Pengaruh Penggunaan E-Wallet, E-Money Dan Shopee Paylatere Terhadap Perilaku Konsumtif

  • Khusna Hidayatunni’mah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sains Al-Qur'an Jawa Tengah di Wonosobo
  • Bahtiar Efendi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sains Al-Qur'an Jawa Tengah di Wonosobo
  • Eni Candra Nurhayati Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sains Al-Qur'an Jawa Tengah di Wonosobo
Keywords:
E-Wallet, E-Money, Shopee Paylater, perilaku Konsumtif

Abstract

Tujuan - Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan dompet digital (e-wallet), uang elektronik (e-money), dan layanan bayar kemudian (Shopee PayLater) terhadap perilaku konsumtif santriwati Pondok Pesantren Mahasiswi Unsiq tahun 2024

Metode – Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif Dengan melibatkan 100 responden yang dipilih secara non-probabilitas menggunakan rumus Hair, penelitian ini menemukan bukti empiris bahwa penggunaan ketiga layanan tersebut memiliki pengaruh signifikan terhadap peningkatan perilaku konsumtif..

Hasil - hasil analisis regresi linear berganda menunjukkan bahwa kontribusi ketiga variabel tersebut terhadap variasi perilaku konsumtif hanya sebesar 4,1%, sedangkan sisanya dijelaskan oleh faktor lain di luar lingkup penelitian ini.

Implikasi - Penelitian ini menggunakan data perilaku konsumtif santriwati Pondok Pesantren Mahasiswi Unsiq tahun 2024.

Orisinalitas - Makalah ini melihat hubungan beberapa faktor yang mempengaruhi pengaruh penggunaan dompet digita(Nurhayati, 2018b)l (e-wallet), uang elektronik (e-money), dan layanan bayar kemudian (Shopee PayLater) terhadap perilaku konsumtif santriwati Pondok Pesantren Mahasiswi Unsiq tahun 2024.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-04-29
How to Cite
Hidayatunni’mahK., EfendiB., & NurhayatiE. (2025, April 29). Pengaruh Penggunaan E-Wallet, E-Money Dan Shopee Paylatere Terhadap Perilaku Konsumtif. Jurnal Akuntansi, Manajemen Dan Perbankan Syariah, 5(2), 62-70. https://doi.org/https://doi.org/10.32699/jamasy.v5i2.9191
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>