Akuntansi, Manajemen Dan Perbankan Syariah, 2(1), 97-113. https://doi.org/10.32699/jamasy.v2i1.2558

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >>