Pengaruh Live Music, Digital Marketing, Varian Menu, dan Desain Interior terhadap Customer Loyalty
Study kasus pada Cafe Dlloyd Kecamatan Kaliwiro Kabupaten Wonosobo)
DOI:
https://doi.org/10.32699/jamasy.v5i5.10189Kata Kunci:
Live Music, Digital Marketing, Varian Menu, Desain Interior, Customer Loyalty.Abstrak
Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk menilai seberapa efektif music live, pemasaran digital, pilihan menu, serta tata ruang dalam membangun kesetiaan pelanggan di Cafe Dlloyd yang terletak di Kecamatan Kaliwiro, Kabupaten Wonosobo. Metode – Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel non-probabilitas melalui metode purposive sampling. Sebanyak 100 orang yang merupakan pelanggan Cafe Dlloyd dipilih sebagai responden. Penetapan jumlah sampel dilakukan dengan rumus Lemeshow dan data diperoleh melalui penyebaran kuesioner secara daring. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linear berganda untuk mengidentifikasi pengaruh dari masing-masing variabel baik secara simultan maupun secara terpisah. Hasil – Hasil penelitian menunjukkan bahwa keempat variabel, yakni live music, pemasaran digital, pilihan menu, dan tata ruang, memiliki dampak positif dan signifikan terhadap kesetiaan pelanggan. Di antara keempat variabel tersebut, pilihan menu dan tata ruang terbukti memberikan pengaruh terbesar. Implikasi – Hasil studi ini mengindikasikan bahwa pemilik Cafe Dlloyd perlu memberikan perhatian lebih pada pengembangan aspek live music, pemasaran digital, variasi menu, dan desain interior sebagai strategi untuk mempertahankan serta meningkatkan loyalitas pelanggan. Hal ini penting guna mencegah penurunan pendapatan dan memperkuat posisi bisnis di tengah persaingan yang semakin kompetitif. Orisinalitas – Penelitian bahwa faktor live music, digital marketing, varian menu, dan desain interior secara simultan terhadap customer loyalty di cafe Dlloyd, sebuah cafe didaerah kecil yang belum anyak diteliti dan studi ini juga menyoroti pentingnya inovasi layanan cafe daerah yang selama ini lebih banyak difokuskan pada cafe di kota besar.Unduhan
Diterbitkan
2025-10-22
Terbitan
Bagian
Articles
Cara Mengutip
Pengaruh Live Music, Digital Marketing, Varian Menu, dan Desain Interior terhadap Customer Loyalty: Study kasus pada Cafe Dlloyd Kecamatan Kaliwiro Kabupaten Wonosobo). (2025). Jurnal Akuntansi, Manajemen Dan Perbankan Syariah, 5(5), 28-42. https://doi.org/10.32699/jamasy.v5i5.10189