Pengaruh Kualitas Informasi, Kualitas Sistem, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang

(Studi Pada Toko EA Muslim Store Kabupaten Wonosobo)

Authors

  • Ratna Wijayanti Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sains Al-Qur'an Jawa Tengah di Wonosobo
  • Faisal Azwi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sains Al-Qur'an Jawa Tengah di Wonosobo
  • R. Aj Endang P. Apriliani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sains Al-Qur'an Jawa Tengah di Wonosobo

DOI:

https://doi.org/10.32699/jamasy.v5i2.9277

Keywords:

Kualitas Informasi, Kualitas Sistem, Kualitas Pelayanan

Abstract

Tujuan - Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Kualitas Informasi, Kualitas Sistem, dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Beli Ulang pada toko EA Muslim Store Kabupaten Wonosobo.

Metode - Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Non probability sampling dengan metode purposive sampling digunakan untuk mengumpulkan sampel penelitian ini. Sehingga responden dalam penelitian ini adalah 102 yang merupakan pelanggan di toko EA Muslim Store Kabupaten Wonosobo. Analisis regresi berganda digunakan untuk menguji adanya pengaruh antara variabel independen (kualitas informasi, kualitas sistem, dan kualitas pelayanan) terhadap variabel dependen (minat beli ulang).

Hasil - Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas informasi dan kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap minat beli ulang, sedangkan kualitas sistem tidak berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli ulang. Selain itu, kualitas informasi yang baik berpengaruh positif terhadap minat beli ulang, meskipun pengaruhnya tidak sekuat kualitas pelayanan. Dengan mempertahankan kualitas yang bagus dengan informasi dan pelayanan terhadap pelanggan makan dapat meningkatkan minat beli ulang.

Orisinalitas - Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner, sehingga dimungkinkan jawaban responden sesuai dengan pemahaman responden dan bersifat subjektif.

Implikasi - Penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan penelitian ini dengan menambahkan variabel dan indikator lain baik mengganti atau menambah variabel lain dan sebagai studi longitudinal seiring berjalannya waktu.

Downloads

Published

2025-04-30

Issue

Section

Articles

How to Cite

Pengaruh Kualitas Informasi, Kualitas Sistem, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang: (Studi Pada Toko EA Muslim Store Kabupaten Wonosobo). (2025). Jurnal Akuntansi, Manajemen Dan Perbankan Syariah, 5(2), 81-92. https://doi.org/10.32699/jamasy.v5i2.9277

Most read articles by the same author(s)