Pengaruh Kompetensi dan Profesionalisme Dosen, Kecerdasan Emosional, serta Kecerdasan Sosial Mahasiswa Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Mahasiswa

Pengaruh Kompetensi dan Profesionalisme Dosen, Kecerdasan Emosional, serta Kecerdasan Sosial Mahasiswa Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Mahasiswa

  • Eri Alfian Erialfianto Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo
  • Kurniawati Mutmainah Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo
  • Susanti Susanti Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo
Keywords:
Tingkat pemahaman akuntansi, kompetensi dosen, profesionalisme dosen, kecerdasan emosional serta kecerdasan sosial.

Abstract

Tujuan: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi dan profesionalisme dosen, kecerdasan emosional serta kecerdasan sosial mahasiswa terhadap tingkat pemahaman akuntansi mahasiswa. Study kasus pada mahasiswa jurusan akuntansi Universitas Sains Al Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo.

Metode: Penelitian ini menggunakan metode angket (kuesioner) dengan sampel penelitian sebanyak 130 responden yang diperoleh dengan menggunakan metode purpose sampling. Respondennya adalah mahasiswa akuntansi semester VI dan VIII UNSIQ. Data yang digunakan adalah data primer dan teknik analisis datanya menggunakan analisis regresi linier berganda.

Hasil: Penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi dosen, profesionalisme dosen,kecerdasan emosional, serta kecerdasan sosial berpengaruh positif terhadap tingkat pemahaman akuntansi mahasiswa.

Keterbatasan: Pengukuran dari seluruh variabel dalam penelitian ini dilakukan hanya menggunakan kuesioner, sehingga terdapat kemungkinan responden asal mengisi kuesioner dan tidak sesuai dengan apa yang sebenarnya terjadi.

Implikasi: Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada variabel-variabel yang diteliti menunjukkan persentase sebesar 89,4% hal ini menjelaskan bahwa skripsi ini hampir menunjukkan persentase sempura, oleh karena itu untuk kedepannya penelitian ini tidak bisa diteliti lagi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-06-21
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times