Analisis Dimensi Kemudahan Fashion Via Online Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Di Bukalapak
Dimensi kemudahan, Fleksibilitas, Kemudahan mempelajari, Kemudahan menggunakan aplikasi pada Produk fashion dan Keputusan Pembelian
Abstract
Tujuan - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dimensi kemudahan Produk Fashion Via Online Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online. Analisis ini menggunakan variabel independen yaitu fleksibilitas, kemudahan mempelajari, dan kemudahan menggunakan aplikasi Bukalapak untuk produk fashion. Serta variabel dependen yaitu keputusan pembelian.
Metodologi - Sampel dalam penelitian ini adalah mahaiswa Universitas Sains Al-Quran. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner yang dibagikan secara online kepada mahasiwa UNSIQ yang mendapatkan sebanyak 60 responden. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah 60 mahasiswa di Universitas Sains Al-Quran. Teknik pengambilan sampel menggunakan propability sampling. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda.
Hasil - Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Terdapat pengaruh positif fleksibilitas terhadap keputusan pembeliandengan nilai thitung sebesar 2.526 dan nilai signifikansi 0,013. (2) Terdapat pengaruh positif kemudahan mempelajari terhadap keputusan pembelian dengan nilai thitung sebesar 2,967 dan nilai signifikan 0,008. (3) Terdapat pengaruh positif kemudahan menggunakan aplikasi Bukalapak untuk produk fashion terhadap keputusan pembelian dengan nilai thitung sebesar 3,768 dan nilai signifikan 0,000.
Implikasi - Hasil penelitian diharapkan dapat memberi manfaat dan kontribusi bagi pelaku bisnis online terutama situs Bukalapak, supaya dapat merumuskan strategi pemasaran yang baik supaya dapat merumuskan strategi pemasaran yang baik supaya pelaku bisnis online dapat lebih maju dan unggul serta selalu melakukan inovasi agar menjadi pelaku bisnis online nomor satu yang dapat dipercaya.