Pengaruh Penggunaan E-Wallet, E-Money Dan Shopee Paylatere Terhadap Perilaku Konsumtif
E-Wallet, E-Money, Shopee Paylater, perilaku Konsumtif
Abstract
Tujuan - Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan dompet digital (e-wallet), uang elektronik (e-money), dan layanan bayar kemudian (Shopee PayLater) terhadap perilaku konsumtif santriwati Pondok Pesantren Mahasiswi Unsiq tahun 2024
Metode – Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif Dengan melibatkan 100 responden yang dipilih secara non-probabilitas menggunakan rumus Hair, penelitian ini menemukan bukti empiris bahwa penggunaan ketiga layanan tersebut memiliki pengaruh signifikan terhadap peningkatan perilaku konsumtif..
Hasil - hasil analisis regresi linear berganda menunjukkan bahwa kontribusi ketiga variabel tersebut terhadap variasi perilaku konsumtif hanya sebesar 4,1%, sedangkan sisanya dijelaskan oleh faktor lain di luar lingkup penelitian ini.
Implikasi - Penelitian ini menggunakan data perilaku konsumtif santriwati Pondok Pesantren Mahasiswi Unsiq tahun 2024.
Orisinalitas - Makalah ini melihat hubungan beberapa faktor yang mempengaruhi pengaruh penggunaan dompet digita(Nurhayati, 2018b)l (e-wallet), uang elektronik (e-money), dan layanan bayar kemudian (Shopee PayLater) terhadap perilaku konsumtif santriwati Pondok Pesantren Mahasiswi Unsiq tahun 2024.